√ Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

6 min read

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

Ukuran kertas F4 di Indonesia memang begitu diminati oleh banyak pihak, baik perorangan, perusahaan, maupun suatu lembaga. Ukuran kertas ini banyak dipakai sebagai kertas untuk menampung tulisan yang berhubungan dengan administrasi ataupun tulisan tertentu.

Lantas, bagaimanakah cara yang tepat untuk menentukan setting ukuran pada kertas tersebut? Untuk lebih jelasnya, mari simak saja ulasannya pada artikel berikut.

Apa sih sebenarnya kertas F4 itu?

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa pada dasarnya ukuran kertas F4 dan kertas folio adalah hal yang sama. Sebenarnya ada beberapa macam ukuran kertas, namun kertas folio atau F4 lebih banyak digunakan oleh orang Indonesia.

Kertas F4 umumnya bisa digunakan untuk media print tulisan dari komputer ataupun laptop. Tulisan pada kertas folio bisa berupa data administrasi, karya ilmiah, maupun jenis tulisan lainnya.

Pada dasarnya, ukuran kertas secara internasional memiliki standar ISO, semisal kertas dalam seri A, B, C, maupun R. Standar tersebut mempunyai suatu ukuran turunan, seperti kertas ukuran A0, A1, A3, A4, dan lain sebagainya. Sementara itu, khusus kertas F4 tidak mempunyai suatu turunan.

Itulah sebabnya Anda tidak bisa menemukan ukuran kertas F4 saat membuka Ms. Word maupun Ms. Excel pada laptop maupun komputer Anda. 

Sebenarnya, keberadaan jenis kertas F4 di pasaran adalah karena permintaan masyarakat yang tinggi akan jenis kertas ini. Jika Anda menggunakan aplikasi lain di laptop, seperti coreldraw ataupun adobe photoshop maka Anda juga tidak akan menemukan ukuran kertas F4.

Maka dari itu, supaya bisa menggunakan ukuran kertas khusus F4, maka Anda harus melakukan setting secara manual.

Kiat Setting Ukuran Kertas F4 di Word

Apabila Anda ingin melakukan setting ukuran kertas F4 di Microsoft Word, maka Anda dapat melakukan beberapa tahapan, seperti berikut:

  • Silahkan Anda buka aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu pada laptop maupun komputer Anda.

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

  • Klik menu Layout, kemudian Anda klik menu Size. 
  • Setelah itu, akan muncul menu drop down. Anda pilih saja bagian menu yang terbawah, yaitu menu More Pages Sizes.

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

  • Berikutnya, Anda dapat mengisi kolom ukuran dengan ketentuan, seperti Width (lebar) 21 cm, sedangkan Height (tinggi) adalah 33 cm.
  • Di bagian kolom Apply to, silahkan Anda pilih opsi Whole Document. Hal ini penting supaya setting ukuran kertas F4 yang baru saja Anda buat bisa aktif di semua halaman Ms. Word.

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

  • Coba Anda klik Ok.
  • Proses setting kertas F4 pun selesai sehingga Anda bisa melakukan print terhadap tulisan yang baru saja Anda ketik di laptop maupun komputer.

Tahapan Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm

Ukuran kertas F4 dalam satuan cm (centimeter) adalah 21,0 x 33,0 cm. Dalam Ms. Word biasanya settingan ini belum tersedia secara otomatis sehingga Anda tinggal setting saja opsi ukuran kertas khusus F4 dalam cm.

Cara Setting Ukuran kertas F4 dalam Inch

Apabila Anda menginginkan ukuran kertas F4 dalam satuan inch atau inci, maka patokan ukuran yang benar adalah 8,27 x 12.99 inch. Negara lain ada yang menggunakan kertas untuk keperluan administrasi dan urusan lainnya dalam ukuran kertas F4 yang satuannya inci. 

Adanya perbedaan ukuran kertas F4 baik dalam satuan cm, mm, maupun inci sebenarnya tidak begitu menjadi masalah.. Ini hanyalah soal selera dari masing-masing bangsa ataupun negara. Maka dari itulah, pada aplikasi Ms. Word disediakan berbagai macam ukuran jenis kertas sehingga Anda bisa memilih ukuran tersebut secara otomatis.

Tips Setting Ukuran kertas F4 dalam Mm

Selanjutnya, apabila Anda ingin menggunakan kertas F4 dalam ukuran mm (milimeter), maka ukuran yang benar adalah 210 x 330 mm. Ukuran ini pada kenyataannya lebih banyak apabila dibandingkan dengan ukuran kertas F4 dalam satuan yang lain.

Cara Setting Ukuran kertas F4 dalam Pixel

Bagi orang awam, satuan pixel biasanya terdapat pada suatu foto dan terkadang dikaitkan dengan kualitas kamera. Padahal, sebenarnya satuan pixel juga bisa berlaku pada berbagai macam kertas pada MS. Word, seperti kertas legal maupun kertas F4. Ukuran pada kertas F4 bisa saja dalam satuan yang berbeda, seperti cm, mm, inci, hingga pixel.

Untuk kertas F4 dalam pixel, besarnya akan sangat tergantung pada tingkat DPI (Dots Per In) yang Anda pakai. DPI merupakan jumlah titik warna pada setiap inchi. Dots yang muncul dalam grafis laptop maupun komputer Anda adalah titik warna yang Anda kenal sebagai satuan pixel. Berikut adalah beberapa ukuran pada kertas F4 dalam satuan pixel:

  • Bila ukuran pada kertas F4 adalah 72 DPI, maka lebarnya adalah 595 px dan tingginya adalah 935 px.
  • Bila ukuran pada kertas F4 adalah 96 DPI, maka lebarnya adalah 793 px dan tingginya adalah 1247 px.
  • Bila ukuran pada kertas F4 adalah 150 DPI, maka lebarnya adalah 1240 px dan tingginya adalah 1948 px.
  • Bila ukuran pada kertas F4 adalah 300 DPI, maka lebarnya adalah 2481 px dan tingginya adalah 3897 px.

Petunjuk Setting Ukuran kertas F4 di Word 2010

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa dari waktu ke waktu, perusahaan Microsoft selalu membuat varian baru dari Windows, seperti Windows 2007, 2008, 2010, 2013, dan lainnya. Bagi Anda yang ingin melakukan setting kertas F4 di Ms. Word 2010, maka Anda bisa mengikuti beberapa pentunjuknya yang benar, seperti berikut:

  • Silahkan Anda buka aplikasi Ms. Word 2010 pada komputer atau laptop Anda terlebih dahulu.
  • Jika sudah terbuka, silahkan anda klik tab Page Layout.

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

  • Selanjutnya, klik menu Size, lalu pada menu size, silahkan Anda klik opsi More Paper Sizes.
  • Pada tampilan jendela Paper Size, silahkan Anda ganti ukuran kertas dengan ketentuan, seperti ukuran Width (lebar kertas), 8,5 inci atau 21,59 cm. Sementara itu, untuk ukuran Height (tinggi kertas), Anda bisa menggunakan ukuran 13 inci atau 33,03 cm.

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

  • Berikutnya, klik saja Ok dan Anda pun sudah bisa menggunakan ukuran kertas F4 untuk urusan administrasi Anda. Selamat mencoba!

Cara Setting Ukuran kertas F4 di Excel

Tahukah Anda bahwa sebenarnya kertas F4 juga bisa di setting secara permanen di Ms. Excel? Ya, hal ini karena pada umumnya tidak ada settingan kertas F4 dalam Ms. Excel tersebut sehingga bila Anda ingin menggunakannya, maka Anda harus melakukan setting secara manual. Ms. Excel merupakan varian lain dari Ms.

Word yang fungsinya digunakan untuk menulis data atau informasi penting yang berhubungan dengan angka atau jumlah suatu hal tertentu. Adapun beberapa cara untuk melakukan setting kertas F4 di Ms. Excel, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda download terlebih dahulu aplikasi Foxit Reader. 

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

  • Jika sudah Anda download, silahkan Anda install aplikasi tersebut dengan mengikuti beberapa petunjuk dari aplikasi itu.
  • Silahkan Anda buka aplikasi Ms. Excel pada laptop atau komputer Anda. 
  • Coba Anda klik menu File.

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

  • Klik Print, kemudian Anda klik opsi Driver Printer. Selanjutnya, Anda klik Foxit Reader PDF Printer.
  • Setelah itu, silahkan Anda klik Printer Properties.
  • Selanjutnya, akan muncul tampilan jendela Properti Foxit Reader PDF Printer. 

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

  • Coba Anda klik tab Layout, kemudian pada opsi Unit of Metrics, silahkan Anda pilih centimeter.
  • Berikutnya, silahkan Anda coba klik Custom Page Size.

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

  • Sesudah itu, akan muncul tampilan jendela Custom Page Size, dan silahkan Anda klik opsi Add.
  • Pada tampilan jendela Add/Edit Custom Page Sizes, silahkan Anda setting ukuran kertas dengan ketentuan, seperti Width (lebar kertas) 21.59, sedangkan Height (tinggi kertas) 33 cm. Selanjutnya, klik saja Ok.

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

  • Silahkan Anda klik opsi Ok selama dua kali pada setiap tampilan jendela yang muncul.
  • Coba Anda cek keberhasilan dari aplikasi ini dengan cara klik tombol Back yang ada pada bagian pojok kiri layar bagian atas supaya menuju tampilan awal Ms. Excel.

Cara Jitu Setting Ukuran kertas F4 dalam Cm, Inci, Pixel

  • Klik opsi tab Page Layout, kemudian Anda klik kota kecil di bagian bawah menu Page Setup, lalu periksa menu drop down tentang berbagai macam pilihan ukuran kertas. Jika aplikasi ini berhasil, maka Anda akan menemukan ukuran kertas F4.
  • Jika Anda ingin print kertas pada Ms. Excel dengan menggunakan ukuran kertas F4, maka Anda tinggal memilih ukurannya, kemudian klik Ok.

Perbandingan Ukuran Kertas F4 dengan Jenis Kertas Lainnya

Perlu Anda ketahui bahwa ukuran kertas F4 atau folio ini banyak digunakan oleh masyarakat di negara Asia Tenggara, seperti Indonesia. Sementara itu, di negara lain seperti Amerika Serikat, masyarakatnya sering menggunakan ukuran kertas jenis legal dan letter sehingga sering disebut juga dengan US Paper Size.

Itulah sebabnya, komputer maupun laptop buatan Amerika Serikat sering menggunakan settingan Us Paper Size tersebut, terutama dalam aplikasi Ms. Word. Berikut adalah perbandingan ukuran kertas F4 jika dibandingkan dengan kertas yang lain:

  • Ukuran kertas legal mempunyai ukuran lebar x tinggi, yaitu 215,9 x 355,6 mm, 21,59 x 35,56 cm, dan 8,5 x 14 inci.
  • Ukuran kertas letter mempunyai ukuran lebar x tinggi, yaitu 215,9 x 79,4 mm, 21,59 x 27,94 cm, dan 8,5 x 14 inci.
  • Ukuran kertas A4 mempunyai ukuran lebar x tinggi, yaitu 210 x 297 mm, 21,0 x 29,7 cm, dan 8,27 x 12,99 inci.
  • Ukuran kertas F4 mempunyai ukuran lebar x tinggi, yaitu 210 x 330 mm, 21 x 33 cm, dan 8,27 x 12,99 inci.
  • Ukuran kertas junior legal mempunyai ukuran lebar x tinggi, yaitu 127 x 203 mm, 12,7 x 20,3 cm, dan 5 x 7.99 inci.
  • Ukuran kertas half letter mempunyai ukuran lebar x tinggi, yaitu 215,9 x 355,6 mm, 139 x 21,59 cm, dan 5,5 x 8,5 inci. 

Beberapa Kegunaan Kertas F4 dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika Anda cermati dengan lebih teliti lagi, ukuran kertas khusus F4 polos (kertas HVS) dengan kertas folio bergaris adalah sama. Itulah sebabnya banyak orang yang menamakan kertas F4 dengan sebutan kertas folio.

Penggunaan kertas F4 bisa digunakan untuk foto kopi dokumen tertentu maupun sebagai media print tulisan berharga di suatu perusahaan ataupun lembaga tertentu.

Sementara itu, untuk kertas folio bergaris, biasanya dipakai oleh para siswa yang sedang mengerjakan tugas, para calon CPNS yang mengharuskan menulis lamaran pekerjaan dalam kertas folio bergaris, mencatat hasil diskusi ataupun rapat secara tertulis, menulis agenda penting perusahaan atau lembaga, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Kertas F4 dengan Gramasi yang Bagus

Supaya kualitas hasil print tulisan bagus, pastinya Anda harus bisa memilih kertas F4 yang bagus. Hal ini penting untuk Anda lakukan, apalagi jika Anda akan melakukan print tulisan dengan jumlah halaman yang banyak. Adapun beberapa cara untuk memilih kertas F4 yang bagus, di antaranya adalah sebagai berikut:

Pilihlah Merk Kertas F4 yang Berkualitas

Ada banyak produsen yang menjual kertas F4 di pasaran. Namun, sebaiknya Anda pilih merk kertas F4 yang produknya sudah terjamin. Sebab, terkadang harga kertas F4 yang dijual murah tidak sebanding dengan kualitas hasil tulisan saat dilakukan proses print tulisan.

Perhatikan Tingkat Gramasi dari Kertas F4

Hal berikutnya yang mempengaruhi kualitas kertas adalah pemilihan tingkat gramasi dari kertas F4 itu sendiri dan sering dikenal dengan istilah GSM kertas. Anda bisa memilih kertas F4 dengan beberapa kadar gramasi, seperti berikut:

  • Kertas F4 dengan kadar gramasi 60 GSM, yang biasanya digunakan untuk fotokopi.
  • Kertas F4 dengan kadar gramasi 70 GSM, juga digunakan untuk kertas foto kopi dengan kadar gramasi yang lebih tinggi.
  • Kertas F4 dengan kadar gramasi 80 GSM, yang biasanya dipakai untuk melakukan print suatu dokumen tulisan.

Perbedaan antara Kertas F4 dengan Kertas Legal

Banyak orang yang penasaran tentang perbedaan antara kertas legal dan kertas F4. Hal ini karena saat menggunakan Ms. Word maupun Ms. Excel, settingan yang muncul secara otomatis saat proses printing adalah ukuran kertas legal. Sebenarnya, perbedaan tersebut terletak dari segi dimensi, yaitu ukuran lebar dan tinggi kertas.

Pada kertas legal, ukuran dimensinya adalah 21,59 cm x 35.56 cm. Selisih antara kertas legal dan kertas F4 itu sendiri adalah 2,54 cm sehingga jika Anda lihat ukuran kertas legal lebih panjang jika dibandingkan dengan kertas F4. Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan ukuran kertas legal, maka bisa saja Anda mengalami kebingungan.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin melakukan print dengan dimensi kertas F4, sebaiknya Anda lakukan setting secara manual terlebih dahulu.

Demikianlah penjelasan tentang berbagai cara untuk menentukan ukuran kertas F4. Silahkan Anda pilih sendiri cara setting kertas F4 yang paling Anda minati. Jangan lupa untuk memeriksa dengan teliti setiap ukuran pada kertas supaya sesudah di-print hasilnya bisa memuaskan.

Di samping itu, dengan banyaknya variasi ukuran pada kertas F4 yang bisa dikonversikan ke dalam ukuran yang lain, maka dapat melancarkan pemasaran kertas untuk masa yang lumayan lama. Hal ini akan memungkinkan produksi kertas diproduksi dalam jumlah banyak dan bisa dijual ke luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 − 18 =