1 min read

Kertas merupakan benda yang biasa kita gunakan sehari-hari. Kertas tersedia dalam berbagai ukuran. Anda pasti mengenal kertas A5, A4, A3 dan sebagainya bukan?

Semuanya memiliki ukuran standarnya sendiri loh. Penasaran? Yuk simak ukuran kertas A5 standar Internasional berikut ini.

Ukuran Kertas A5

Ukuran kertas secara umum didefinisikan sebagai panjang dan lebar suatu kertas dalam satuan tertentu seperti mm (milimeter), cm (centimeter) maupun ichi (inci). ISO (International Organization for Standardization) mengeluarkan beberapa seri untuk ukuran standar kertas termasuk kertas seri A.

Dalam kertas seri A, terdapat ukuran A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10 dan lainnya. Kali ini, pembahasan aan fokus pada ukuran kertas A5.

Kertas seri A bisa diukur dengan membagi 2 (atau separuh ukuran kertas) dari dimensi sebelumnya. Misalnya adalah ukuran kertas A5 adalah setengah dari ukuran kertas A4, dan ukuran kertas A4 adalah setengah dari ukuran kertas A3 dan seterusnya. Berikut adalah ukuran kertas A5 menurut standar Internasional dalam berbagai satuan:

  1.   Satuan mm

Dalam satuan mm atau milimeter, ukuran kertas A5 adalah 148 x 210 mm.

  1.   Satuan cm

Dalam satuan cm atau centimeter, ukuran kertas A5 adalah 14,8 x 21,0 cm.

  1.   Satuan inci

Dalam satuan inci atau inch, ukuran kertas A5 adalah 5,83 x 8,27 inci.

Kegunaan Kertas A5

Meskipun jarang digunakan untuk dokumen, kertas A5 termasuk salah satu ukuran kertas yang sering anda temui sehari-hari loh.

Ukuran kertas yang satu ini sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Kertas ukuran A5 sering digunakan sebagai bahan untuk membuat buku catatan atau biasa anda sebut block note.

Ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan kertas A4 akan membuatnya lebih mudah dibawa dan cenderung efisien.

Selain digunakan untuk membuat block note, ukuran kertas A5 juga sering digunakan untuk membuat kalender duduk. Kertas A5 juga seringkali anda temui ketika membuat booklet atau brosur promosi.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap tentang kertas, ukuran kertas A5 standar internasional dan lainnya. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Sejarah Kertas

Menulis adalah naluri alamiah manusia yang dilakukan sejak zaman sebelum masehi. Apalagi dengan perkembangan bahasa yang mereka lakukan sehari-hari, tentu hal ini mempengaruhi pemikiran mereka untuk menuliskan sesuatu.

Di zaman mesir kuno, manusia mulai menulis pertama kali sekitar tahun 3500 SM (Sebelum masehi). Manusia awalnya menulis pada media papyrus (tanaman air di Mesir) kemudian mulai berevolusi menjadi penulisan diatas kayu dan bambu.

Kemudian pada tahun 101 Masehi, Negeri China mulai menemukan teknik pembuatan kertas dengan menggunakan bahan yang banyak ditemukan di sana yaitu bambu.

Cara pembuatan kertas itu pun menyebar ke benua Asia bahkan ke Indonesia dengan bukti adanya wayang yang terbuat dari kulit kayu pada abad ke 7 di masa kerajaan Sriwijaya. Pembuatan kertas juga mulai menyebar di Negara Arab setelah Bani Abbasiyah berperang melawan Dinasti Tang.

Teknik pembuatan kertas secara modern mulai dikembangkan sekitar tahun 1799 oleh Nicholas Louis Robert. Seorang berkebangsaan Prancis ini mulai membuat lembaran kertas dalam satu tempat yang diaturnya untuk bergerak searah menggunakan mesin yang sekarang disebut dengan mesin Fourdrinier.

Mesin ini menghasilkan kertas dengan ketebalan, ukuran dan kualitas yang sama. Pembuatan kertas pun semakin berkembang sehingga anda mengenal kertas yang sehari-hari anda gunakan sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen − seven =