√ Mengenal Apa Itu Mind Map

3 min read

Mengenal Apa Itu Mind Map

Mind Mapping adalah sebuah teknik yang digunakan untuk pembelajaran materi yang ada di sekolah atau kampus. Tak cuma dalam pembelajaran di lingkungan sekolah, mind mapping juga bisa diterapkan di dunia pekerjaan.

Mengetahui Apa Itu Mind Map 

Menurut business.com, mind mapping ialah cara atau metode untuk menginkorporasi otak kanan dan otak kiri untuk menerima sebuah ide baru. 

Untuk mengetahui apa itu mind map dan prosesnya, secara sederhana visual yang ada di mind map akan membantu Anda untuk mengatur informasi yang baru diterima dan akan menentukan sebuah ide besar untuk pembahasan hal tersebut.

Mengenal Apa Itu Mind Map

Jika sudah tahu dan menentukan ide besar, maka mind map akan membantu Anda untuk memahami konsep secara utuh dan menyeluruh. Murid dan guru di sekolah bisa sama-sama saling membuat mind map. 

Murid membuat mind map ketika akan menjalani ujian, sementara guru bisa membuatnya agar murid atau mahasiswa bisa memahami materi yang diberikan. Jadi tujuan seseorang untuk membuat mind map ialah untuk mengetahui suatu hal secara keseluruhan dan bukan hanya sekedar menghafalnya saja.

Pengertian Mind Mapping Menurut Ahli

1. Tony Buzan

Tony Buzan menyebut mind mapping sebagai teknik yang digunakan untuk mengembangkan aktivitas berpikir individu yang semula hanya tertuju pada satu arah, namun selanjutnya berkembang menjadi beberapa arah. Selain itu bisa juga digunakan untuk menerima banyak ide dari beragam sudut pandang.

Mind mapping sendiri akan mengembangkan konsep berpikir yang bercabang dan akan menjadi lebih kreatif. Metode ini memiliki istilah yang disebut dengan peta map yang di dalamnya berisi beberapa perangkat berpikir yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Khususnya untuk memahami pelajaran atau pekerjaan agar sesuai

2. Caroline Edward

Edward menyebut jika mind mapping adalah cara paling efektif dan efisien untuk mengeluarkan berbagai macam informasi dari otak. Sistem ini merupakan suatu sistem kerja yang alami pada manusia dan kapasitas otak akan dapat dimaksimalkan.

3. Melvin L. Silberman

Silberman menyebut mind mapping sebagai cara berpikir para murid yang sangat kreatif untuk menghasilkan ide dalam suatu pelajaran yang saat itu masih dipelajari. Seperti halnya mencatat, namun dalam bentuk yang lebih kreatif untuk merencanakan suatu penelitian terbaru. 

Manfaat Mind Mapping

Mengenal Apa Itu Mind Map

Tak cuma sekedar tahu apa itu mind map, Anda juga akan menemukan beberapa manfaat jika melakukan mind mapping.

Meski nampak seperti aksi corat-coret biasa yang tidak jelas, namun mind mapping memiliki banyak manfaat karena metode tersebut dapat mendukung proses brainstorming, meeting, presentasi, hingga akhirnya pengambilan kesimpulan.

Lalu ada manfaat lainnya dari mind mapping, di antaranya yakni:

1. Bantu proses pembelajaran

Mind mapping akan membantu Anda memahami suatu hal secara utuh dan menyeluruh. Hal itu terjadi karena saat Anda membuat mind map, anda akan dipaksa membuat konsep baru dengan segala pengetahuan yang sudah ada sebelumnya.

2. Menjadi lebih produktif

Manfaat yang Anda dapatkan dari mind mapping yakni bisa memvisualisasikan serangkaian langkah yang akan dibutuhkan untuk proyek. Jika sudah memiliki visualisasi, maka Anda bisa menelaahnya lebih lanjut dan mengetahui apa-apa saja yang perlu diperbaiki dan apa yang harus dicapai.

Selain itu, membuat mind map juga akan membuat Anda mengetahui skala prioritas dari pekerjaan dan mana yang harus didahulukan. Jika sudah mengetahui prioritas dari tugas yang Anda miliki, maka Anda bisa mulai mengatur waktu yang dimiliki dengan baik serta menjadi lebih produktif dibandingkan sebelumnya.

3. Meningkatkan kreativitas

Saat membuat mind map, maka Anda akan membuat peta bercabang berdasarkan kategori yang ada. Mind map juga akan digambar dan menggunakan warna tertentu yang dapat merangsang otak kanan manusia. 

Oleh karena itu, mind mapping bisa memberikan manfaat tambahan lainnya yakni berperan penting agar kreativitas di otak kanan Anda meningkat seiring dengan berjalannya waktu.  

4. Bisa meningkatkan pemahaman yang Anda miliki

Mind map biasanya akan dibuat sedemikian rupa dengan visual dan grafis tertentu. Mind map bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak Anda dan mind mapping ialah metode yang akan membantu Anda untuk paham mengenai konsep atau permasalahan yang kompleks. 

Metode mind mapping juga akan membantu Anda untuk memecahkan masalah sehingga disebut-sebut akan sangat bermanfaat jika diterapkan dalam proses project management, meeting, dan lain-lain. 

Cara Membuat Mind Map

Mengenal Apa Itu Mind Map

Setelah mengetahui apa itu mind map, sekarang Anda bisa memulai untuk membuat mind map. Lantas bagaimana cara untuk membuat sebuah mind map? Berikut urutan tahapan-tahapan yang harus dilakukan.

  • Pertama-tama, Anda harus menyiapkan kertas dan alat tulis yang berwarna (setidaknya memiliki tiga warna). 
  • Pada bagian tengah kertas, Anda bisa membuatnya dengan posisi horizontal. Mulailah menulis atau menggambar tema utama dan tulis dengan warna agar mind map menjadi lebih menarik untuk dilihat.
  • Kemudian Anda bisa mulai membuat cabang-cabang utama berbentuk melengkung dari gambar tema utama di bagian tengah, Cabang yang dibuat melengkung akan membuat otak Anda tidak menjadi bosan jika membuatnya dengan bentuk lurus.
  • Gunakan kata kunci pada tiap cabang yang sudah digambar agar nantinya Anda menjadi mudah untuk mengingat berbagai informasi yang terkait mengenai tema utama.
  • Gambarlah cabang-cabang lanjutan yang memancar dari cabang utama yang sudah dibuat.
  • Pada cabang lanjutan tersebut, Anda bisa menuliskan kata-kata kunci lain yang berkaitan pada kata kunci dari cabang utama.
  • Selanjutnya setelah semua kata kunci dimuat, mulailah mengkreasikan mind mapping dengan menambahkan gambar atau hiasan warna-warni agar lebih menarik untuk dibaca. Tambahkan gambar dan hiasan yang ada kaitannya dengan kata kunci pada mind mapping tersebut.

Jika tidak ingin membuat mind mapping secara manual, Anda juga bisa menggunakan berbagai aplikasi atau software. Xmind, MindMeister, Ayoa, Simplemind dan Coogle adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat mind mapping. Namun pastikan untuk merancang cara untuk mencatat secara kreatif untuk memetakan pikiran Anda.

Jenis-jenis Mind Mapping

1. Mind Map Silabus

Mind map silabus sering juga disebut sebagai mind map makro adalah jenis mind map yang dapat membantu untuk memvisualisasikan apa saja yang harus Anda pelajari. Mind map silabus secara umum berukuran besar dan ditempel di dinding.

2. Mind Map Bab

Mind map bab merupakan jenis mind mapping yang dibuat berdasarkan beberapa rangkaian bab yang sudah dipelajari. Mind map bab harus berbentuk ringkas dan berisi hal-hal penting agar lebih mudah diingat nantinya

3. Mind Map Paragraf

Mind map paragraf ialah jenis mind mapping yang dapat memberikan informasi secara lengkap. Tak hanya memberikan ringkasan dari setiap bab, mind mapping jenis ini juga memberikan informasi secara detail dan bisa disusun dalam bentuk buku teks kecil.

Demikian penjelasan mengenai apa itu mind map. Dapat disimpulkan bahwa mind map akan membantu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah.

Tips Memilih Pakaian untuk Melamar Kerja di Indomaret

Kesan pertama sangatlah penting dalam kegiatan wawancara kerja, karena kesan pertama akan menjadi salah satu faktor penentu apakah Anda akan diterima untuk mengisi pekerjaan...
Rahma Wati
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 + 18 =