1 min read

Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki seseorang. Bagi Anda yang tengah mencari tempat tinggal, kehadiran rumah subsidi bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

Dibandingkan dengan membeli rumah non-subsidi, rumah subsidi memiliki harga yang tergolong miring. Biasanya, rumah subsidi dibanderol dengan harga tak lebih dari Rp200 juta dan diperuntukkan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

Rumah subsidi dibangun oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Rumah dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang bekerja sama dengan developer, salah satunya yakni Gria Indah Cibarusah.

Bagi Anda yang ingin lebih tahu, berikut beberapa keuntungan membeli rumah subsidi.

Harga Murah

Rumah subsidi dijual dengan harga relatif terjangkau yakni berkisar antara Rp150 juta hingga 200 juta. Namun tentu harga rumah subsidi akan berbeda-beda sesuai dengan lokasi rumah tersebut dibangun. Pembeli rumah subsidi bisa mendapatkan kemudahan dengan mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan bunga yang flat karena disubsidi oleh pemerintah.

Jika Anda pekerja dengan pendapatan Upah Minimum Regional (UMR), tentunya membeli rumah subsidi bakal menjadi solusi untuk bisa memiliki tempat tinggal yang nyaman dan terjangkau.

rumah subsidi gria indah cibarusah

Lokasi Rumah Strategis

Rumah subsidi biasanya dibangun di kawasan urban yang padat penduduk di kawasan penyangga sekitar DKI Jakarta seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Hal tersebut dilakukan karena karena harga tanah di Jakarta yang sudah tinggi.

Padatnya Ibu Kota juga membuat rumah subsidi bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin tinggal di kawasan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Beberapa kawasan rumah subsidi juga biasanya terletak di lokasi sekitar Jakarta sehingga menjadi favorit banyak orang yang harus menjangkau Ibu Kota untuk bekerja.

Persyaratan Mudah

Persyaratan untuk membeli rumah subsidi biasanya cukup mudah. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin membeli rumah subsidi di antaranya:

  1. WNI berusia minimal 21 tahun
  2. Punya penghasilan tetap yakni (maksimal Rp4 juta untuk rumah tapak dan Rp7 juta untuk rumah sejahtera susun);
  3. Memiliki NPWP
  4. Tidak memiliki rumah pribadi
  5. Belum pernah mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk kepemilikan rumah

Tips Memiliki Rumah Subsidi 

  • Perhatikan Kualitas Bangunan

Meski tidak semua rumah subsidi berkualitas buruk, namun Anda harus tetap teliti ketika ingin membeli rumah subsidi. Hal penting yang harus dipastikan saat membeli rumah subsidi yakni kondisi interior rumah yang sudah harus dicat, memiliki keramik, dan plafon.

  • Mengunjungi Rumah Contoh dan Lokasi Proyek

Anda bisa mengunjungi rumah contoh yang dibangun developer untuk mengetahui dengan jelas kondisi rumah subsidi yang akan Anda huni nanti. Pastikan juga Anda mengunjungi lokasi proyek tempat rumah subsidi Anda dibangun untuk mengetahui lokasi dengan jelas apakah strategis atau tidak.

  • Mengetahui Track Record Developer

Seperti rumah-rumah lainnya, rumah subsidi dibangun oleh para developer yang bekerja sama dengan pemerintah. Beberapa developer mungkin sudah cukup diketahui rekam jejaknya atau mungkin sama sekali baru. Jika Anda mengetahui track record developer, maka Anda akan mengetahui portofolio properti yang mereka bangun dan juga kualitasnya.

Salah satu developer yang memiliki kualitas yang tak perlu diragukan dalam membangun rumah subsidi yakni Gria Indah Cibarusah. Rumah subsidi yang dibangun oleh Gria Indah Cibarusah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan mendukung aktivitas Anda sehari-hari.

Berbagai keuntungan juga ditawarkan jika Anda membeli rumah di Gria Indah Cibarusah. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengunjungi website resminya gria-indah-cibarusah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × two =