√ Ukuran Kertas A3

3 min read

Ukuran Kertas A3

Salah satu keperluan dalam bidang percetakan khususnya untuk ukuran kertas A3 umumnya dipakai dalam berbagai keperluan. Berbagai kebutuhan mulai dari untuk kertas poster, kertas seni, kertas brosur, kertas piagam, buku gambar dan lain-lain.  

Membahas tentang seputar kertas, tentu saja terdapat banyak benda yang memakai bahan dasar kertas ini. Beberapa Contohnya seperti tas kertas, nota catatan, buku, dan benda lainnya banyak tersedia dan kita lihat memiliki bahan dasar kertas. 

Pengertian dari ukuran kertas sendiri yaitu panjang dan lebar sebuah kertas dengan berbagai satuan, mulai dari milimeter (mm), centimeter (cm), inchi, maupun ukuran pixel. Untuk ukuran kertas A3 sendiri, ada yang mengikuti ukuran kertas standar internasional yang berdasarkan iso baik itu standar kertas pada ISO 216 atau ISO A. 

Banyak yang dipakai dalam standar internasional yang umum atas dasar iso yaitu kertas dengan ukuran seri A. Beberapa contohnya misal A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, atau A10. Berikut ini merupakan ukuran kertas seri A yang didasarkan atas standar ISO 216, yang memenuhi standar sebagai berikut yaitu:

  1. Ukuran panjang dibagi dengan lebar adalah 1,4142 atau merupakan akar kuadrat angka 2.
  2. Ukuran kertas A0 memiliki luas 1 meter persegi.
  3. Setiap ukuran A(n) akan didasarkan sebagai A(n-1) dibagi angka 2. Dimana, di garis bagi lebarnya sejajar. Contohnya adalah misalkan kertas A4 mempunyai ukuran setengah dari kertas A3. 
  4. Untuk standar panjang ataupun lebar, akan dibulatkan sesuai dengan angka yang paling dekat milimeternya.

Untuk Anda yang mungkin tertarik ingin membuka bisnis bidang percetakan atau berkaitan dengan kertas, tentu harus memahami dengan jelas masing-masing kertas. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai hal tersebut dan diharapkan kedepannya anda mampu membedakan setelah menyimak penjabaran yang kami berikan.

Ukuran dalam satuan milimeter (mm)

Ukuran Kertas A3

Untuk kertas A3 yang diukur dalam satuan milimeter, maka menurut standar ISO 216 adalah berukuran 297 mm x 420 mm.

Ukuran dalam satuan centimeter (cm)

Kertas A3 yang dijadikan ukuran cm, menurut standar yang sudah ditetapkan iso 216 adalah memiliki ukuran 29,7 cm x 42 cm.

Ukuran kertas dalam satuan inch (inchi)

Ukuran kertas A3 yang diturunkan dalam satuan inchi, menurut standar ISO 216 akan memiliki ukuran seluas 11,69 inci x 16,54 inci. 

Ukuran kertas dalam satuan pixel

Kertas A3 sendiri punya ukuran baik dalam satuan pixel (pixels) ISO 216. Ukurannya sendiri adalah 842 piksel x 1191 pixel.

Ukuran kertas dalam aplikasi Photoshop

Ukuran kertas A3 pada aplikasi Photoshop, biasanya memakai ukuran pixel. Adapun ukuran tersebut kurang lebih sekitar 2339 piksel x 3308 pixel.

Membuat layout ukuran kertas A3 di Microsoft word

Dalam membuat layout kertas A3 di Microsoft word, ada beberapa langkahnya. Bukalah Microsoft word dan kemudian cari menu page layout.  Biasanya, kemudian carilah page layout yang ada di menu , kemudian pilih size.

Selanjutnya, Anda bisa memunculkan seluruh bagian kemudian menggerakkan kursor ke bawah, yang kemudian Anda bisa menemukan A3. Apabila memang tidak menemukannya, Anda bisa pilih “more paper size”. Anda bisa input ukuran kertas A3 yang sudah dijelaskan dan kemudian klik ok.

Cara setting ukuran kertas A3 pada printer

 Dalam melakukan pengaturan ukuran kertas A3 pada printer, secara umum langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  • Klik menu start ataupun icon windows yang terletak pada sudut kiri bawah.
  • Selanjutnya, pilih menu device and printer, dan selanjutnya anda akan bisa masuk ke perangkat printer di mana yang tersedianya.

Ukuran Kertas A3

  • Berikutnya, carilah printer yang umumnya dipakai kemudian klik kanan gambarnya. Selanjutnya, pilihlah printing preferences.
  • Selanjutnya setelah menu printer sudah dibuka, maka coba cari size kemudian pilih ukurannya. Selanjutnya, pilih user-defined atau custom size, yang biasanya berada pada bagian paling bawah.

Ukuran Kertas A3

  • Cari dan isikan ukuran sesuai yang dikehendaki dalam kotak yang ingin anda tampilkan. Selanjutnya pilih OK, dan anda sudah selesai melakukan pengaturan.

Pemakaian ukuran kertas A3 dalam kehidupan sehari-hari

Kertas ukuran a3 sering dipakai untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh pemakaiannya ;

Dipakai sebagai kertas desain

Karena ukuran kertas A3 dinilai cukup besar, maka tidak mengherankan jika banyak dipakai dalam pembuatan desain oleh para arsitek. Dengan demikian, gambar bisa kelihatan lebih jelas dan detail yang dibuat juga semakin mudah untuk dipahami.

Apabila Anda juga punya pekerjaan maupun hobi dalam hal desain grafis, bisa memakai kertas A3 untuk media gambarnya. 

Dipakai untuk membuat karya seni unik

Kertas A3 juga banyak dipakai untuk membuat karya seni yang unik. Apabila anda memiliki ketebalan kertas yang sesuai, sejumlah karya yang bernilai estetik bisa dibuat dari kertas ini. 

Contohnya, Anda bisa membuat karya seni origami 3 dimensi yang punya kesulitan tinggi dan membutuhkan kertas yang berkualitas dan kuat. Disamping itu, kertas A3 juga bisa dipakai untuk sejumlah hal dan peluang bisnis yang cukup bagus.

Dipakai untuk membuat kartu

Kertas ukuran a3 juga kerap kali sebagai bahan untuk membuat karya unik, contohnya untuk membuat kartu. Sejumlah kartu unik contohnya undangan pernikahan, poster, pamflet, dan lain sebagainya. Selain itu kompak sering dipakai dalam membuat laporan pekerjaan oleh pegawai atau bisa juga para pelajar.

Dipakai Sebagai media kemasan

Saat kertas A3 baru sudah tidak digunakan lagi banyak yang menggunakan kertas A3 yang telah digambar atau tercoret sebagai wadah kemasan. Misalnya pada penjual kacang yang membuat A3 jadi kemasan barang dagangannya. Banyak juga pemanfaatan lain kertas A3 yang digunakan sebagai media kemasan.

Ciri Kertas yang bagus

Ukuran Kertas A3

Terdapat juga beberapa ciri-ciri kertas yang bagus. Pertama, kertas yang bagus tentu tidak memiliki goresan goresan yang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Apa yang tercoret di kertas tersebut memang benar-benar yang diinginkan.

Kedua, kertas yang bagus akan juga dipakai sebagai alternatif di samping untuk tujuan utamanya. Contohnya, sebuah kertas A3 yang tidak lagi dipakai maka bisa didaur ulang kemasan lain. 

Ketiga, kertas yang bagus harus berasal dari kayu yang berkualitas. Pemakaian kertas jumlahnya juga harus dikendalikan dan jangan sampai dibuang atau boros. Persib dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam pemanfaatan kertas, menjadi hal yang perlu dilakukan.

Kesimpulannya, ukuran kertas A3 memang telah banyak dipakai oleh orang-orang di kehidupan. Berbagai fungsi yang cukup penting dan menunjang bisa membuat para penggunanya merasa kemudahan saat memanfaatkan ukuran kertas A3.

Denganmu referensi yang semakin banyak terkait kertas A3 juga harapannya bisa memberikan ide bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha terdekat yang mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 − twelve =