√ Cara Membuat Google Form

1 min read

Cara Buat Google Form

Tutorial kali ini kami akan membahas cara membuat Google Form bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat formulir online, entah untuk keperluan poling, survey atau formulir pendaftaran event.

Survey atau pengelolaan data dari masyarakat merupakan salah satu cara untuk peningkatan suatu aktivitas. Dalam era serba digitalisasi seperti saat ini, umumnya survei dapat dilakukan melalui Google Form secara online. Berikut akan dibahas ulasan tentang cara buat Google Form secara mudah dan tepat.

Membuat Formulir

Cara Buat Google Form

Yang pertama dan utama untuk dilakukan yakni dengan membuat formulir. Membuat formulir dimulai dengan langkah awal yakni melalui forms.google.com, lalu Anda pilih Blank pada pilihan template. Atau jika Anda ingin membuat formulir melalui Drive Google, silahkan kunjungi drive.google.com.

Anda dapat memulai melengkapi beberapa pilihan yang perlu untuk diisi. Misalnya untuk menamai formulir. Anda sesuaikan dengan kebutuhan survey seperti apa yang akan dilakukan. Melalui pojok kiri atas, terdapat Untitled form, lalu Anda dapat mengisi nama formulir template yang baru.

Selanjutnya Anda perlu untuk melakukan penambahan teks deskripsi. Teks deskripsi ini perlu dilakukan pengeditan guna menyampaikan maksud dan tujuan sebagai kejelasan Anda membuat Google Form. Umumnya para pengisi dari data tersebut akan lebih tertarik mengisi survey yang jelas keberadaannya.

Jika berminat, Anda dapat pula melakukan pengeditan latar belakang atau media yang dikehendaki. Untuk cara buat Google Form pada langkah ini terbilang cukup unik dan menarik. Pasalnya survey secara online harus dapat menarik perhatian para pengisi kuisioner. Sehingga, Anda perlu sekreatif mungkin dalam membuatnya.

Setelah selesai, Anda dapat melakukan review atau demo secara mudah. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana tampilan dari Google Form yang telah Anda buat. Jika Anda berminat juga untuk mengetahui seberapa besar daya pengisian kuisioner. Umumnya Google Form juga menyediakan tampilan suara dari pengisi survey.

Menambah Pertanyaan

Cara Buat Google Form

Jika sebelumnya pada cara buat Google Form telah membahas tentang pembuatan formulir. Anda dapat menambahkan pertanyaan guna melengkapi data-data yang diperlukan.

Penambahan pertanyaan ini bersifat opsional, jika di kemudian hari Anda merasa ada sesuatu yang perlu untuk dicari datanya.

Yang pertama adalah klik bagian Untitled Question. Masukkan pertanyaan yang Anda inginkan untuk diisi oleh para kuisioner data.

Setelah itu, Anda dapat pula melakukan pengubahan jenis pertanyaan entah untuk kuantitatif maupun kualitatif. Lalu terdapat pula pilihan kewajiban penjawaban dari pihak pembuat Google Form.

Kewajiban penjawaban ini berkaitan dengan beberapa hal yang harus diisi oleh pihak kuisioner. Semisal Anda diharuskan mengisi data tempat dan tanggal lahir serta nama.

Umumnya data ini yang sering diperhatikan dalam cara buat Google Form. Maka dari itu pastikan untuk meneliti tiap kebutuhan data yang akan diolah serta dikelola.

Mengirim Tautan

Cara Buat Google Form

Dan yang terakhir dan paling utama adalah mengirim tautan. Google Form yang telah dibuat, tidak dapat berjalan secara semestinya untuk memperoleh data tanpa adanya penyebarluasan.

Penting bagi para pembuat google form untuk dapat menyebar serta mengirim tautan secara baik dan benar.

Yang pertama adalah di bagian kanan atas terdapat opsi kirim. Anda dapat memilih pengumpulan dari bentuk e-mail yang akan digunakan.

Misal untuk responden yang dinilai internal maupun eksternal. Anda dapat pula menyingkat link yang baik, agar dapat diklik secara mudah dan otomatis. 

Untuk langkah terakhir dalam cara buat Google Form berupa pengiriman tautan, Anda dapat menyebarluaskannya melalui sosial media dan masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × 4 =