√ Mau Belajar Excel? Ini Cara Mengurutkan Angka di Microsoft Excel

2 min read

Mau Belajar Excel? Ini Cara Mengurutkan Angka di Microsoft Excel

Di zaman sekarang, kemampuan untuk mengoperasikan Excel sangatlah diperlukan. Lalu, kamu masih bingung bagaimana cara mengurutkan angka di Microsoft ExcelNah, itu baru dasar. Kamu juga harus tahu bagaimana cara mengurutkan angka di Excel secara otomatis atau cara mengurutkan angka di Excel dengan rumus.

Kalau kamu sudah mempelajarinya, maka berikutnya kamu perlu belajar juga bagaimana cara mengurutkan nilai di Excel dan cara mengurutkan abjad di Excel. Apakah sulit untuk mempelajari itu semua? Tidak. Di artikel ini kamu bisa belajar mengoperasikan Microsoft Excel loh. Simak cara-cara berikut ya.

Cara Mengurutkan Angka di Microsoft Excel

Sebelum kamu mencari tahu bagaimana cara mengurutkan angka di Excel, maka kamu perlu tahu dulu jenis Excel di perangkatmu. Apakah Excel 2010? Atau Excel 2019? Memang ada bedanya? Tentu saja! Dalam setiap keluaran pasti ada keunikan atau perubahan dari versi yang sebelumnya. Jadi, cari tahu dulu Excel kamu versi apa ya.

Berikut cara mengurutkan angka di Microsoft Excel untuk Microsoft 365, Excel 2019, Excel 2016, Excel 2013, dan Excel 2010:

1. Pilih data yang ingin diurutkan

Ini merupakan pengetahuan paling dasar apabila kamu ingin lebih jago menggunakan Excel. Jauh lebih dasar dibanding mempelajari cara mengurutkan angka di Microsoft Excel.

Biasanya, hasil survei yang dilakukan dengan G-form akan menggunakan format Microsoft Excel setelah didownload. Dalam kasus ini, kamu perlu untuk mengurutkan datanya.

Kamu harus memilih rentang data pada tabel. Misalnya B1:M5 (beberapa kolom dan baris) atau A1:A80 (satu kolom). Ini adalah langkah pertama yang perlu kamu ketahui.

Rentang bisa juga merupakan baris pertama judul yang mengidentifikasi tiap kolom. Cara memilihnya pun gampang, cukup dengan klik salah satu kolom, klik & tahan Shift, lalu drag kursor.

2. Cara mengurutkan angka di Excel secara otomatis

Siapa yang tidak ingin bekerja secara cepat. Berikut adalah cara mengurutkan dengan mudah :

  • Pertama silahkan pilih satu sel dalam kolom yang mau kamu urutkan.

Mau Belajar Excel? Ini Cara Mengurutkan Angka di Microsoft Excel

  • Cari di tab Data, di dalam grup Urutkan & Filter kamu akan menemukan simbol. Fungsi simbol ini adalah untuk mengurutkan huruf dan angka dari terkecil ke terbesar atau dari terbesar ke terkecil.

Selanjutnya, kamu tinggal klik simbol tersebut untuk melakukan pengurutan secara naik ataupun secara turun. Data kamu pun akan urut dengan sendirinya. Mudah kan? Jadi, ini bukan hanya bisa digunakan untuk mengurutkan angka, namun juga bisa menjadi cara mengurutkan nilai di Excel dan cara mengurutkan abjad di Excel.

3. Cara mengurutkan berdasarkan kriteria

Teknik ini adalah cara mengurutkan angka di Microsoft Excel dengan memilih kolom yang ingin diurutkan, beserta kriteria lain (warna sel atau font).

  • Pertama silahkan pilih satu sel dalam kolom yang mau kamu urutkan.

Mau Belajar Excel? Ini Cara Mengurutkan Angka di Microsoft Excel

  • Cari di tab Data, di dalam grup Urutkan & Filter kamu akan menemukan simbol. Fungsi simbol ini adalah untuk mengurutkan huruf dan nilai.

Cara ini juga boleh dibilang cukup simpel. Kamu tidak perlu susah-susah menghafalkan rumus.

4. Cara mengurutkan angka di Excel dengan rumus

Nah, kalau ini boleh dibilang cukup rumit. Kamu harus bisa menghafalkan rumus atau formula untuk mengurutkan angka, nilai, dan huruf. Di sini kamu bisa menggunakan kolom dummy (kolom bantu rumus) yang kemudian kamu isikan rumusnya. Untuk mengurutkan kamu perlu menggunakan rumus SMALL dan LARGE

Ingat, SMALL digunakan untuk pengurutan angka secara  pengurutan naik (Ascending). Sementara itu, LARGE digunakan untuk  pengurutan turun (Descending). Berikutnya kamu perlu menggunakan sel-sel pada range yang ingin kamu urutkan sebagai argument. Oiya, pastikan bahwa range yang ingin kamu urutkan terkunci / absolut.

Cara menguncinya adalah dengan menggunakan tanda $. Tujuannya adalah supaya range ini tidak berubah ketika kamu meng-copy ke sel lain.

Contoh rumus:

=SMALL($B$3:$B$14;D3) atau =LARGE($B$3:$B$14;D3)

Penutup

Nah, jadi itu tadi cara mengurutkan angka di Microsoft Excel. Selain itu, di artikel ini juga sempat disinggung bagaimana cara mengurutkan nilai di Excel dan cara mengurutkan abjad di Excel.

Setelah ini kamu bisa mulai mempraktekkan sendiri cara mengurutkan angka di Microsoft Excel di perangkat kamu sekarang. Memang sedikit rumit, namun tidak ada yang tidak mungkin, kok.

Apabila kamu bersungguh-sungguh dalam mempelajari pengoperasian Microsoft Excel ini pasti akan menemukan hasil yang bermanfaat. Entah itu untuk pekerjaan atau tugas sekolah kamu.

Kamu juga bisa menempuh cara lain dengan meminta bantuan pada orang yang ahli untuk mengajarimu cara mengoperasikan Excel. Misalnya dengan mengikut kelas Excel yang ada pembimbingnya. So, kuncinya adalah niat dan usaha kamu untuk belajar Microsoft Excel. Selamat mencoba dan berusaha!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen + thirteen =