25 Rekomendasi Air Purifier Terbaik dan Tercanggih 2023-2024

Air purifier, atau pembersih udara, adalah alat yang dirancang untuk membersihkan udara di dalam ruangan dari berbagai polutan dan kontaminan. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari air purifier:

  1. Menghilangkan Partikel Debu dan Polutan: Air purifier dapat menangkap partikel debu, serbuk sari, dan polutan lainnya yang melayang di udara, sehingga membantu mencegah iritasi pada sistem pernapasan.
  2. Mengurangi Alergen: Bagi mereka yang memiliki alergi, air purifier dapat membantu mengurangi konsentrasi alergen di udara, seperti serbuk sari, tungau debu, dan bulu hewan peliharaan.
  3. Menghilangkan Bau: Beberapa model air purifier dilengkapi dengan filter karbon aktif yang dapat menyerap bau tidak sedap, seperti bau rokok, bau masakan, atau bau kimia.
  4. Menghilangkan Bakteri dan Virus: Beberapa air purifier dilengkapi dengan teknologi seperti UV atau ionisasi yang dapat membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya.
  5. Meningkatkan Kualitas Tidur: Udara yang lebih bersih dapat mendukung kualitas tidur yang lebih baik, terutama bagi mereka yang sensitif terhadap alergen atau memiliki kondisi pernapasan seperti asma.
  6. Mencegah Penyebaran Penyakit: Dengan mengurangi konsentrasi bakteri dan virus di udara, air purifier dapat membantu mencegah penyebaran penyakit yang ditularkan melalui udara.
  7. Melindungi dari Polusi Udara Dalam Ruangan: Polusi udara dalam ruangan bisa jadi 2-5 kali lebih tinggi daripada di luar ruangan. Air purifier membantu mengurangi risiko paparan polutan ini.
  8. Mendukung Kesehatan Jantung: Penelitian menunjukkan bahwa paparan jangka panjang terhadap partikel halus (PM2.5) dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Air purifier dapat mengurangi konsentrasi partikel ini di udara.

Dengan berbagai fungsi tersebut, air purifier menjadi alat yang berguna untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, terutama di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi atau bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

1. Air Purifier Panasonic F-VXV70A

Air purifier Panasonic F-VXV70A dilengkapi dengan Teknologi nanoe™X yang mampu menyaring virus dan alergen yang ada di udara hingga 99,99 persen. Teknologi ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau, bakteri, dan jamur. Produk ini juga dilengkapi dengan HEPA Filter dan Deodoran Filter. Selain itu, memiliki fitur 3D Circulation Air Flow yang memungkinkan aliran udara dihisap melalui bagian depan maupun dari samping.

2. Air Purifier Panasonic F-PXV50A

Air purifier Panasonic F-PXV50A menggunakan teknologi nanoe™X dan HEPA Filter. Meski dijual lebih murah dari seri F-VXV70A, produk ini tetap memiliki fitur yang cukup lengkap, termasuk indikator PM 2.5 dan fitur 3D circulation airflow.

3. Bardi Smart Air Purifier

Bardi Smart Air Purifier menggunakan partikel ionizer dan HEPA filter H11 untuk membersihkan udara. Produk ini sangat sensitif terhadap polutan udara dan memiliki fitur turbo type fan blade. Dapat dioperasikan melalui ponsel dengan aplikasi dan jaringan Wi-Fi.

4. Air-E Generator Panasonic FV-15CSD1

Air purifier Panasonic FV-15CSD1 Air-e Generator (Ceiling Mount) menggunakan teknologi nanoe X yang mampu membunuh virus dan bakteri serta menjaga kelembapan kulit. Produk ini tidak berisik dan memiliki konsumsi daya listrik yang rendah.

5. Sharp KI-L60Y-W dan Sharp KI-L80Y-W

Sharp KI-L Series adalah air purifier terbaru dari Sharp di tahun 2021. Dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster yang mampu melawan dan mematikan droplet virus. Produk ini dapat dikontrol melalui HP dan memiliki kemampuan Plasmacluster High Density 25.000.

Beli Sekarang

6. Sharp FP-J30Y

Sharp FP-J30Y dilengkapi dengan sistem penonaktifan mikro-organisme dan lampu indikator untuk filter HEPA. Produk ini memiliki daya hisap yang kuat dan mampu menyebarkan Ion Plasmacluster secara merata.

Beli Sekarang

7. Sharp FP-F40Y

Sharp FP-F40Y dilengkapi dengan sistem penonaktifan mikroorganisme dan tiga filter utama, yaitu HEPA Filter, Deodorizing Filter, dan Pre-Filter. Produk ini menghasilkan ion-ion plasmacluster yang mampu menonaktifkan mikroorganisme.

Beli Sekarang

8. Sharp FP-JM40Y-B with Mosquito Catcher

Sharp FP-JM40Y-B adalah air purifier yang juga memiliki kemampuan menangkap nyamuk. Produk ini dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster dan mampu menghasilkan ion positif dan negatif yang sama dengan alam.

Beli Sekarang

9. Daikin Air Purifier MC30VVM-H

Air purifier ini efektif menghilangkan kuman dan jamur dari udara. Dilengkapi dengan teknologi streamer discharge yang berfungsi untuk melepaskan elektron berkecepatan tinggi melawan jamur dan bakteri. Jangkauannya mencapai 21.5 meter persegi.

Beli Sekarang

10. Blue Pure 211 Particle Filter

Blue Pure 211 Particle Filter sangat efektif membersihkan udara dari berbagai partikel berbahaya. Filter yang digunakan terbuat dari serat polypropylene yang mampu menyaring bakteri dan jamur. Jangkauan kerjanya adalah ruangan maksimal 50 meter persegi.

Beli Sekarang

Rekomendasi Air Purifier 2023 Terbaik

No Produk Air Purifier Harga Link Pembelian
1 Philips Air Purifier AC0850/20 – Nano Protect HEPA Rp2.299.000 Beli Sekarang
2 Bardi Smart Air Purifier Rp3.184.000 Beli Sekarang
3 Xiaomi Mi Smart Air Purifier 4 Lite Rp1.3 juta Beli Sekarang
4 Sharp FP-F30Y Rp697.000 – Rp3.920.000 Beli Sekarang
5 Sharp Air Purifier with AIoT Function FP-J80Y-H Informasi Tidak Tersedia Beli Sekarang
6 PHILIPS AIR PURIFIER 600I SERIES AC0650/10 Rp1.399.000 Beli Sekarang
7 Airtec Marvel Iron Man Air Purifier Rp479.000 – Rp2.950.000 Beli Sekarang
8 Daikin Air Purifier CleAir HEPA filter – MC30YVM7 Rp2.079.000 – Rp2.199.000 Beli Sekarang
9 Replacement Filter Air Purifier Panasonic FZ XHP55Z / HEPA+Carbon Rp50.000 Beli Sekarang
10 PHILIPS AC2729 Humidifier Air Purifier Nano Protect Hepa 65m2 AC 2729 Rp3.799.000 Beli Sekarang
11 XIAOMI SMART AIR PURIFIER 4 LITE Rp1.599.000 Beli Sekarang
12 XIAOMI MI AIR PURIFIER 3C Rp3.003.000 Beli Sekarang
13 Xiaomi Air Purifier 2H Rp1.599.000 Beli Sekarang
14 UVC HEPA H13 Air Purifier Filter Rechargeable Portable – Spot Moo Rp549.000 Beli Sekarang
15 Informasi Tidak Tersedia Informasi Tidak Tersedia Beli Sekarang

 

Tips memilih produk air purifier yang berkualitas:

  1. Sesuaikan Tipe Air Purifier dengan Kebutuhan Anda: Pilih tipe air purifier yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya untuk mengatasi alergi, menghilangkan bau, atau membersihkan udara dari polutan tertentu.
  2. Ketahui Area Jangkauan Produk: Pastikan produk yang Anda pilih mampu membersihkan udara di seluruh ruangan Anda. Periksa spesifikasi produk untuk mengetahui area jangkauannya.
  3. Pilih Produk dengan Volume Udara Besar: Produk dengan kapasitas volume udara besar akan mempercepat sirkulasi dan pembersihan udara di ruangan.
  4. Gunakan Produk yang Memiliki HEPA Filter: Filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) mampu menyaring partikel kecil seperti debu, serbuk sari, dan bakteri dengan efisiensi tinggi.
  5. Periksa Fitur Tambahan: Beberapa air purifier dilengkapi dengan fitur tambahan seperti sensor kualitas udara, mode tidur, atau kontrol melalui aplikasi smartphone.
  6. Kenali Jenis-Jenis Air Purifier: Sebelum membeli, kenali jenis-jenis air purifier berdasarkan fungsi unggulannya dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, ada air purifier yang dirancang khusus untuk alergi, ada yang untuk menghilangkan bau, dan sebagainya.
  7. Pertimbangkan Teknologi yang Digunakan: Beberapa air purifier menggunakan teknologi tertentu seperti ionisasi, UV, atau teknologi lainnya untuk meningkatkan efektivitas pembersihan udara.
  8. Perhatikan Sertifikasi dan Ulasan: Pilih produk yang memiliki sertifikasi dari lembaga terpercaya dan periksa ulasan dari pengguna lain untuk mengetahui kualitas dan kinerja produk.
  9. Pertimbangkan Biaya Operasional: Selain harga awal, pertimbangkan juga biaya operasional seperti penggantian filter atau konsumsi listrik.
  10. Pilih Merek Terpercaya: Memilih produk dari merek terpercaya akan memberikan jaminan kualitas dan dukungan purna jual yang baik.

Leave a Comment