Cara Mengatasi Facebook lite Tidak Bisa Dibuka

Cara mengatasi facebook lite tidak bisa dibuka

Hari ini aku mau share cara mengatasi facebook lite error tidak bisa dibuka dimana hanya loading saja tidak masuk ke beranda fb. Simak sampai akhir ya sob.

Saat ini ada beberapa cara untuk menggunakan facebook, bisa lewat desktop dan lewat smartphone. Selain itu juga FB menyediakan aplikasi yang bisa diunduh di android dan iOS.

Jadi kamu bisa memilih cara mana yang kamu sukai untu mengakses sosial media facebook.

Aplikasi FB juga memiliki 2 versi, yaitu facebook (kita sebut saja versi pro) dan aplikasi FB Lite.

Biar lebih komplit, aku mau compare juga ni perbedaan aplikasi facebook Pro dengan FB lite.

hmmm,, biar jelas aja sih, buat temen-temen yang mau langsung ke inti cara mengatasi fb lite tidak bisa dibuka kamu bisa skip aja langsung ya, Sob.

Plus minus facebook pro dan fb lite

memperbaiki fb lite hanya loading tidak bisa dibuka
memperbaiki fb lite hanya loading tidak bisa dibuka

Demi kenyamanan penggunanya, facebook membuat 2 versi aplikasi FB yang bisa kamu unduh di smartphone kamu.

Yaitu facebook pro dan fb lite, kedua aplikasi sosial media ini sama-sama dikembangkan oleh facebook.

Untuk compare aja disini aku mau share perbedaan kedua aplikasi tersebut.

Kelebihan facebook pro

Biar lebih enak, aku mau share kelebihannya dulu ya guys,,

Karena memang sangat banyak kelebihannya aplikasi fb pro ini guys,, simak aja dibawah ya guys..

Banyak fitur.

Ya, aplikasi fb pro ini memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh fb lite. kamu akan lebih nyaman menggunakan fb pro ini.

Fitur video

Salah satu tujuan media sosial fb dibuat adalah untuk memberikan hiburan kepada penggunanya.

Oleh karena itu fb memberikan fitur yang bernama video, fitur ini hampir sama dengan youtube, dimana kamu bisa streaming video yang banyak di share orang.

Streaming Game

Fitur streaming mungkin salah satu pengembangan dari video ini, dimana kamu bisa melakukan live di fb dengan bantuan beberapa tools.

Kamu bisa mengupload video game kamu secara online agar temen-temen kamu bisa melihat kamu saat bermain game.

UI lebih keren

FB selalu membuat perbaikan dari tahun ketahun, semakin kesini aplikasi fb semakin keren tampilan UI nya (User Interface).

Selain itu juga lebih mudah untuk digunakan oleh setiap kalangan.

Kekurangan aplikasi fb pro

Gak afdol sepertinya kalo bahas kelebihan tanpa kekurangan. Ya, setiap kelebihan pasti ada kekurangnya ya sob.

Dibawah ini kekurangan aplikasi facebook pro menurut aku.

Ukuran besar

hmmm,, bicara soal ukuran mungkin relatif sih ya, melihat smartphone jaman now speknya tinggi-tinggi, jarang sekali samrtphone baru dengan ram di bawah 2 GB.

Aplikasi FB pro ukuranya cukup besar hampir 100Mb yang mana ukuran aplikasi sebesar ini akan mengkonsumi RAM yang lebih banyak.

Ponsel baru jaman now paling kecil aja RAM nya 3 Gb, masa iya ram 3Gb gk mampu buat nampung aplikasi hanya 100MB.

Tapi,,, buat temen-temen yang memiliki HP dengan ram yang kecil, ukuran akan menjadi masalah besar, karena jika dipaksakan maka ponsel akan menjadi lemot.

Boros kuota

Hmmm, ini nii,, aplikasi facebook pro terkenal dengan boros kuotanya sob, kamu bisa menghabiskan bergia-giga dalam 1 hari untuk mengakses fb pro ini.

baca juga: cara mengubah kuota topping byu jadi reguler terbaru

Tapi,, lagi-lagi ni sob, ini tergantung kitanya sih, digunakan untuk apa aplikasi fb ini.

Kalo hanya untuk scroll doang mah pastinya kuota kamu akan awet.

Tapi kalo buat APk fb pro ini untuk menonton video,,hmmm jangan kaget kalo tiba-tiba kuota kamu habis.

Jaringan harus kuat

Sengaja aku masukin opsi ini ke kekurangan FB pro, karena memang aplikasi fb ini gak upate notifikasi kalo jaringannya lemot.

Apa lagi pas mau play video yang ingin ditonton, hmmm,, jaringannya harus super duper kuat banget.

Buat yang tinggal di desa kan membuat hal ini kesal, iya gk?

Kelebihan aplikasi facebook lite

Sekarang kita beranjak ke aplikasi fb lite nya ni sob, aplikasi fb lite memang diciptakan untuk kita yang memiliki spek hp (sebut saja) kentang.

Aku mau bahas juga ni kelebihan apk faceboo lite, langsung cek dibawah aja ya guys..

Size aplikasi sangat kecil

Ukuran 8Mb an kecil lah ya untuk smartphone jaman now.

Dengan ukurannya yang kecil aplikasi fb lite ini menjadi alternatif buat temen-temen yang memiliki spek hp “kentang”.

Ya, karena fb lite apk ini tidak memakan banyak ram, pastinya.

Lebih ringan

Karena ukuranya yang kecil, pastinya membuat aplikasi fb lite ini menjadi ringan, bisa digunakan hampir disemua hp dengan segala spek, yang kentang terlebih di hp yang gahar.

Kamu bisa menggunakan fb lite apk jika hp kamu memiliki ram dibawah 3Gb.

mudah digunakan

Karena ini versi lite nya, jadi gak banyak fitur yang ada sehingga akan lebih mudah untuk digunakan.

Cocok digunakan untuk kamu yang baru mengenal fb, pasti lebih nayman deh.

Hemat kuota

Nah, ini ni yang biasanya disukai oleh kaum rebahan, hemat kuota.

Ya,, karena aplikasi fb lite ini sangat minim fitur, jadi gak begitu menyedot kuota sehingga kamu akan lebih tenang saat menggunakan fb lite ini sob.

Gak was-was kalo-kalo kamu kehabisan kuota saat fb an.

Kekurangan fb lite apk

Biar adil, aku juga mau share kekurangan aplikasi fb lite menurut aku.

meski gak banyak kekuranganya, tapi pasti ada lah ya kekuranganya, langsung saja kita kupas tuntas. skuy,,!

sedikit fitur

hmmm,,, namanya juga facebook versi lite. Ya pastinya fiturnya lebih sedikit.

Gak banyak fitur yang hilang sih dari facebook pro, fb lite juga masih bisa kamu gunakan sama dengan yang pro nya.

Hanya saja ada beberapa fitur yang ilang, seperti animasi saat buka aplikasi, fitur streaming yang lebih mini dan sebagainya.

Sering error

Kamu ngerasa gak sih, kalo fb lite sering error? Ya, bukan hanya kamu sob, aku juga sering banget ni aplikasi fb lite error.

Tapi aku tau cara mengatasinya sob, jadinya aku juga mau sekalian share cara mengatasi fb lite tidak bisa dibuka hanya membuat saja di halaman utama.

Ini sih baru salah satu error yang biasa aku alami saat menggunakan fb lite ini sob.

Nah,,biar lebih lengkap, aku juga mau share beberpa jenis error yang biasanya terjadi pada facebook lite sob.

Jenis-jenis error aplikasi facebook lite

Ada beberapa jenis error yang biasa ditemukan pada aplikasi fb lite ini, diantarnya mungkin kamu pernah mengalami hal tersebut.

berikut ini aku rangkun beberapa jenis error yang sering aku rasakan di fb lite apk ini sob.

  • Terkadang tidak bisa digunakan, aplikasi stuck di loading, tapi terkadang bisa digunakan. fb lite labil ya,, hmmm:(
  • Terkadang apk facebook lite Tidak bisa dibuka hanya ketika menggunakan jaringan WiFi.
  • Sebaliknya, tidak bisa dibuka hanya ketika menggunakan data seluler (kuota seluser).
  • Dan yang paling parah, gak bisa dibuka disetiap jaringan yang ada.
  • Force close ( aplikasi keluar sendiri)
  • anda tidak bisa menggunakan facebook sekarang
  • Not responding
  • DLL

Temen-temen pernah merasakan salah satu masalah diatas? jika iya berarti kita sama :(.

Tapi tenaang…. disini aku mau share ke temen-temen bagaiman cara mengatasi semua error diatas tadi sob.

Terlebih buat mengatasi fb lite yang tidak bisa dibuka disegala jaringan, dimana hanya stuck atau mentok di memuat saja tidak masuk ke halaman utama.

Jadi,, bagaimana cara mengatasinya a? cie… aa 😄 ( emang yang nulis cowok ya? 😄 )

Cara mengatasi aplikasi facebook lite error tidak bisa dibuka

Aku mau share pengalaman aku aja sih, dimana aku strugle banget untuk menemukan cara agar fb lite aku bisa dibuka lagi

Nah, dari beberapa cara yang berhasil mengatasi fb lite error ini, aku rangkum dalam artikel ini…

….jadi kamu harus coba semua cara yang aku tulis dibawah ya. sob!

Skuy simak caranya dibawah ini:

1. Hapus data dan cache apk fb lite

Cara paling utama yang aku lakuin agar si fb lite ini bisa dibuka lagi, aku hapus cache dan data aplikasi fb lite sob.

baca juga: cara menghapus aplikasi michat permanen

Kamu juga bisa melakukan apa yang aku kerjain sob, caranya mudah ko.

Cara hapus data dan cache fb lite

Masuk ke pengaturan → Aplikasi → lalu cari fb lite apk.

mengatasi fb lite error tidak bisa dibuka
mengatasi fb lite error tidak bisa dibuka

Nah, disini kamu bisa hapus cache dan data ya sob.

mengatasi facebook lite error tidak bisa dibuka
mengatasi facebook lite tidak bisa dibuka

Perhatian: Dengan menghapus data dan cache fb lite kamu akan logout, jadi pastikan kamu masih ingat Email dan password untuk login kembali, ya sob!

Sekarang buka lagi aplikasi fb lite kamu dan login menggunakan email dan pass. Dengan cara ini facebook aku sih bisa dibuka lagi sob.

Jika punya kamu masih belum bisa kebuka, coba cara lain yang akun lakuin dibawah ini, sob!

2. Update aplikasi ke versi terbaru

Jika cara pertama gak work di smartphone kamu, tenang aku masih punya banyak cara lain, kok.

Yang salah satunya dengan cara update aplikasi fb lite kamu…

Sepengalaman aku, saat fb lite aku tidak bisa dibuka aku update dari playstore ke versi terbaru.

Kamu juga bisa lakukan hal yang sama seperti yang aku lakukan sob.

Gampang kok cara update fb lite apk, kamu langsung buka aja playstore kamu dan cari fb lite, jika ada update langsung saja diupdate.

Aku yakin deh, cara memperbaiki aplikasi facebook lite yang mentok loading dengan cara diupdate akan bisa lagi dibuka, coba deh!

3. Uninstall dan reinstall aplikasi facebook lite

Cara yang ketiga, cara mengatasi fb lite error kamu bisa copot dulu atau uninstall aplikasi facebok lite kamu lalu install lagi.

Cara ini bertujuan agar pengaturan aplikasi fb kamu kembali ke pengaturan awal, sehingga error akan hilang

Cara ini juga pernah aku kerjain, kamu bisa coba yaa.

4. install versi lama

Cara ini sebaliknya dari yang diatas, dimana kamu bisa coba install aplikasi fb lite versi lama dari aplikasi yang kamu gunakan saat ini.

Siapa tau fb lite kamu tidak kompitabel dengan smartphone kamu saat ini.

Bisa kamu coba ya sob…

5. Gunakan VPN

Hmmm,,, apa hubungannya FB lite dengan VPN a? Facebook lite kan gak diblokir pemerintah

Eitss,,, jangan terburu-buru, ada kalanya jaringan lokal error, jadi siapa tau yang error bukan fb lite kamu tapi jaringannya.

Nah, maka dari itu kamu bisa install VPN dulu di ponsel kamu untuk membuktikan apakah cara ini work atau tidak

kamu bisa baca pada artikel cara menggunakan VPN di android yang sudah aku tulis sebelumnya.

6. upgrade versi OS

Tidak banyak yang sadar, bahwa OS (Operting system) memiliki peran penting agar aplikasi yang terinstall berjalan dengan baik.

Bisa jadi, OS android kamu sudah tidak support untuk menginstall fb lite, jadi pastikan android kamu up to date ya sob.


hmm,, aku kira itu saja sih 6 cara untuk mengatasi fb lite error tidak bisa dibuka hanya loading tidak masuk ke beranda.

Aku sih berhasil dengan cara update aplikasi fb lite ke versi terbaru, kamu bisa coba dulu cara yang itu ya sob, semoga kamu juga berhasil cara yang aku lakuin ya sob.

Penutup

Itu aja ya sob tutorial kali ini, kamu bisa lakukan cara diatas satu persatu.

Kamu bisa share cara mana yang work di kamu, tuliskan dikomentar ya sob.

Jangan lupa share artikelnya jika kamu merasa bermanfaat dan terbantu.

selamat mencoba, a doain supaya berhasil yaa 🥰!..

Leave a Reply

Your email address will not be published.