√ 5 Cara Upload Video ke Youtube

3 min read

5 Cara Upload Video ke Youtube

Cara Upload Video ke Youtube – Youtube sedang menjadi tren akhir-akhir ini. Mulai dari kalangan anak-anak sampai orang tua, pasti sering melihat video-video yang ada di Youtube. Karena kepopulerannya inilah, bahkan tak jarang ada yang bercita-cita ingin menjadi seorang Youtuber. Profesi menjadi Youtuber memang sedang digandrungi anak-anak muda.

Selain bisa menghasilkan uang, menjadi Youtuber juga bisa mendulang kepopuleran. Banyak selebriti-selebriti baru bermunculan karena terkenal di Youtube. Namun, sebelum Anda terjun ke profesi ini, Anda harus mengetahui cara upload video ke youtube terlebih dulu. Mari simak caranya di bawah ini! 

Cara Upload Video ke Youtube Lewat Komputer

Apa yang membuat Anda tertarik menjadi seorang Youtuber? Apakah karena profesi ini sedang menjadi tren, atau karena memang ini passion Anda? Banyak anak muda memiliki alasan yang berbeda-beda saat memutuskan masuk ke dalam dunia ini, tapi tidak diiringi dengan bekal yang mumpuni.

Jika Anda masih seorang Youtuber pemula, perlu untuk memahami cara mengunggah video ke Youtube dari komputer Anda. Cara ini adalah pengetahuan dasar yang harus Anda miliki jika ingin memulai karir lewat Youtube.

5 Cara Upload Video ke Youtube

Saat mengupload video Anda ke Youtube, Anda bisa mengunggahnya lewat komputer atau PC. Buka akun Youtube Anda. Pilih salah satu atau beberapa video yang ingin Anda unggah, lalu atur setelan video yang Anda inginkan, mulai dari resolusi videonya, notifikasi publikasi, hingga ke pengaturan monetisasi.

Bagian inilah yang paling penting. Jika Anda ingin punya penghasilan dari Youtube, Anda harus mengubah pengaturan video Anda menjadi monetisasi.

Kemudian, beri judul video Anda maksimal 100 kata dan deskripsi maksimal 5.000 kata. Setelah selesai, klik tulisan “Publikasikan” agar video Anda bisa terunggah di channel Youtube dan ditonton banyak orang.  

Cara Upload Video Youtube dari Laptop

Jika Anda tertarik menjadi seorang konten kreator di Youtube, ada beberapa modal yang harus Anda miliki. Selain modal akun Youtube pribadi, Anda juga membutuhkan peralatan-peralatan teknis untuk merekam video konten Anda. Misalnya saja kamera, lighting, mikrofon, dan sebagainya.

Setelah Anda merekam konten Anda, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengunggah videonya di channel Youtube Anda. Namun, bagaimana cara mengunggah video ke Youtube lewat laptop? 

Pertama-tama, buka aplikasi Youtube Anda. Setelah itu, klik tulisan “Upload” yang ada di bagian atas halaman Youtube Anda. Pilihlah menu “Upload Video.” Kemudian, pilih video yang mau Anda unggah dari penyimpanan laptop atau Google Drive. Namun, sebelum Anda mengunggah videonya, setel privasi video Anda.

Apakah videonya ditujukan untuk koleksi pribadi atau untuk publik. Tunggu beberapa menit sampai video berhasil diunggah.

Ketika video berhasil diunggah, Anda bisa mengedit setelan lanjutan video Anda dengan memilih untuk mengirimkan notifikasi pada subscriber atau tidak. Jika kolom pilihan tersebut tidak Anda centang, maka subscriber Anda tidak akan mendapat notifikasi apapun. 

Cara Upload Video Youtube Lewat Android

Tentu Anda ingin mengabadikan momen berlibur Anda ketika sedang travelling menjadi konten Youtube. Tapi, bagaimana cara mengunggahnya? Apakah Anda harus membawa laptop dan PC selama travelling? Tentu saja tidak. 

Jika Anda sedang travelling atau berlibur ke luar rumah, Anda tidak perlu membawa laptop atau komputer Anda untuk mengunggah video Anda ke Youtube. Anda masih bisa mengunggahnya dengan cara yang sederhana, misalnya lewat android.

5 Cara Upload Video ke Youtube

Lewat alat segenggaman tangan itu, Anda juga bisa merekam momen-momen liburan Anda dan menguploadnya menjadi konten Youtube. Caranya adalah masuk ke akun Youtube pribadi Anda. Ketuk menu kamera yang ada di halaman Youtube Anda, lalu rekam momen-momen liburan Anda sebaik mungkin.

Lakukan pengeditan pada video agar lebih menarik dan enak untuk ditonton. Selesai merekam, beri judul pada video Anda beserta deskripsinya. Selanjutnya, ketuk tulisan “Upload” dan setel pengaturan konten videonya seperti yang Anda lakukan saat mengunggah video ke Youtube lewat komputer atau laptop.  

Cara Upload Video Youtube Lewat iPhone

Bila Anda masih pemula yang berkecimpung dalam dunia Youtube, mengunggah video yang Anda buat ke Youtube adalah salah satu hal penting yang harus Anda kuasai jika ingin menjadi konten kreator professional.

Sebab, jika Anda tidak tahu cara mengunggahnya, video Youtube Anda tidak akan pernah bisa dinikmati dan ditonton oleh banyak orang.

Saat ingin mengunggah video Youtube dari iPhone, hal pertama yang harus dilakukan adalah login ke akun Youtube resmi Anda pribadi. Setelahnya, pilih video yang ingin Anda unggah. Klik pengaturan video dan monetisasinya.

Beri judul video Anda dalam kurang lebih 100 kata beserta deskripsinya sekitar 1000 – 5000 kata. Jika sudah selesai, klik tulisan “Upload.” Video Anda pun berhasil terunggah di Youtube. 

Cara Upload Video Youtube dari Tablet

Cara selanjutnya adalah lewat tablet. jika Anda sedang berada di luar rumah, namun tetap ingin membuat konten untuk Youtube, Anda bisa membawa tablet. Rekam momen yang ingin Anda bagikan dengan masyarakat luas, bisa momen bahagia, lucu, atau sedih. Jadikan momen itu sebagai konten Youtube Anda.

Anda bisa merekamnya lewat fitur kamera yang ada di halaman konten kreator Youtube. Selesai merekamnya, Anda juga bisa langsung mengunggahnya detik itu juga. Jangan lupa untuk memberikan judul yang menarik dan membuat orang penasaran.

5 Cara Upload Video ke Youtube

Karena, semakin banyak orang yang menonton video Anda, maka penghasilan yang Anda dapatkan dari monetisasi iklan Youtube akan lebih besar. Selesai memberi judul, jangan lupakan langkah terakhir, yaitu klik tulisan “Upload” di halaman Youtube Anda agar konten video Anda terunggah dan bisa ditonton oleh orang banyak. 

Cara Upload Video ke Youtube dari Browser

Cara terakhir yang bisa Anda coba untuk mengunggah video ke Youtube adalah lewat browser. Jika Anda mengunggah videonya lewat browser, Anda bisa menggunakan jenis alat apapun sebagai sarana untuk mengupload video.

Entah Anda memakai laptop, android, iPhone, atau komputer, Anda tetap bisa masuk ke laman utama Youtube melalui browser. Misalnya, Anda masuk ke Youtube lewat browser Google.

Tinggal ketikkan saja Youtube di kolom pencarian Google Anda, maka Google akan mengarahkan Anda ke laman utama Youtube. Untuk langkah seterusnya, Anda bisa terapkan cara yang Anda pakai saat mengunggah video Youtube lewat android, laptop, komputer, maupun iPhone.

Jika video berhasil terunggah, jangan lupa beritahu orang-orang di sekitar Anda untuk menonton konten Youtube Anda. Jangan jenuh juga untuk melakukan promosi supaya channel Youtube Anda berkembang, memiliki banyak subscriber dan viewers setia.

Anda juga bisa mengajak Youtubers lain untuk berkolaborasi membuat konten yang baru dan segar. Dengan begitu, jumlah penonton Anda dan orang yang Anda ajak berkolaborasi akan semakin banyak dan terus bertambah. 

Itulah berbagai macam cara upload video  ke youtube, dengan cara-cara tersebut Anda bisa mengupload video-video Anda kapanpun dan dimanapun, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × 2 =