√ Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Perangkat Android

2 min read

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Perangkat Android

Apakah Anda ingin mengembalikan file foto atau video yang sudah terhapus? Umumnya seringkali seseorang tidak sadar melakukan kesalahan hapus file foto maupun video.

Dari situ, sangat penting bagi Anda untuk segera melakukan tindakan untuk mengembalikan file yang sudah terhapus tersebut. Di bawah ini cara mengembalikan file yang sudah terhapus yang bisa Anda coba.

Cara Mengembalikan File yang Sudah Terhapus

Apabila Anda sudah terlanjur menghapus foto atau video penting, maka jangan panik ataupun khawatir. Pasalnya, Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mengembalikan file-file yang sudah terhapus tersebut. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi.

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa Anda unduh gratis pada perangkat Android untuk mengembalikan file yang sudah terhapus. Diantaranya:

DiskDigger

Merupakan aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk digunakan. Hanya saja aplikasi ini hanya dapat digunakan apabila perangkat Android Anda sudah diroot. Jika belum, maka mungkin saja aplikasi ini tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Apabila perangkat Anda sudah diroot, maka Anda bisa menggunakan aplikasi DiskDigger untuk mengembalikan file terhapus. Di bawah ini beberapa cara untuk menggunakannya:

  • Pertama download terlebih dahulu aplikasi tersebut pada Play Store.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Perangkat Android

  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan opsi untuk melakukan akses root maka klik ijinkan saja.
  • Dari situ, akan terdapat peringatan Upgrade To Pro maka Anda bisa mengabaikannya saja.
  • Kemudian pilih folder yang berisi file terhapus.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Perangkat Android

  • Tentukan format dan pilih OK sehingga aplikasi ini pun dapat melakukan scan file untuk dikembalikan.
  • Anda bisa menunggu proses tersebut berhasil dilakukan kemudian langsung menyimpannya.

Undelete Recover Files & Data

Aplikasi yang satu ini juga mengharuskan Anda melakukan root pada perangkat terlebih dahulu. Untuk menggunakannya, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Install dahulu aplikasi ini kemudian dapatkan izin akses root.
  • Selanjutnya pilih folder file yang terhapus. Dari sini Anda akan diberikan dua pilihan yakni Deep Scan dan Journal Scan. Deep Scan disini memberikan pilihan kepada Anda untuk menentukan file apa saja yang ingin discan. Sementara pada Journal Scan maka Anda bisa melakukan scan untuk seluruh foto, video, bahkan hingga SMS.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Perangkat Android

  • Pilih salah satu, kemudian klik scan. Setelah itu, Anda bisa memilih mana saja file yang ingin dikembalikan.
  • Delete Photo Recovery

Aplikasi yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mengembalikan file yang sudah terhapus pada penyimpanan eksternal maupun penyimpanan internal. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file foto tersebut. Caranya:

  • Setelah Anda mengunduh aplikasi yang satu ini, maka lakukan pemindaian direktori serta sub direktori ponsel.
  • Selanjutnya, Anda bisa menunggu waktu pemindaian. Jika sudah, file-file yang sudah terhapus akan muncul sehingga Anda bisa dengan mudah untuk mengembalikannya.

Sayangnya aplikasi ini hanya khusus diperuntukkan untuk mengembalikan file dengan format JPEG, PNG, dan JPG. Hal ini berarti Anda tidak bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file selain menggunakan ketiga format yang sudah disebutkan tersebut.

Deleted Photo Recovery Workshop

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu melakukan rooting terlebih dahulu. Aplikasi ini sendiri sudah mendukung kualitas tinggi untuk membatalkan file yang sudah terhapus. Baik itu file yang ada di penyimpanan internal, eksternal, hingga kartu memori.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Perangkat Android

Adapun format file yang dapat digunakan pada aplikasi ini meliputi PNG, JPG, JPEG, TIFF, GIF, MP4, TIF, 3GP, dan BMP.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini di Play Store. Lalu pilih file yang diinginkan untuk dikembalikan, kemudian tekan menu kembalikan foto.

Dengan adanya berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan file di atas Anda sudah tidak perlu khawatir lagi saat terlanjur menghapus file pada sebuah perangkat.

Gunakan beberapa cara mengembalikan file yang terhapus tersebut dengan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas. mengunduh dan mencoba menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eight + 1 =