√ Mengenal Rumus Rank Di Excel

1 min read

Mengenal Rumus Rank Di Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu software pengolah angka yang kerap kali digunakan diberbagai kalangan, terlebih bagi mereka para pekerja kantoran yang bergerak di bidang administrasi perkantoran. Microsoft Excel sangat membantu seseorang dalam mengolah angka.

Beberapa kemudahan yang diberikan oleh Microsoft Excel yang membuat banyak orang menggunakannya. Salah satu rumus pada Microsoft Excel yang sering digunakan adalah rumus rank di excel. Rumus tersebut biasa digunakan oleh guru untuk melakukan perankingan nilai para murid. 

Banyaknya Rumus Dalam Microsoft Excel 

Di dalam Microsoft Excel pun terdapat berbagai ikon menu yang dapat digunakan guna memudahkan pengguna.Microsoft Excel yang merupakan software pengolah angka ini memiliki berbagai rumus yang dapat digunakan untuk menghitung sehingga pengguna tidak perlu kesulitan untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan Microsoft Excel. 

Cara mudah yang digunakan oleh beberapa orang dalam melakukan perangkingan atau pengurutan data dengan menggunakan rumus Rank di excel. Apakah anda termasuk dalam pengguna Excel yang sudah mengetahui rumus rank? Ataukah selama ini anda masih menggunakan cara manual yang super ribet?

Apabila data yang digunakan terlalu banyak, tentu anda akan kesulitan jika menggunakan cara manual, sehingga anda harus memanfaatkan rumus rank yang terdapat di dalam Excel untuk mempermudah pengerjaan. 

Rumus Rank Di Excel Dapat Dilakukan Dengan Mudah 

Berbagai rumus yang dimiliki oleh Microsoft Excel diantaranya pengurangan, penjumlahan, pembagian, perkalian, dan rumus rank di Excel. Pada kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana penggunaan rumus ranking pada Microsoft Excel.

Fungsi rank sendiri dihadirkan oleh Excel guna menentukan suatu peringkat sebuah nilai dalam sekelompok nilai angka. 

Sebelumnya anda harus mengetahui bahwa setiap windows memiliki fungsi rumus rank yang berbeda – beda. Untuk versi windows 2010, fungsi Excel yang digunakan adalah RANK.EQ dan RANK.AVG sedangkan versi 2007 tidak mengenali fungsi tersebut.

Kemudian jangan lupa memasukkan format benar pada cell yang terletak di spreadsheet supaya tidak terjadi kesalahan saat melakukan perhitungan. 

Sebelum melakukan perhitungan anda harus memperhatikan beberapa hal dengan teliti, terlebih dalam menggunakan rumus rank, diantaranya : 

  • Referensi 

Merupakan kumpulan angka dengan bentuk array, daftar angka yang juga difungsikan sebagai suatu acuan pemeringkatan dan merupakan referensi sel.

  • Angka 

Nilai angka yang nantinya akan dicari dalam peringkat atau rangking 

  • [order] 

Berisikan 1 atau 0 yang digunakan sebagai acuan urutan suatu daftar nilai guna menentukan ranking atau peringkat. 

Inilah langkah dalam membuat ranking di Microsoft Excel dengan rumus RANK.AVG : 

Mengenal Rumus Rank Di Excel

RANK.AVG digunakan untuk menentukan ranking atau pengurutan dalam kelompok daftar nilai dengan cara menambahkan hasil rata – rata jumlah pemilik nilai. Data yang dihasilkan dalam membuat ranking menggunakan RANK.AVG berbeda dengan rumus lainnya yang akan memberikan hasil ranking sama dalam nilai yang sama. 

Langkah membuat ranking dengan rumus RANK.EQ : 

Rumus RANK.EQ masih sama seperti keterangan referensi, dan angka pada rumus RANK. Anda dapat memasukkan data yang akan di rangkingkan dengan cara memasukkan rumus misalnya RANK EQ(C2;$C$2;$C$11;0) kemudian enter, maka akan muncul hasil ranking sesuai yang anda harapkan.

Mengenal Rumus Rank Di Excel

Tanda $ yang digunakan dalam rumus perhitungan difungsikan agar range data berubah menjadi absolut sehingga ketika di copy paste tidak akan pindah ke cell yang lain. Itulah beberapa penjelasan mengenai rumus rank dalam Microsoft Excel yang dapat anda terapkan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 + 20 =