√ Cara Merekam Layar di Powerpoint 2010

1 min read

Tahukah Anda bahwa merekam layar saat ini dapat dilakukan pada laptop ataupun PC. Termasuk merekam layar di Powerpoint Hal ini tentu sangat bermanfaat terutama bagi mereka yang ingin membuat video tutorial. Hanya saja tidak banyak orang yang mengetahui cara merekam layar di Powerpoint 2010.

Bagaimana Cara Merekam Layar di Powerpoint 2010?

Setiap orang dapat merekam layar mereka termasuk pada layar Powerpoint. Terlebih saat merekam pada aplikasi tersebut ada keunggulan yang bisa didapatkan. Yakni Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi lainnya hanya untuk merekam. Berikut beberapa cara merekamnya yang bisa dilakukan:

  • Download aplikasi Microsoft Powerpoint

Langkah pertama sebelum merekam layar di Powerpoint, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi tersebut. Oleh karena itu, jika belum memilikinya Anda bisa langsung mendownload aplikasi Microsoft Powerpoint terlebih dahulu.

Cara ini dapat dilakukan dengan gratis dan mudah. Dengan begitu, Anda tidak perlu membayar biaya yang mahal saat ingin mengunduh aplikasi Microsoft Powerpoint tersebut.

  • Buka aplikasi Powerpoint

Langkah selanjutnya, jika pengunduhan sudah selesai dilakukan. Maka langsung saja buka aplikasi Powerpoint tersebut agar nantinya dapat melakukan perekaman layar yang diinginkan.

  • Pilih menu Insert

Cara Merekam Layar di Powerpoint 2010 pada PC

Selanjutnya, Anda bisa memilih menu Insert pada lembar kerja Powerpoint. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih menu Screen Recorder yang ada pada bagian kanan menu Insert tersebut.

  • Tentukan bagian yang ingin direkam

Cara Merekam Layar di Powerpoint 2010 pada PC

Untuk memulai perekaman, ada baiknya Anda memilih bagian yang ingin direkam terlebih dahulu. Apabila tadi sudah memilih menu Screen Recorder maka akan muncul kotak perekam layar.

Pada kotak tersebut Anda bisa memilih area mana saja yang dapat dilakukan untuk proses perekaman. Anda bisa memilih sebagian layar saja atau seluruh layar untuk direkam sesuai keinginan.

  • Pilih tombol Record

Cara Merekam Layar di Powerpoint 2010 pada PC

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih tombol Record. Tekan tombol tersebut  agar proses merekam dapat diawali. Nantinya jika sudah ditekan secara otomatis akan muncul hitungan mundur sehingga laptop akan mulai merekam layar.

  • Tekan stop jika selesai

Cara Merekam Layar di Powerpoint 2010 pada PC

Cukup biarkan layar tersebut sampai Anda ingin mengakhiri proses perekaman layar. Jika ingin berhenti merekam maka langsung saja tekan tombol stop yang ada di sebelah tombol record. 

Dengan begitu, secara otomatis hasil rekaman yang sudah dilakukan akan masuk ke dalam slide Powerpoint. Hasil rekaman tersebut bisa Anda edit menggunakan software Powerpoint.

  • Simpan video

Cara Merekam Layar di Powerpoint 2010 pada PC

Apabila tidak ingin melakukan editan, maka ada baiknya segera simpan video hasil rekaman layar tersebut. Anda bisa langsung menyimpannya dengan cara mengklik kanan pada video tersebut. 

Setelah itu, tunggu sampai muncul kotak dialog kemudian langsung tekan Save media as dan video sudah berhasil disimpan pada PC yang digunakan untuk merekam layar.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda ketahui saat ingin merekam layar menggunakan Microsoft Powerpoint. Cara tersebut tentu saja sangat cepat, mudah, dan pastinya praktis untuk dilakukan. Anda bisa menerapkannya langsung dengan mudah di rumah dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut.

Microsoft Powerpoint sendiri memang sudah menyediakan fasilitas perekaman layar agar nantinya dapat membuat sebuah video dengan menarik secara cepat dan praktis. Tentu saja akan sangat disayangkan apabila Anda belum pernah untuk melakukan perekaman layar di Microsoft Powerpoint tersebut.

Anda bisa mulai merekam layar dengan menerapkan beberapa cara merekam layar di Powerpoint 2010 yang sudah dijelaskan di atas dengan mudah. Dengan begitu, tidak perlu lagi mendownload aplikasi perekam layar lainnya yang hanya akan menambah penuh memori perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × two =