√ Berapa Ukuran Kertas Polaroid Standar?

1 min read

Berapa Ukuran Kertas Polaroid Standar?

Foto polaroid akhir-akhir ini kembali menjadi trend di masyarakat. Tidak hanya langsung mencetak dari kamera, orang-orang mulai kreatif dengan melakukan pencetakan foto polaroid melalui printer foto dengan menyesuaikan ukurannya. Sebenarnya, berapa sih ukuran kertas polaroid standar? Simak penjelasannya berikut ini.

Ukuran Kertas Polaroid

Ukuran kertas polaroid yang menjadi standar ada 2, yaitu yang berbentuk persegi dan persegi panjang. Seperti yang sudah diketahui, polaroid memiliki area kertas yang tidak tertutupi foto (menyisakan ruang kosong kertas) jadi terdapat ukuran kertas dan ukuran foto yang dicetak.

Untuk yang persegi panjang, ukuran kertas polaroid nya adalah sekitar 4,23 x 3,48 inch atau jika dalam centimeter menjadi 0,75 x 8,85 cm. Untuk ukuran foto yang dicetak dalam bidang kertas adalah 2,89 x 3,57 inci atau sekitar 7,34 x 9,08 cm.

Bagaimana ukuran ini dijadikan standar? Ukuran inci dijadikan standar berdasarkan ukuran kamera polaroid pertama yaitu Polaroid SX-70 yang dibuat mulai tahun 1972 sampai 1981.

Berapa Ukuran Kertas Polaroid Standar?

Ukuran kertas polaroid yang kedua adalah bentuk persegi (square). Ukuran ini muncul berdasarkan jenis kamera Polaroid Image/Spectra yang muncul setelahnya. Ukuran kertas polaroidnya adalah 4,05 x 3,99 inci atau dalam sentimeter menjadi 10,92 x 10,15. Untuk ukuran fotonya yaitu sekitar 2,89 x 3,57 inci atau 7,34 x 9,08 cm.

Saat ini sudah banyak muncul kamera polaroid baru yang tentunya memiliki ukuran yang berbeda dengan ukuran kertas polaroid yang dulu. Jadi, sebenarnya ukuran kertas polaroid tidak bisa distandarkan dan hanya mengikuti produsen kameranya.

Misalnya saja pada jenis kamera Fujifilm Instax Mini 7S ukurannya adalah 2,13 x 3,4 inci atau sekitar 5,4 x 8,6 cm saja. contoh lain adalah kamera Polaroid Snap yang jika mencetak foto hanya bisa pada ukuran 2 x 3 inci atau sekitar 5,08 x 7,62 cm saja.

Jadi, jika memang anda ingin mencetak foto Polaroid anda sendiri, anda bisa memilih ingin ukuran seperti apa sesuai dengan kebutuhan anda. anda juga bisa menyesuaikan bidang kertas yang kosong sesuai dengan keinginan anda.

Nah itulah tadi standar ukuran kertas polaroid yang biasanya digunakan. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 + nine =