√ Cara Video Call WhatsApp di Laptop

1 min read

Cara Video Call WhatsApp di Laptop

Cara video call WhatsApp di Laptop sebenarnya sangat mudah, hanya saja beberapa orang masih kebingungan untuk mencari aplikasinya. Melakukan panggilan video melalui laptop tentu lebih menyenangkan, layar yang terlihat akan lebih luas sehingga lawan bicara akan terasa lebih nyata dan dekat dengan Anda.

Kebutuhan Video Call Semakin Meningkat

Cara Video Call WhatsApp di Laptop

 

Sejak tahun 2020 tepatnya saat pandemic covid-19 mulai menyebar, kebutuhan masyarakat akan video call semakin meningkat. Dikutip dari laman BBC, bahwa pengguna video call mulai meningkat hingga dua kali lipat khususnya di daerah yang terjangkit virus.

Hal tersebut dikarenakan semua orang banyak berdiam diri di rumah, kesempatan untuk bertemu orang-orang tersayang jadi lebih sedikit. Maka dari itu, masyarakat memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk dapat lebih dekat dengan orang tersayang. Itulah yang menjadi alasan mengapa pengguna video call menjadi lebih banyak.

WhatsApp sebagai aplikasi yang menyediakan ruang obrolan, sudah menyediakan fitur panggilan video sejak lama. Jika sebelumnya orang-orang hanya menggunakan video call WhatsApp melalui smartphone, kini mereka banyak menggunakan laptop agar layarnya lebih lebar.

Sebagai salah satu aplikasi messenger terbesar di dunia, WhatsApp kini menambahkan fitur baru untuk panggilan video. Jika sebelumnya kapasitas video call hanya empat orang saja, kini bertambah menjadi delapan orang. Hal ini tentu sangat mendukung berbagai kegiatan virtual seperti rapat, sekolah, atau hanya sekedar ngobrol biasa.

Selain itu, WhatsApp juga telah berkembang dalam bentuk Web atau Desktop. Meskipun tidak memiliki fitur video call secara langsung, Anda masih tetap bisa melakukan video call melalui chat room. Anda bisa mengakses WhatsApp melalui web atau mendownload aplikasinya terlebih dahulu.

Cara Video Call WhatsApp di Laptop

Melalui messenger rooms Anda bisa melakukan panggilan video dengan kapasitas hingga 50 orang. Fitur WhatsApp tersebut kini sudah dapat menyaingi aplikasi Zoom dan Google Meet. Bagi Anda yang belum mengetahui cara video call WhatsApp di Laptop tersebut, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka WhatsApp melalui web atau aplikasi pada laptop.
  • Pada room chat, Anda harus memilih opsi “attach” atau yang berlogo klip kertas di bagian kanan atas.

Cara Video Call WhatsApp di Laptop

  • Kemudian pilih “Room” atau yang berlogo kamera video, yang berada di urutan terakhir.
  • Kemudian akan ada tampilan “Continue in Messenger”.

Cara Video Call WhatsApp di Laptop

  • Anda akan otomatis dialihkan ke forum messenger, kemudian Anda akan diminta untuk login ke akun Facebook atau Messenger.
  • Selanjutnya Anda tinggal membuat ruang video dan menyebarkan linknya ke rekan-rekan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa aplikasi WhatsApp merupakan satu perusahaan dengan Facebook. Maka dari itu kedua aplikasi ini saling terhubung, dan jika ingin menggunakan fitur panggilan video dengan kapasitas 50 orang, Anda harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu. 

Namun jika Anda hanya ingin melakukan panggilan video untuk 2-8 orang, Anda cukup menggunakan aplikasi WhatsApp saja tanpa harus terhubung ke Messenger. Jika ingin mendownload aplikasinya di laptop, Anda bisa membuka Microsoft Store dan cari aplikasi WhatsApp kemudian install.

Sedangkan untuk cara loginnya, akun WhatsApp harus terhubung dengan smartphone. Anda hanya perlu memilih opsi WhatsApp Web/Desktop, kemudian scan barcode yang ada pada layar WhatsApp di laptop.

Atau mendownloadnya melalui link https://www.whatsapp.com/download, kemduian install dengan mengkliknya dua kali. Dengan langkah tersebut, Anda akan merasakan cara video call WhatsApp di Laptop dengan sangat mudah. Anda Tidak perlu membuka browser lagi untuk mengakses WhatsApp Web.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 + 4 =