√ Cara Membuat Poster di Microsoft Word

1 min read

Cara Membuat Poster di Microsoft Word

Membuat poster tidak melulu harus menggunakan berbagai software editing yang rumit. Anda juga bisa memanfaatkan Microsoft Word untuk membuat poster yang bagus dan berikut cara membuat poster di Microsoft Word.

Microsoft Word dikenal sebagai salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang terkait dengan pengolahan data. Lebih dari itu, Microsoft Word juga dapat digunakan untuk membuat desain poster yang kreatif.

Jika merasa tidak terlalu memahami cara menggunakan berbagai software yang agak rumit seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, hingga Adobe Ilustrator, Anda bisa memanfaatkan Microsoft Word untuk mendesain poster Anda sendiri. 

Poster sendiri merupakan sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dan biasanya terdiri dari tulisan dan gambar. Poster nantinya akan ditempel atau ditempatkan di lokasi di mana banyak orang yang akan melihatnya dan tertarik dengan promosi yang tertuang dalam poster tersebut.

Berikut kami rangkum cara membuat poster di Microsoft Word dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Cara Membuat Poster di Microsoft Word

Pastikan Anda sudah tahu ide serta konsep yang Anda inginkan untuk poster yang akan dibuat. Setelah itu Anda bisa langsung membuka Microsoft Word yang menyediakan banyak template untuk poster, jadi Anda bisa memilih template yang cocok dengan konsep poster yang diinginkan.

Langkah Pertama Membuat Poster

  • Cara membuat poster di Microsoft Word yakni buka software Microsoft Word, setelah itu klik New untuk membuat file baru. Di bagian New klik Flyers dan akan ada banyak template untuk poster yang bisa dipilih.

Cara Membuat Poster di Microsoft Word

  • Setelah itu, Anda bisa memilih jenis template poster yang Anda inginkan, lalu klik Create dan nantinya template poster yang sudah Anda pilih akan terunduh dan akan terbuka di dokumen baru.

Menentukan Ukuran Poster 

  • Umumnya poster berukuran A3, namun Anda bisa mengubahnya sesuai keinginan dengan cara pergi ke tab Page Layout kemudian > Size > A3. Lalu akan ada pilihan kertas lain yang bisa dipilih yakni A4, A5, dll.

Menambah atau Mengedit Template Sesuai Keinginan 

  • Jika Anda ingin mengubah format huruf dalam template poster yang sudah dipilih, Anda bisa pergi ke menu Home dan setelahnya bebas untuk mengganti font, ukuran, serta style.

Simpan Hasil Desain Poster

  • Jika Anda sudah merasa puas dengan hasil desain poster yang sudah dibuat, Anda bisa langsung menyimpannya. Anda tinggal memilih menu File kemudian Save As PDF karena Anda tidak bisa menyimpan desain poster tersebut dalam format JPG.

Cara Membuat Poster di Microsoft Word

  • Nantinya, jika ingin mengubah ke format JPG, Anda bisa menggunakan aplikasi converter PDF ke JPG yang terserdia secara online.

Cara Mencetak Poster di Microsoft Word

  • Setelah sukses membuat poster yang Anda inginkan di Microsoft Word, Anda juga bisa mencetaknya dengan menggunakan printer yang ada di rumah. Langkah yang harus dilakukan yakni hidupkan printer dan masukkan kertas yang sesuai dengan ukuran poster yang ingin dicetak.

Cara Membuat Poster di Microsoft Word

  • Selanjutnya Anda bisa pergi ke menu File > lalu pilih print atau dengan jalan pintas Anda juga bisa menekan Ctrl+P di keyboard dan Anda akan masuk langsung ke menu print.
  • Lalu pilih printer yang digunakan dan setelahnya klik print, maka proses pencetakan poster pun akan dimulai dan Anda tinggal menunggunya hingga selesai. Anda tidak perlu repot memlih jenis kertas karena Anda menggunakan templates sehingga ukuran kertas poster sudah otomatis sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 − 1 =