√ Cara Menyimpan Dokumen Di Microsoft Word 

1 min read

Cara Menyimpan Dokumen Di Microsoft Word 

Microsoft word merupakan salah satu aplikasi yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, terutama bagi para pekerja kantoran.

Meskipun aplikasi sejuta umat ini telah banyak digunakan, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menyimpan dokumen di Microsoft Word dengan benar dan aman. Pada kesempatan kali ini akan diberikan beberapa cara mudah menyimpan dokumen di Microsoft Word. 

Kemudahan Microsoft Word Dalam Menyimpan Dokumen 

Aplikasi Microsoft Word adalah software yang pada umumnya digunakan untuk mengolah kata. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, bahkan ibu rumah tangga pun menggunakannya karena pengoperasian yang cukup mudah.

Beberapa fungsi yang terdapat pada Microsoft Word sangatlah mudah untuk dipelajari sehingga siapa saja dapat dengan mudah menggunakan. 

Microsoft Word menjadi sarana bagi pelajar dan mahasiswa untuk mengerjakan tugas serta membantu para pekerja kantoran untuk menyelesaikan tugas kantor seperti pembuatan surat – menyurat.

Cara menyimpan dokumen di Microsoft Word pun sangatlah mudah sehingga anda tidak perlu khawatir jika file yang telah diketik dalam waktu lama akan menghilang dengan tiba – tiba. 

Beberapa Cara Menyimpan Dokumen Di Microsoft Word 

Inilah beberapa langkah menyimpan dokumen di Microsoft Word dengan berbagai cara : 

1. Cara Standar menyimpan dokumen di Microsoft Word 

Microsoft Word akan menyimpan dokumen anda dalam folder default pada drive hard disk atau laptop. Namun terkadang juga file tersebut tersimpan dalam lokasi desktop, DVD, atau flash drive. Format yang biasa digunakan yakni RTF, CSV dan PDF. Langkah menyimpan dokumen di Microsoft Word secara standar, diantaranya : 

  • Klik menu file 
  • Kemudian akan muncul beberapa pilihan dan klik save as 

Cara Menyimpan Dokumen Di Microsoft Word 

  • Muncul kotak dialog penyimpanan dan tentukan lokasi dimana dokumen tersebut akan anda simpan
  • Beri nama dan klik save 

2. Menyimpan Dokumen Dengan Menggunakan Password 

Cara menyimpan dokumen di Microsoft Word berikutnya adalah dengan menggunakan password. Ketika dokumen disimpan dengan password, tidak sembarangan orang dapat membukanya. Beberapa langkah menyimpan dengan password : 

  • Klik menu file
  • Kemudian klik save as, apabila dokumen anda belum pernah disimpan sebelumnya, maka tekan Ctrl + S pada keyboard dan klik move save options
  • Klik browse apabila kotak dialog save as tidak muncul 

Cara Menyimpan Dokumen Di Microsoft Word 

  • Tentukan lokasi penyimpanan, nama file dan jenis  file dokumen anda
  • Klik tools, kemudian klik general options.

3. Menyimpan Dokumen Dengan Menggunakan One Drive 

One drive atau yang biasa disebut dengan penyimpanan “awan”. Bentuk lambang dari one drive yang menyerupai awan menyebabkannya dijuluki dengan penyimpanan awan.

Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data, file rusak atau corrupted maupun tiba – tiba tertutup akibat kesalahan teknis dan virus ketika menyimpannya dengan menggunakan one drive.  

Anda dapat menyimpan cadangan dokumen di one drive atau penyimpanan awan serta dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Keuntungan lain ketika menggunakan penyimpanan one drive adalah mempermudah pengguna untuk berbagi file dengan teman, keluarga dan rekan kerja. 

Namun terlebih dahulu anda harus menghubungkan one drive dengan Microsoft Word untuk melakukan penyimpanan. Berikut langkah menyimpan file di Microsoft Word dengan menggunakan one drive : 

  • Klik menu file 
  • Klik menu save as (simpan salinan sebagai), kemudian klik one drive 

Cara Menyimpan Dokumen Di Microsoft Word 

  • Klik opsi masuk ketika tidak dapat masuk folder. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah mendaftarkan akun Microsoft 365.

Sungguh mudah bukan? Anda dapat memilih salah satu dari ketiga cara menyimpan dokumen menggunakan Microsoft Word sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba!.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen − 3 =