√ Cara Mempercepat Koneksi Internet

1 min read

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Kecepatan internet saat ini menjadi faktor paling penting untuk setiap penggunanya. Dengan koneksi internet yang cepat, maka tentu setiap aktivitas yang ingin dilakukan akan berjalan dengan baik dan lancar. Baik itu browsing, bermain game, dan lain sebagainya.

Apabila Anda memiliki masalah mengenai kecepatan internet, maka segera atasi dengan cara mempercepat koneksi internet berikut.

Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi Internet?

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kecepatan internet. Salah satunya adalah provider jaringan yang digunakan. Namun Anda jangan khawatir saat menemui kelambatan pada koneksi internet tersebut. Anda masih bisa menerapkan berbagai cara untuk mempercepat koneksi internet. Berikut caranya:

Memakai Ad-Blocker

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Merupakan aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk memperlancar koneksi internet yang digunakan. Pasalnya, salah satu faktor penyebab koneksi internet menjadi lambat dikarenakan Anda tidak melakukan pemblokiran iklan. Untuk itu, Anda bisa melakukan pemblokiran iklan tersebut menggunakan Ad-Blocker.

Jaringan 4G Only atau 3G Only

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Pada perangkat Android, tentu sudah mendukung jaringan 4G dan juga 3G. Dari situ, Anda bisa mengatur kecepatan jaringan internet dari opsi kedua jaringan tersebut. Untuk mengaktifkan jaringan internet ini sendiri sangatlah mudah.

Anda bisa memilih menu pengaturan kemudian jaringan. Selanjutnya pilih mode jaringan. Disitu Anda bisa memilih jaringan 4G only atau 3G only.

Memanfaatkan aplikasi 3G Speed Optimizer

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Langkah yang satu ini juga bisa Anda lakukan saat ingin mempercepat koneksi dari internet. Aplikasi ini dibuat khusus untuk mempercepat akses internet hingga 200%. Hanya saja, Anda perlu melakukan root hp terlebih dahulu saat ingin menggunakan aplikasi tersebut.

Dengan menghapus cache

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Aplikasi tertentu pasti memiliki cache yang jika Anda biarkan maka tentu akan memberatkan perangkat. Selain performa perangkat yang menjadi berat, tentu hal tersebut juga dapat mempengaruhi proses layanan data internet yang menjadi berat pula akibat dari cache yang menumpuk.

Untuk itu, agar koneksi internet pada perangkat Anda dapat berjalan dengan cepat, maka jangan lupa untuk membersihkan cachenya terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk membersihkan cache. Seperti One Tap Cache Cleaner atau Clean Master.

Dari situ, Anda akan jauh lebih mudah untuk menghapus cache yang ada pada perangkat. Jika ingin menghapusnya secara manual, maka Anda bisa memilih menu setting kemudian pilih storage dan cache. Dari situ Anda bisa memilih opsi clear cache.

Gunakan aplikasi VPN

Cara Mempercepat Koneksi Internet

VPN merupakan salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat internet. Anda bisa menginstallnya di Play Store secara gratis. Aplikasi ini nantinya juga bisa Anda gunakan untuk membuka web yang sudah diblokir oleh pemerintah. Untuk itu, saat ingin menggunakannya maka jangan lupa untuk menghubungkannya terlebih dahulu dengan IP Address pada lokasi atau negara yang sesuai.

Nonaktifkan tethering yang menyala

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Hal ini mungkin seringkali tidak disadari oleh para pengguna internet. Dimana tethering yang mereka gunakan masih terus menyala sebagai hotspot. Tak heran jika hal tersebut hanya akan menurunkan kecepatan dari koneksi internet.

Untuk itu, ada baiknya Anda menonaktifkan fitur tethering tersebut dengan begitu jaringan internet yang Anda gunakan tidak terbagi-bagi sehingga menyebabkan kecepatan koneksinya menjadi menurun.

Tentu berbagai cara di atas sangatlah mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu risau lagi saat koneksi internet perangkah lemot atau menurun kecepatannya. Segera gunakan cara mempercepat koneksi internet di atas agar koneksi internet Anda menjadi lebih stabil dan cepat seperti biasanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 5 =