√ Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack

3 min read

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack

Akun sosial media yang dihack pasti bikin pusing. Anda tentu membutuhkan informasi lengkap seputar cara mengembalikan akun Facebook yang dihack. Anda harus segera mengembalikan akun Facebook tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang buruk.

Paling sering adalah penipuan. Tentu Anda tidak mau menjadi kambing hitam lantaran akun Facebook yang dihack tersebut. Maka dari itu, sebaiknya Anda segera cari tahu bagaimana cara terbaik untuk mengembalikan akun Facebook yang sedang dihack tersebut.

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack Pasti Berhasil

Terdapat sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan akun Facebook seperti semula setelah dihack oleh oknum tak bertanggung jawab. Tentunya hal tersebut hanya bikin kesal saja, bukan? Maka dari itu, penting sekali untuk menyimak informasi berikut. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Mengembalikan Akun Facebook via Email atau Nomor Ponsel

Untuk mengembalikan akun Facebook yang sedang dihack oleh orang tidak bertanggung jawab bisa dilakukan dengan memanfaatkan email serta nomor ponsel. Berikut merupakan langkah-langkah untuk mengembalikan akun Facebook Anda secara mudah.

  • Buka Facebook

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack

Hal pertama yang mesti dilakukan untuk mengembalikan akun Facebook memakai nomor telepon atau email ialah dengan membuka Facebook terlebih dahulu. Anda dapat mengunjungi situs Facebook menggunakan PC maupun laptop dengan memanfaatkan halaman pencarian.

  • Klik Lupa Akun

Setelah membuka Facebook, maka akan tampil halaman log in seperti biasa. Sayangnya Anda tidak bisa log in seperti seharusnya. Alih-alih log in, sebaiknya Anda memilih opsi ‘Lupa Akun’. Tunggu beberapa saat sampai tampil formulir email.

  • Isi Formulir

Masukkan email yang Anda pakai untuk mendaftar Facebook pertama kali

Setelah formulir email tampil pada halaman tersebut, maka isilah dengan data yang benar. Masukkan email yang Anda pakai untuk mendaftar Facebook pertama kali. Anda juga diperkenankan untuk mengetik nomor HP jika Anda dahulu menggunakannya untuk mendaftar akun.

  • Buat Kata Sandi Baru

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack

Selanjutnya jika seluruh form sudah diisi, maka berikutnya Anda akan diminta untuk membuat kata sandi baru. Email yang memuat instruksi untuk membuat kata sandi baru akan muncul pada kotak masuk Anda dan ikuti sampai proses selesai.

Mengembalikan Akun Facebook via Kontak Terpercaya

Mengembalikan akun Facebook yang tengah dihack juga bisa lewat kontak terpercaya. Cara mengembalikan akun Facebook yang dihack ini juga sangat mudah dilakukan. Tentunya bisa benar-benar mengembalikan akun Anda secara cepat.

  • Buka Facebook

Pada halaman browser laptop atau PC Anda, segera masukkan alamat situs Facebook untuk membuka sosial media tersebut. Pastikan koneksi internet Anda ada dalam kondisi prima. Dengan begini, maka untuk mengembalikan akun Facebook yang dihack bisa dilakukan dengan cepat.

  • Klik Tidak Punya Akses ke Sini Lagi

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack

Saat berhasil masuk ke halaman Facebook, berikutnya Anda akan melihat tampilan utamanya. Lalu temukan opsi ‘Tidak Punya Akses ke Sini Lagi?’ dan klik sebanyak satu kali. Biarkan layar tersebut diarahkan secara otomatis masuk ke halaman yang dituju.

Lalu, Anda akan menemukan halaman baru dengan tampilan 2 kolom. Nantinya Anda akan diperkenankan untuk menginput nomor HP maupun memasukkan alamat email yang baru. Tentunya yang bisa diakses dengan mudah, ya. Jangan lupa selesaikan dengan mengetuk pilihan ‘Lanjutkan’.

  • Pilih Kontak Terpercaya

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack

Apabila sudah melakukan langkah sebelumnya, maka Anda bisa lanjutkan dengan memilih kontak terpercaya. Pilih sebanyak 3 kontak. Lalu, kunjungi situs berikut https://www.facebook.com/recover. Nantinya kontak pilihan akan dikirimi kode Facebook dan Anda dapat menggunakannya untuk buka FB.

Tips Agar Akun Facebook Tidak Bisa Dihack

Benar seperti kata pepatah bahwa melakukan pencegahan jauh lebih baik ketimbang mengobati. Begitu juga dengan urusan akun sosial media Facebook. Akan jauh lebih baik apabila Anda mencegah akun Facebook agar tidak gampang dihack. Maka dari itu, cermati tips mengamankan akun Facebook berikut.

Jangan Sembarangan Share Kata Sandi

Untuk mengamankan akun Facebook Anda, sebaiknya jangan sembarangan dalam memberikan kata sandi kepada orang lain. Termasuk kepada keluarga, teman bahkan pacar. Terlebih kepada pacar yang sudah putus. Bisa-bisa akun Facebook Anda diretas karena urusan masa lalu yang belum selesai.

Hindari Buka Facebook di Warnet

Penting Anda ingat untuk menghindari buka Facebook di warnet. Warnet merupakan tempat layanan publik yang kemungkinan besar privasi penggunanya rawan diretas. Maka dari itu, sebaiknya hindari membuka Facebook di warnet. Lebih baik buka Facebook pada perangkat pribadi seperti HP atau PC.

Jangan Pakai Kata Sandi Sama

Takut lupa kata sandi biasanya menjadi alasan utama mengapa orang-orang cenderung menyamakan seluruh kata sandi akun sosial medianya. Padahal hal tersebut rawan memicu peretasan. Maka dari itu, Anda bisa membuat kata sandi yang sedikit berbeda untuk menghindari risiko tersebut.

Aktifkan Fitur Pemberitahuan Jelajah

Untuk menambah keamanan akun Facebook Anda, sebaiknya jangan lupa untuk mengaktifkan layanan Pemberitahuan Masuk dan Jelajah Aman yang ada dalam sosial media tersebut. Dengan demikian, maka Anda bisa memantau siapa-siapa saja yang sudah masuk ke akun Facebook tersebut.

Manfaat Facebook bagi Pengguna

Tahukan Anda bahwa jika digunakan secara bijak, ternyata Facebook mampu memberikan manfaat yang sangat beragam bagi setiap penggunanya. Wajar saja hingga saat ini pengguna Facebook di berbagai belahan dunia masih begitu banyak. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari Facebook?

Bidang Sosial

Dalam bidang sosial Facebook ternyata mampu memberikan segudang manfaat bagi penggunanya. Beberapa manfaat Facebook dalam bidang sosial di antaranya sebagai berikut. Tentunya Anda juga pernah merasakannya sendiri.

  • Menambah Jalinan Pertemanan

Facebook bisa dipakai untuk menambah jalinan pertemanan. Anda bisa memperoleh banyak teman hanya dengan menggunakan Facebook. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati dalam menambah pertemanan.

  • Berkomunikasi dengan Satu Tempat

Facebook memungkinkan Anda untuk dapat berkomunikasi dalam satu tempat secara mudah. Anda dapat memanfaatkan fitur chat maupun message yang ada dalam akun sosial media tersebut.

  • Berbagi Foto, Video dan Update Lainnya

Tahukah Anda bahwa Facebook juga bisa dipakai untuk melakukan aktivitas eksis lainnya seperti berbagi foto maupun video. Hal ini akan membuat Anda bisa terus dikenal orang lewat Facebook.

Bidang Ekonomi

Selain bisa bermanfaat dalam bidang sosial, Facebook juga dapat dimanfaatkan dalam bidang ekonomi. Nampaknya Anda pun sudah tidak heran dengan berbagai manfaat berikut. Kiranya juga bisa Anda rasakan manfaatnya.

  • Berjualan Online

Sosial media ini juga dapat dipakai untuk berjualan online. Saat ini banyak pengguna yang memanfaatkan Facebook sebagai lapak jualan online mereka. Hal tersebut juga dikarenakan karena adanya fitur gratis.

  • Menciptakan Lapangan Kerja

Facebook juga sering digunakan untuk menciptakan lapangan kerja baru. Tidak sedikit orang yang membuka lowongan pekerjaan melalui akun sosial media ini.

Cara mengembalikan akun Facebook yang dihack ternyata cukup mudah dilakukan. Untuk mencegah tindakan hack berikutnya, sebaiknya lakukan pengamanan akun sekarang juga. Jangan lupa gunakan Facebook secara bijak demi mendapatkan manfaat yang baik dalam ranah sosial maupun ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × two =