√ Cara Menghitung Rumus Persentase di Excel

1 min read

Cara Menghitung Rumus Persentase di Excel

Banyak perhitungan data di Microsoft Excel yang ternyata melibatkan rumus persen Excel. Di antaranya yakni untuk menghitung bunga bank, menghitung persen diskon, hingga persen komisi dan lain sebagainya. Lantas bagaimanakah cara menghitung rumus persentase di Excel? Berikut langkah-langkahnya.

Tampilkan Persentase di Excel 

Sebelum mengetahui cara menghitung rumus persentase di excel, simak cara menampilkan persentase di Excel. Pertama-tama yang harus dilakukan yakni dengan menerapkan format persentase pada lembar Excel. 

Cara Menghitung Rumus Persentase di Excel

Caranya menerapkan format persentase ke sel yang dipilih yakni dengan klik ikon % yang terdapat di dalam grup Angka pada tab beranda, atau gunakan shortcut dengan memencet tombol Ctrl+Shift+%.

  • Format Sel yang Sudah Berisi Angka

Jika Anda sudah menerapkan format persentase pada angka yang ada di dalam lembar kerja, maka Excel akan mengalikan angka tersebut dengan 100 untuk mengubahnya menjadi persentase. Misalnya ada satu sel yang berisi angka 10 maka Excel akan mengalikannya dengan 100 sehingga menjadi 1000.00%.

Agar menampilkan persentase secara akurat, maka sebelum Anda memformat angka sebagai persentase pastikan jika angka itu telah dihitung sebagai persentase dan ditampilkan dalam format desimal. 

Persentase dihitung dengan cara persamaan jumlah/total. Sebagai contoh, jika sebuah sel berisi rumus 10/100 maka hasil penghitungannya menjadi 0,1. Angka 0,1 kemudian Anda format sebagai persentase, maka angka akan ditampilkan sebagai 10%.

Rumus Persentase di Excel

Cara menghitung rumus persentase di Excel dapat dilakukan dengan:

  • Menaikkan atau menurunkan angka berdasarkan persentase

Misalnya, Anda membelanjakan rata-rata uang sebesar Rp25.000 dan ingin menghemat pengeluaran sebesar 25% lalu seberapa besar uang yang bisa Anda belanjakan? Atau bagaimana jika Anda ingin menambah alokasi makanan mingguan Rp25.000 sebesar 25%, berapa nantinya alokasi baru mingguan Anda?

Berikut cara menghitung persen di Excel untuk menaikkan atau menurunkan angka:

Cara Menghitung Rumus Persentase di Excel

Jika B2 merupakan jumlah yang Anda belanjakan, sedangkan C2 adalah persentase yang bakal dikurangi dari jumlah itu, maka Anda bisa memasukkan rumus +B2*(1-C2) di D2 untuk mengetahui apakah hasilnya.

Maka dalam hal ini, 1 digunakan untuk menunjukkan 100%. Demikian juga jika Anda ingin menambah jumlah itu dengan persentase tertentu maka tinggal masukkan rumus =B2*(1+C2) di D2.

Menghitung Jumlah Berdasarkan Persentase

Sebagai contoh, jika Anda membeli satu unit komputer dengan harga Rp800.000 dan dikenakan pajak penjualan sebesar 8,9%, maka berapa banyak pajak penjualan yang harus Anda bayarkan dari pembelian komputer tersebut? Maka dalam hal ini Anda ingin menemukan berapa jumlah 8,9 persen dari Rp800.000. 

Cara Menghitung Rumus Persentase di Excel

Cara menghitung jumlah berdasarkan jumlah persentase di Excel bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa rumus.

Jika B2 adalah harga pembelian, sementara C2 ialah pajak yang penjualan, maka Anda dapat mengetikkan rumus =B2*C2 di D2. Rumus tersebut akan mengalikan Rp800.000 dengan 0,089 yang merupakan persentase dalam bentuk desimal untuk menemukan pajak penjualan yang harus dibayarkan. 

Hitung Persentase Berdasarkan 2 Jumlah

Sebagai contoh kasus, jika seorang murid mendapatkan 42 poin yang benar dari 50 dalam tes, maka berapa persentase jawaban yang benar dari murid tersebut?

Dalam contoh ini, maka B2 dapat disebut sebagai poin yang dijawab dengan benar oleh murid tersebut dan angka C2 merupakan total yang mungkin, maka Anda bisa mengetik rumus =B2/C2 di D2 untuk mengetahui nilainya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 − 12 =