√ Macam-Macam Ukuran Kertas Origami

57 sec read

Macam-Macam Ukuran Kertas Origami

Kertas origami adalah kertas yang biasa digunakan untuk kesenian melipat menjadi berbagai bentuk yang disesuaikan. Ukuran kertas origami beragam tergantung merk kertas. Berikut beberapa ukuran kertas origami yang beredar di Indonesia.

Sebenarnya, tidak ada ukuran kertas origami standar di Indonesia, ukurannya beragam bergantung pada merek kertas yang memproduksinya. Berikut beberapa ukuran kertas origami yang umumnya dijual di Indonesia:

  1. Kertas origami ukuran 1 x 25 cm
  2. Kertas origami ukuran 10 x 10 cm
  3. Kertas origami ukuran 12 x 12 cm
  4. Kertas origami ukuran 14 x 14 cm
  5. Kertas origami ukuran 15 x 15 cm
  6. Kertas origami ukuran 16 x 16 cm
  7. Kertas origami ukuran 20 x 20 cm
  8. Kertas origami ukuran 25 x 25 cm
  9. Kertas origami ukuran 30 x 30 cm

Selain ukuran 1 x 25 cm, semua kertas origami berbentuk persegi (square) dengan ukuran panjang dan lebar yang sama.

Untuk ukuran kertas origami yang 1 x 25 sm, biasanya digunakan untuk membuat origami berbentuk bintang sehingga anda tidak perlu lagi menggunting kertas. Ketebalan dari kertas origami juga beragam, namun biasanya hanya berkisar dari 70 gsm hingga 120 gsm.

Cara Memilih Kertas Origami

Macam-Macam Ukuran Kertas Origami

Perhatikan Jenis Kertas

Kertas origami sendiri memiliki banyak jenis karena terbuat dari jenis kertas yang berbeda, ada yang dari kertas duo paper, foil paper, washi hingga kertas glitter. Perhatikan jenis kertas origami yang akan gunakan sebelum anda membelinya.

Pertimbangkan Ukuran, Ketebalan, Warna dan Motif

Seperti sudah dijelaskan diatas, kertas origami memiliki ukuran, ketebalan dan warna yang beragam. Pilih kertas origami dengan ukuran, ketebalan dan warna yang sesuai dengan keinginan anda. kertas origami juga biasanya tersedia dalam motif-motif tertentu seperti polkadot, batik atau garis-garis tertentu.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai ukuran kertas origami yang ada di Indonesia dan cara memilihnya dengan tepat semoga penjelasan diatas dapat membantu dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × one =