√ Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang tanpa Dicadangkan

3 min read

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang tanpa Dicadangkan

Tanpa sengaja menghapus chat WA bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika kejadian, dan ternyata Anda lupa mencadangkan. Berikut adalah cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan.

Harapan untuk menemukan kembali chat yang hilang setidaknya kembali ada. Berhasil atau tidak, mari dicoba!

Melalui Backup Chat WhatsApp

Yang pertama untuk cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan, yakni melalui backup chat WhatsApp. Cara ini paling sering digunakan ketika riwayat Chat di WhatsApp hilang atau terhapus tetapi belum sempat dicadangkan. Selain mudah, hasilnya pun umumnya dapat segera ditemukan.

Ikuti petunjuk yang akan dibahas dalam ulasan berikut. Yang pertama adalah, buka aplikasi WhatsApp milik Anda. Lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas. Ikon tersebut mencantumkan beberapa peraturan pabrik dari WhatsApp sendiri. Selanjutnya, klik perintah ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang tanpa Dicadangkan

Setelah sampai di menu pengaturan, Anda langsung dapat memilih di bagian Chat. Ketika sampai disana, pilih ‘Cadangan Chat’ yang sudah disediakan oleh pengaturan. Pilih bagian ‘Cadangkan ke google drive’. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan terburuk saat pengembalian chat WA gagal dilakukan.

Jika sudah silahkan pilih e-mail yang kemungkinan nanti digunakan dalam pemulihan. Kemudian langkah terakhir, Anda tinggal memilih untuk mencadangkan melalui data seluler maupun WiFi. Melalui cara ini diharapkan bagi pengguna WhatsApp, untuk dapat mengantisipasi lebih baik dan cepat sebelum waktunya.

Melalui Bantuan Teman untuk Screenshot

Cara kedua yang mungkin sedikit aneh dan terbilang cukup sulit dilakukan tergantung bagi pelakunya. Ialah melalui bantuan teman untuk melakukan screenshot chat. Hal ini terbilang cukup sulit, mengingat tidak semua teman mampu menyimpan secara utuh riwayat percakapan yang ada.

Ada beberapa kriteria bantuan dari teman yang mampu untuk melaksanakan instruksi screenshot tersebut. Diantaranya adalah teman yang masih memiliki chat utuh tanpa terhapus satu pun. Dimana chat dari teman tersebut memang lengkap dari awal dan dia melakukan pencadangan penuh.

Yang kedua adalah teman yang masih memiliki data media baik berupa foto, video, dokumen, dan sebagainya. Umumnya ada pula orang yang masih melakukan pencadangan secara penuh hingga ke akar-akarnya. Mengingat memang ada beberapa data penting yang dibutuhkan untuk dikelola kembali.

Dan yang terakhir adalah orang yang masih memiliki pesan utuh seperti tidak terdapat ‘pesan terhapus’ dari pihak pengirim. Yang artinya, memang tidak ada pesan penarikan dari sisi ruang pesan teman tersebut. Cukup mudah untuk dilakukan, namun Anda harus dapat memastikan teman yang teliti dalam menjaga informasi data pesan.

Melalui Bantuan Aplikasi ‘Recent Notification’

Cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan ketiga melalui bantuan aplikasi ‘Recent Notification’. Hal pertama yang perlu Anda lakukan yakni dengan mengunduh aplikasi ‘Recent Notification’ melalui Google Play Store. Umumnya untuk aplikasi resmi akan muncul di urutan pertama dengan rating tertinggi.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang tanpa Dicadangkan

Jika sudah melaksanakan pengunduhan aplikasi ‘Recent Notification’, Anda hanya perlu mengaktifkan notifikasi perizinan di Handphone. Saat itu pula ketika terdapat pesan masuk dari berbagai aplikasi, termasuk WhatsApp. Anda tidak perlu ragu jika suatu saat data pesan tersebut hilang atau terhapus.

Namun sisi lain apabila Anda belum sempat mengaktifkan fungsi dari ‘Recent Notification’ ini. Anda belum dapat melakukan proses pengembalian data chat WhatsApp yang hilang maupun terhapus. Sehingga, Anda perlu untuk melaksanakan opsi cara pengembalian yang lainnya.

Melalui Personal Computer (PC) atau Laptop

Apabila cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan dari ketiga nomor diatas belum berhasil sepenuhnya. Mungkin Anda dapat mencoba dengan melalui Personal Computer (PC) atau Laptop. Melalui cara ini, Anda dapat dipastikan sepenuhnya untuk mengembalikan.

Perihal data chat yang utuh atau tidaknya, tergantung dengan bagaimana Anda mengelola. Sehingga dari hasil pengembalian data chat WhatsApp satu orang dengan yang lainnya, kemungkinan berbeda-beda. Yang pertama adalah, Anda harus mengunduh salah satu aplikasi pihak ketiga yakni ‘Download PhoneRescue’.

Anda dapat mengunduhnya melalui layanan resmi yang ada di Google. Ukuran file yang tidak begitu besar, dapat meringankan maupun menghemat ruang penyimpanan. Setelah selesai melakukan pengunduhan, Anda dapat mencentang bagian ikon WhatsApp. Lalu lanjutkan dengan proses scan.

Tunggu hingga proses scan selesai, dan hasil dari data chat WhatsApp akan segera muncul. Perlu diperhatikan kedepannya untuk terus berhati-hati dalam menjaga data pesan yang tersedia di WhatsApp. Dan jika perlu, Anda dapat mencadangkan melalui fitur yang tersedia.

Melalui Bantuan Google Drive

Cara ini mungkin terdengar cukup umum pada kalangan pemulihan data pesan yang ada. Namun Anda dapat mencobanya di lain waktu ketika membutuhkan pengembalian data pesan WhatsApp yang hilang atau terhapus. Yakni melalui bantuan Google Drive dengan melaksanakan pemulihan cadangan.

Pertama yang perlu Anda lakukan yakni dengan meng-uninstall terlebih dahulu aplikasi WhatsApp. Setelah itu install atau unduh ulang aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store. Pada tampilan awal saat pengunduhan selesai, Anda dapat memilih pencadangan WhatsApp melalui Google Drive.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang tanpa Dicadangkan

Setelah itu ikuti alurnya sesuai dengan urutan. Ketika telah menyelesaikan urutan yang tersedia, Anda dapat melakukan pemulihan melalui Google Drive yang ada. Secara otomatis Anda akan dibawa dalam pemulihan data yang tersedia di Google Drive. Kemungkinan besar data yang ada terbilang utuh dan tidak kurang satu apapun.

Namun pemulihan cadangan chat WhatsApp itu semua tergantung pada bagaimana file yang sudah Anda simpan sejauh ini. Sehingga tidak perlu khawatir dengan berbagai kemungkinan terburuk yang akan terjadi setelahnya.

Melalui Akun ITunes bagi Pengguna IPhone

Jika Anda adalah pengguna IPhone, maka dapat menggunakan akun ITunes untuk pemulihan. Memang pada dasarnya tidak seluruh pengguna WhatsApp memiliki ponsel berupa IPhone. Namun tidak ada salahnya bagi para pengguna IPhone untuk mencoba pemulihan data pesan melalui akun ITunes.

Cara pertama yang perlu Anda lakukan yakni menghubungkan IPhone dengan akun ITunes yang ada. Klik pilihan ‘Summary’ di ITunes, lalu klik pilihan ‘Restore Backup’. Pilihan yang dituju berguna untuk melakukan pencadangan baik dari sisi data chat, file, media, dan sebagainya.

Setelah klik pilihan file backup yang akan dikembalikan datanya, seperti Text Message. Itu artinya, Anda memilih percakapan WhatsApp sebagai salah satu media yang akan dikembalikan. Setelah selesai, Anda hanya perlu klik opsi ‘mengembalikan’. Tunggu hingga proses pengembalian data pesan berjalan lancar dan sukses.

Perlu diingat cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan ini, Anda harus dalam keadaan tersambung dengan koneksi internet. Baik dari data kuota pribadi maupun WiFi. Yang terpenting tidak terputus dari jaringan yang ada. Sebab akan sulit ketika saat pencadangan, koneksi internet tiba-tiba terputus dan gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 1 =