3 min read

Webcame akan memungkinkan para pengguna komputer untuk merekam secara real time, setelah itu menyebarkannya ke publik dengan jaringan internet yang ada. Perangkat mungil canggih yang satu ini cukup dengan dipasang pada atas monitor.

Dengan adanya webcam ini juga Anda bisa memperlihatkan gambar Anda pada banyak orang melalui internet, dengan bantuan aplikasi. Anda harus tahu cara setting webcam logitech C922 jika sudah paham mengenai webcam tersebut.

Webcam logitech C922 adalah salah satu webcam yang terlaris yang hingga saat ini banyak sekali jumlah penggunanya, dan biasanya dipakai untuk melakukan streaming baik pada Youtube maupun Twitch. Kamera yang dihasilkan dari webcam ini juga cukup bagus, dengan gambar yang bersih dan jernih.

Spesifikasi pada Webcam Logitech C922

Webcam ini hampir serupa dengn kamera digital tetapi agak sedikit berbeda karena webcam dirancang khusus, untuk memproses foto yang cukup kompleks dan bisa diupload dengan mudah pada situs di internet secara langsung. Berikut ini spesifikasi yang terdapat pada webcam logitech C922:

  • FHD 1080p pada 30 fps atau HD 720p pada 60 fps
  • Bisa digunakan pada Android dan Chrome
  • Ukuran bidang pandang diagonalnya 78o
  • Sudah termasuk dengan tripod yang disesuaikan
  • Perubahan pada latar belakangnya juga bisa disesuaikan
  • Memiliki tipe mikrofon Stereo Ganda Omnidirectional
  • Terdapat fitur koreksi cahaya rendahnya yang otomatis

Cara Setting Webcam Logitech C922 agar Lebih Jernih dengan Hasil Video yang Bagus

Cara Setting Webcam Logitech C922 yang Efektif

Ketika Anda menggunakan webcam pada komputer atau laptop Anda, maka Anda harus tahu dan paham bagaimana cara setting webcam logitech C922 tersebut. Agar hasil videonya bagus dan juga jernih.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh dalam melakukan setting webcam logitech C922 tersebut, diantaranya yaitu:

  • Pertama-tama dalam melakukan setting ini Anda akan membutuhkan aplikasi OBS Studio. Anda bisa mendownload aplikasi dahulu secara free. OBS Studio merupakan salah satu jenis aplikasi yang bisa dipakai oleh siapapun. Biasanya aplikasi tersebut digunakan oleh para streamer misalnya pada streaming game online. Namun Anda juga bisa menggunakannya untuk merecord dekstop secara offline.
  • Jika sudah maka install aplikasinya seperti biasa dan colokkan webcam C922 pada slot USB baik di PC maupun laptop. Barulah Anda menjalankan aplikasi OBS Studio tersebut. Sebaiknya Anda menjalankan aplikasi ini dengan izin administrator dengan cara mengklik kanan pada icon OBS lalu klik Run As Administrator.
  • Jika OBSnya sudah terbuka maka fokus saja pada panel yang berada di bawah layar utama. Nantinya akan ada beberapa bagian yaitu Sources, Scene Transitions, Scenes, Controlls, dan Mixer.
  • Di bagian Scenes harus dibuatkan satu scene barunya dengan cara menekan tombol + yang berada di pojok kiri. Misalnya saja Anda ingin membuat video tutorial dengan merekam dekstop dan juga webcam dengan nama tutorial. Intinya di bagian scenes ini menjadi wadah untuk beragam elemen yang direkam atau stream.
  • Kemudian pada bagian Sourcesnya klik tombol + dan pilih juga Video Capture Device. Nantinya akan ada jendela baru karena penambahan webcam logitech C922 ini baru dilakukan pertama kali. Lalu pilihlah Create New setelah itu aktifkan Make source visible dan klik OK.
  • Hasil dari tangkapan webcamnya pun muncul pada layar yang dimana di bagian bawahnya terdapat panel lagi. Yang masih harus Anda setting supaya hasil videonya bagus serta sesuai dengan kebutuhan.
  • Perhatikan juga panel yang ada di bawah video, dan sesuaikan resolusi video yang bagaimana yang Anda inginkan. Untuk tipe webcam logitech C922 tersebut akan menghasilkan video yang maksimal ukuran resolusinya yaitu 720p/60fps serta 1080p/30 fps.
  • Jika webcamnya dipakai untuk streaming game maka gunakan resolusi 480p/30fps atau bisa juga resolusi 720p/30fps. Jika Anda tidak memerlukan ukuran video yang penuh maka gunakan saja resolusi yang kecil.
  • Setelah itu aktifkan opsi Deactivate when not showing. Yang dimana tujuannya adalah pada saat Anda berpindah scene, maka fungsi webcamnya akan terlihat pada scene yang baru. Karena jika tidak diaktifkan maka kameranya hanya akan menyangkut pada scene yang lama, dan tak akan ada di scene yang baru.

Cara Menyesuaikan Fitur Video dari Webcam untuk Menghasilkan Gambar yang Sesuai dengan Keinginan

Cara Setting Webcam Logitech C922 yang Efektif

Masih berada pada panel yang sama, maka Anda harus memilih Configure Video. Nantinya akan muncul tampilan panel yang di bagian White Balancenya mematikan opsi Audio. Setelah itu naikkan nilainya sampai pada kisaran 4500.

Kemudian bagian Contrast dengan Brightnessnya dapat dinaikkan lagi sedikit, tetapi jangan sampai terlalu tinggi supaya gambarnya tidak terlalu buram/terang. Pada bagian saturation dapat dinaikkan sedikit saja apabila warna kulit terlihat pucat. Pilih nilai yang paling bagus, tidak terlalu merah, dan tidak terlalu pucat.

Bagian sharpnessnya juga dinaikkan sedikit supaya gambarnya tidak blur dan lebih tajam. Lalu masuk pada bagian Camera Control dengan pengaturan yang disesuaikan. Cara setting webcam logitech C922 sudah selesai dilakukan, tetapi hasil gambarnya belum maksimal. Jika dicoba untuk dicerahkan lagi maka hasil gambarnya pun akan lebih aneh.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menambah filter di video, yang di bagian panel utamanya bisa ditambahkan filter dengan cara mengklik kanan webcam C922. Nantinya akan muncul dua buah tab yaitu Effect Filters dan juga Video/Audio Filters.

Anda juga akan menambahkan effect filter supaya hasil videonya menjadi lebih cerah. Selanjutnya klik tombol + yang ada di effect filter dan pilih Color Correction.

Jika ingin menambahkan tingkat kecerahannya lagi, maka tambahkan nilai gammanya menjadi 1. Dan sesuaikan juga saturation dengan kecerahan sampai memperoleh gambar yang cerah tapi masih natural. Anda bisa melihat perbedaannya diantara video yang belum dan sudah diberi filter.

Bisa juga disiapkan dua buah settingan yaitu untuk siang dan untuk malam karena pencahayaan pada tempat Anda merekam tidak akan sama.

Anda juga harus melakukan penyesuaian sedikit saja pada filternya setiap saat Anda akan membuat video. Fitur dan kemampuan pada setiap tipe dan merk webcam tentu berbeda-beda.

Ada beberapa tipe webcam yang hanya dapat menangkap gambar diam dalam waktu 30 detik saja, tapi ada juga yang memberi fitur video streaming yang dimana kecepatan gambarnya sampai 30 gambar setiap detik.

Webcam juga sudah banyak digunakan dan mudah ditemukan, jadi Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan webcam. Pengaturan pada setiap perangkat juga tidak sama, sehingga Anda harus tahu bagaimana cara setting di masing-masing perangkat tersebut.

Atau cara setting pada berbagai tipe webcam itu sendiri. Karena banyak juga tipe dan merk webcam yang ada saat ini. Seperti misalnya pada cara setting webcam logitech C922 yang harus dilakukan dengan langkah yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nine + seven =