3 min read

Cara Pembuatan Ebook Menggunakan Android

Jika Anda suka membaca tapi malas membawa buku fisiknya, maka Anda bisa membacanya melalui e-book saja. Kini, e-book telah menjadi solusi praktis bagi banyak orang yang malas membaca buku fisik. Perlu diketahui, bahwa kini sudah ada cara pembuatan e-book menggunakan Android dengan mudah. 

Banyak juga orang-orang yang membuat e-book hanya dengan Hp Android saja. Misalnya dengan menggunakan aplikasi tambahan, untuk memudahkan proses pembuatannya. Untuk itu, simak artikel berikut mengenai penjelasan cara membuat e-book dengan menggunakan Android saja, tanpa ribet.

Alasan Mengapa Banyak Orang yang Memilih Menggunakan E-Book

Kehadiran e-book telah merubah kebiasaan membaca bagi sebagian besar orang. Tak hanya para pembaca saja, tapi banyak juga penulis yang kini membuat buku secara digital. Walaupun masih banyak juga penulis atau orang-orang yang belum paham dengan cara pembuatan e-book tersebut.

Tapi, alasan apa saja yang membuat kebanyakan orang saat ini lebih memilih untuk menggunakan e-book? Berikut uraian lengkapnya:

1. Harganya Lebih Murah

Tidak seperti menerbitkan buku secara fisik atau buku cetak, pembuatan e-book ini sebenarnya jauh lebih mudah dan murah. Karena Anda tidak membutuhkan kertas, tinta, mesin print, biaya cetak, gaji karyawan, dan sebagainya.

Kesulitan orang-orang yang ingin mencetak buku adalah karena biayanya yang cukup mahal. Sedangkan pembuatan e-book ini jauh lebih murah dibandingkan membuat buku cetak.

2. Lebih Ramah Lingkungan

Saat ini banyak orang yang mengkampanyekan Go Green, dalam berbagai bentuk. Dan pencetakan buku ini merupakan wujud dari gerakan Go Green itu sendiri. Karena ketika Anda membuat buku yang berupa e-book maka Anda tidak membutuhkan kertas.

Karena kertas dibuat dari pohon, maka pengurangan pemakaian kertas akan menyelematkan pohon. Sehingga e-book dianggap lebih ramah lingkungan dibanding pembuatan buku cetak.

3. E-book Lebih Tahan Lama

Buku cetak lebih mudah dan lebih cepat rusak dibanding buku digital. Karena buku cetak rentan terkena air hingga rusak atau sobek. Bahkan bisa dimakan rayap atau rapuh. Lain halnya dengan e-book yang kecil kemungkinan menjadi rusak.

Kerusakan pada e-book biasanya disebabkan oleh ketidaksempurnaan proses download file. Namun hal itu mudah diatasi, karena Anda bisa mendownload ulang.

4. Mudah Dibawa ke Mana Saja

E-book juga memberi keuntungan bagi para pembaca, karena mereka tidak harus membaca buku secara fisik yang akan memberatkan jika jumlahnya banyak. E-book yang Anda miliki cukup disimpan di Smartphone atau laptop Anda. Dan jika sewaktu-waktu ingin membacanya tinggal dibuka saja via Smartphone.

5. Mudah Diperoleh

Anda juga tidak harus repot datang ke toko buku, karena tingga mendownloadnya saja untuk bisa memiliki e-book dengan judul yang Anda cari. Para pembuat e-book juga memiliki kemudahan dalam mendistribusikannya. Itulah keuntungan dari penggunaan e-book, yang akan menguntungkan bagi pembaca atau penulis.

Cara Pembuatan E-Book Menggunakan Android dengan Aplikasi

Di bawah ini adalah tutorial dalam cara pembuatan e-book menggunakan Android, dengan menggunakan sejumlah aplikasi dengan mudah:

1. Mobi Pocket Creator

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang akan membantu Anda dalam membuat e-book melalui Android. Aplikasi Mobi Pocket sangat multifungsi dan bisa digunakan secara gratis. Hanya dengan mengunggahnya di file yang berupa Docx atau PDF, lalu convert lagi dengan menggunakan aplikasi Mobi Pocket tersebut.

Anda juga bisa mencetak beragam jenis e-book ke format PRCX atau pada format PRC. Cara ini gratis dan hanya dilakukan dengan beberapa tahap saja, yaitu:

  • Klik add file/item lalu pilih file draft e-book yang akan Anda unggah nantinya.
  • Kemudian klik lagi cover image yang bisa dipakai untuk menambah gambar yang telah disiapkan menjadi cover buku.
  • Setelah itu klik table of content untuk menambah atau membuat daftar isi.

Cara Pembuatan Ebook Menggunakan Android

  • Selanjutnya klik lagi book setting dalam membuat pengaturan kecil.
  • Yang terakhir klik meta data yang nantinya dipakai untuk menambah keterangan di e-book yaitu dengan menambah description, tittle, dan author.

2. WPS Office

Aplikasi pengolah file yang satu ini dapat ditemukan pada HP Android. Anda juga bisa menggunakan WPS Office ini untuk membuat beberapa catatan. Berikut ini cara pembuatan e-book menggunakan Android yaitu melalui WPS Android:

  • Langkah pertama yaitu dengan menyimpan tulisannya terlebih dulu ke dalam format dokumen Micr Word.
  • Setelah tersimpan buka WPS Office yang telah terinstall pada HP Android Anda, dan klik menu open supaya dokumennya terbuka.

Cara Pembuatan Ebook Menggunakan Android

  • Jika sudah terbuka, maka klik tombol Share yang ada pada bagian bawah layar.
  • Di menunya akan muncul Share as PDF untuk menyimpan tulisan secara apa adanya saja. Atau bisa dengan mengedit sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Kemudian klik Export to PDF apabila Anda sudah memilih dan simpan.

3. Google Docs

Cara berikutnya dalam membuat e-book adalah dengan menggunakan Google Docs. Google Docs merupakan salah satu aplikasi yang akan membantu Anda dalam menyimpan segala jenis file yang berupa EPUB.

Cara Pembuatan Ebook Menggunakan Android

Namun dalam menyimpan beragam file di sini maka Anda harus selalu tersambung dengan jaringan internet, dan tidak bisa dilakukan secara offline. Tak hanya bisa dipakai untuk mengedit e-book saja, tetapi Google Docs juga bisa digunakan untuk kolaborasi pembuatan e-book dengan teman Anda yang sesama penulis misalnya.

Simpan juga seluruh revisi e-book di Google Docs supaya bisa diedit sewaktu-waktu. Dan dibuat kembali dengan lebih mudah. Aplikasi ini tidak harus didownload karena merupakan jenis aplikasi bawaan dari Google. 

E-book Adalah

Dalam bahasa Inggris arti e-book ini adalah buku elektronik yang formatnya adalah berupa digital dan bukan beruba paperback. Ada banyak format digital yang bisa Anda gunakan dalam pembuatan e-book ini, misalnya epub, pdf, docx, dan html.

Unsur yang terdapat dalam e-book juga cukup beragam, yaitu:

  • Text
  • Footnote
  • Image
  • Quote
  • Infografik
  • Dan masih banyak lagi

Untuk memilih isinya tentu disesuaikan lagi dengan selera Anda dalam membuat e-book tersebut. Misalnya Anda ingin e-book yang isinya berupa teks saja, atau ditambahkan dengan gambar dan infografik, dan sebagainya.

Cara membuat e-book ini sangat sederhana, tidak butuh proses yang rumit, dan bisa dilakukan dengan cepat selama Anda menggunakan aplikasi yang tepat. Anda juga bisa menggunakan aplikasi pendukung, untuk menyempurnakan e-book Anda tersebut.

Misalnya dengan menggunakan aplikasi Canva untuk pembuatan cover di bagian depan e-book, atau membuat desain gambarnya dengan mudah. Tak hanya pembuatan cover saja, tapi aplikasi ini juga bisa membantu Anda membuat gambar di dalam e-book. Atau pembuatan infografik dengan tata cara yang lengkap dan juga mudah.

Maka sebelum membuat e-book, pastikan Anda sudah mematangkan ide tentang materinya serta software apa yang akan dipilih untuk membuat e-book yang bagus. Ditambah dengan cara pembuatan e-book menggunakan Android yang lebih praktis dan tepat guna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × two =