2 min read

Mari Mengenal Apa Itu Kartu Pra Kerja

Meskipun kartu pra kerja telah populer di kalangan masyarakat Indonesia, akan tetapi kita tidak bisa menutup kemungkinan bahwa masih ada beberapa orang, yang belum mengerti tentang apa itu kartu pra kerja.

Kartu pra kerja itu sendiri adalah salah satu program di Indonesia, yang sengaja dibuat oleh pemerintah untuk mendukung tumbuh kembang perekonomian negara Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu heran jika banyak orang ingin memiliki kartu yang menguntungkan ini. Sebab, dengan memiliki kartu pra kerja, seseorang bisa mendapatkan beberapa keuntungan di dalamnya.

Untuk bisa mendapatkan kartu pra kerja, Anda wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui situs resmi pra kerja. Selain itu, pendaftaran ini pun juga tidak terbuka sepanjang waktu, jadi Anda perlu update mengenai kabar pendaftarannya, jika memang ingin memiliki kartu pra kerja dengan segera.

Jawaban dari pertanyaan apa itu kartu pra kerja

Mari Mengenal Apa Itu Kartu Pra Kerja

Seiring berjalannya waktu, manfaat dari kartu pra kerja semakin terlihat. Banyak warga Indonesia yang merasa terbantu dengan adanya program kartu pra kerja yang dibuat oleh pemerintah ini.

Jika Anda ingin menggali lebih dalam lagi mengenai apa itu kartu pra kerja, maka kami sarankan untuk Anda mengenali manfaatnya juga. Manfaat dari kartu ini tidaklah jauh dari dunia perekonomian Indonesia. Namun, dampak positif yang akan didapatkan dari program ini tidak hanya akan berpengaruh terhadap individu masing-masing, tapi juga terhadap negara.

Sesuai dengan tujuan awal dari pembuatan program kartu pra kerja, sampai saat ini kartu pra kerja masih memiliki manfaat yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia maupun perorangan. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut kami sampaikan beberapa manfaat dari kartu pra kerja, yang di antara lainnya adalah:

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang pada umumnya ditanggung oleh pihak pekerja maupun perusahaan tertentu.
  • Kartu pra kerja dapat dimanfaatkan untuk mengurangi biaya dalam mencari informasi terkait pelatihan tertentu.
  • Mampu memberikan dorongan terhadap kebekerjaan suatu individu tertentu, melalui pengurangan mismatch.
  • Dapat dijadikan sebagai komplemen dari pendidikan formal.

Sampai disini saja, Anda sudah bisa menilai kan bagaimana unggulnya program yang dibuat oleh pemerintah ini? Namun, jika Anda masih ingin mempelajari mengenai apa itu kartu pra kerja, maka Anda bisa menyimak lebih lanjut mengenai isi dari artikel ini.

Siapa saja yang bisa memiliki atau mendapatkan kartu pra kerja?

Mari Mengenal Apa Itu Kartu Pra Kerja

Ada beberapa persyaratan tertentu yang wajib Anda penuhi, jika ingin memiliki atau pun mendapatkan kartu pra kerja. Jadi, tidak semua orang bisa memiliki kartu menguntungkan ini, dan hanya beberapa orang yang memenuhi persyaratannya saja yang bisa memilikinya.

Ingin tahu dengan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi supaya bisa mendapatkan kartu pra kerja? Berikut adalah syarat-syarat pendaftaran kartu pra kerja:

  • Warga Negara Indonesia atau WNI
  • Usia minimal 18 tahun
  • Berstatus sebagai pencari kerja atau pengangguran yang disebabkan oleh program PHK atau lulusan baru
  • Berstatus sebagai pekerja, baik buruh maupun karyawan
  • Wirausaha
  • Tidak sedang menjalani pendidikan formal
  • Bukan penerima bantuan sosial dari pemerintah
  • Bukan anggota TNI/Polri, DPR/DPRD, BUMN/BUMD, maupun yang lain sebagainya

Jika Anda memenuhi persyaratan tersebut, maka Anda bisa mendaftarkan diri untuk bisa memiliki kartu pra kerja. Yang perlu Anda ingat adalah, dalam 1 Kartu Keluarga (KK), hanya 2 anggota keluarga sajalah yang bisa memiliki kartu ini. Jadi, Anda dengan seluruh anggota keluarga Anda tidak bisa memiliki kartu pra kerja, dan hanya 2 perwakilan saja yang bisa memilikinya.

Apa saja yang bisa didapatkan dari kartu pra kerja?

Mari Mengenal Apa Itu Kartu Pra Kerja

Mungkin masih ada sebagian dari masyarakat Indonesia yang belum tahu tentang apa saja yang bisa didapatkan ketika memiliki kartu pra kerja. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan merangkumnya disini. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda dapatkan ketika Anda mendaftar menjadi salah satu pemilik kartu pra kerja di Indonesia, yaitu:

  • Bantuan biaya pelatihan yang senilai Rp. 1.000.000,00, dan dapat digunakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan pelatihan di platform digital yang bekerja sama dengan program ini.
  • Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama yang sebesar Rp. 600.000,00 per bulan dan berlangsung selama 4 bulan, jadi total keseluruhan dari insentif ini Rp. 2.400.000,00.
  • Insentif pasca pengisian survei evaluasi yang senilai Rp. 50.000,00 per survei, dan diberikan untuk 3 kali survei yang telah dilakukan, jadi total keseluruhannya adalah Rp. 150.000,00.
  • Kedua insentif ini dapat dikirim ke rekening bank atau pun e-wallet seperti OVO, GOPAY, LinkAja.

Bagaimana, menarik bukan pembahasan kita kali ini? Kartu pra kerja memang sampai saat ini menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Sebab, dengan adanya program ini banyak warga yang merasa perekonomiannya jadi sedikit terbantu, sehingga mereka tidak akan kesulitan untuk menjalani kehidupannya.

Tips Memilih Pakaian untuk Melamar Kerja di Indomaret

Kesan pertama sangatlah penting dalam kegiatan wawancara kerja, karena kesan pertama akan menjadi salah satu faktor penentu apakah Anda akan diterima untuk mengisi pekerjaan...
Rahma Wati
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven − 2 =