√ Cara Menghitung Umur di Excel

1 min read

Cara Menghitung Umur di Excel

Seperti yang sudah anda ketahui selama ini, Microsoft Excel selalu memudahkan pekerjaan manusia terutama dalam bidang data dan pelaporan. Pada artikel kali ini, anda akan mempelajari fungsi lain dari excel yaitu menghitung umur. Bagaimana sih cara menghitung umur di excel dengan mudah? Simak tutorialnya berikut ini.

Cara Menghitung Umur di Excel

Terdapat 3 cara menghitung umur di excel yang bisa anda pilih yaitu menggunakan rumus matematika umum, menggunakan fungsi YEARFRAC dan menggunakan fungsi DATEDIF. Simak setiap langkah untuk menghitungnya dibawa ini.

1. Cara Menghitung Umur di Excel Menggunakan Rumus Matematika Umum

Untuk menghitung umur menggunakan rumus matematika umum, perhatikan logika berikut. Dalam satu tahun terdapat 365 hari, jadi untuk menghitung umur anda bisa mengurangi tanggal hari ini dengan tanggal lahir kemudian membaginya dengan 365. Jika dituliskan ke excel akan menjadi sebagai berikut:

=(Tanggal Hari Ini – Tanggal Lahir)/365

Langkah-langkah penghitungannya seperti ini:

  • Tuliskan terlebih dahulu tanggal lahir pada satu kolom misalnya kolom C2
  • Tuliskan tanggal hari ini pada kolom lain dengan menggunakan fungsi today dan masukkan dalam rumus menjadi =(TODAY()-C2)/365

Cara Menghitung Umur di Excel

  • Jika anda menekan ENTER, maka otomatis angka berupa umur akan tampil dalam kolom tersebut

Hasil yang tampil dalam kolom tersebut akan berupa angka desimal (terkadang terdapat angka dibelakang koma). Jika anda tidak menginginkan angka desimal tersebut ditampilkan, anda bisa mengaturnya pada menu HOME dan bagian Number.

2. Cara Menghitung Umur di Excel dengan Fungsi YEARFRAC

YEARFRAC merupakan salah satu fungsi microsoft excel yang akan menghasilkan angka desimal yang mana memperlihatkan periode tahun dari selisih dua tanggal. Jadi, cara menghitung umur di excel dengan fungsi YEARFRAC jika diterapkan akan menjadi:

=YEARFRAC(Tanggal lahir; Tanggal Hari ini; 1)

Cara Menghitung Umur di Excel

Mengapa terdapat argumen 1 pada akhir rumus? Argumen 1 yang ditambahkan disana mengartikan bahwa perhitungan tahun akan didasarkan dari jumlah aktual di setiap bulan antara kedua tanggal yang telah ditambahkan. Untuk penerapannya, sama dengan cara yang pertama dan tetap membutuhkan fungsi TODAY pada excel.

Kedua cara diatas merupakan cara yang digunakan untuk menghitung umur yang menunjukkan hasil tahun saja. jika anda ingin menunjukkan umur asli lengkap dengan bulan dan harinya, cara ketiga mungkin lebih cocok anda terapkan.

3. Cara Menghitung Umur di Excel dengan Fungsi DATEDIF.

Pada dasarnya, fungsi DATEDIF pada Microsoft Excel berfungsi untuk menghitung jumlah hari, bulan dan tahun antara dua tanggal secara otomatis.

Formula DATEDIF ini tidak akan anda temukan pada tab formula karena sebenarnya formula ini adalah fungsi LOTUS 1-2-3 namun masih relevan untuk menghitung umur di Excel. Karena tidak ada dalam list formula, anda harus menulis rumus ini secara manual:

Cara Menghitung Umur di Excel

=DATEDIF(Tanggal Awal; Tanggal Akhir; Satuan)

Jika anda mengalami error #NAME ketika memasukkan rumus, periksa kembali apakah tulisan DATEDIF anda sudah benar karena banyak yang keliru dan mengubahnya menjadi DATEIF.

Keterangan dari rumus diatas adalah:

  • Tanggal Awal, Argumen ini berisi tanggal dimulainya periode. Pada rumus ini digunakan untuk menuliskan tanggal lahir
  • Tanggal Akhir, Argumen ini berisi tanggal berakhirnya periode. Pada rumus ini digunakan untuk menuliskan tanggal hari ini. Anda masih bisa memanfaatkan fungsi TODAY dan NOW
  • Satuan, argumen ini berisi kode informasi yang ingin anda dapatkan, apakah total tahun, total bulan atau total hari.

Nah itulah tadi tutorial lengkap tentang beberapa cara menghitung umur di Excel. Semoga artikel diatas dapat membantu anda mempelajari lebih jauh tentang microsoft excel ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 4 =