√ Cara Menyimpan File di Google Drive

1 min read

Cara Menyimpan File di Google Drive

Cara menyimpan file di Google Drive tidak membutuhkan proses yang rumit. Asalkan Anda sudah punya akun Google di smartphone dan aplikasinya, maka proses upload file ke Google Drive semudah mengirimkan gambar di WhatsApp.

Google Drive merupakan salah satu perangkat lunak unggulan keluaran Google untuk menyimpan dan mencadangkan dokumen.

Tidak hanya itu, Google Drive umumnya digunakan untuk akses berbagai dokumen penting untuk aktivitas tertentu. Berikut akan dibahas tentang cara menyimpan file di Google Drive dengan benar dan tepat.

Melalui Aplikasi Google Drive

Cara Menyimpan File di Google Drive

Yang pertama untuk cara menyimpan file di Google Drive yakni melalui aplikasi Google Drive itu sendiri. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mempraktekannya.

Yang pertama adalah unduh terlebih dahulu aplikasi Google Drive, jika Anda belum memilikinya. Ketik kata kunci ‘Google Drive’ di peramban browser internet.

Lalu pilih rekomendasi paling atas berupa aplikasi Google Drive sendiri. Buka di Google Play Store dan lakukan unduhan hingga selesai. Setelah proses berjalan lancar, pilih akun Google yang akan Anda gunakan. Anda hanya tinggal mensinkronkan antara akun Google dengan perangkat Google Drive yang tersedia.

Jika Anda belum memiliki akun Google, silahkan buat terlebih dahulu sebelum melakukan penyimpanan di Google Drive. Sebab, tanpa adanya akun Google, anda tidak dapat melaksanakan cara penyimpanan file di Google Drive. Selanjutnya, Anda klik bagian upload yang terletak di bagian kisi kiri untuk mengunggah file.

Anda dapat mulai membuat folder penyimpanan agar lebih tertata sebelum diunggah. Lalu unggah sesuai dengan perangkat yang ada di ponsel. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan tunggu hingga proses selesai dan berjalan lancar. Setelah itu file yang Anda unggah telah terselesaikan secara baik dan benar.

Melalui Aplikasi File Manager

Cara Menyimpan File di Google Drive

Selain melalui Google Drive. Anda dapat mulai melakukan cara menyimpan file di Google Drive melalui aplikasi File Manager. Pertama yang perlu Anda lakukan yakni dengan membuka folder file manager masing-masing di ponsel. Anda sesuaikan dengan folder yang akan diunggah di Google Drive.

Semisal Anda akan mengunggah salah satu foto di galeri file manager ke Google Drive. Maka Anda buka terlebih dahulu folder file foto. Setelah terbuka, Anda blok tiga hingga lima foto yang akan diunggah ke Google Drive. Lalu klik bagikan, dan pilih opsi ‘Simpan ke Google Drive’.

Setelah itu Anda perlu memilih jenis akun yang akan digunakan untuk mengunggah file tersebut. Pilih akun yang tersedia dan tunggu hingga proses selesai. Jika sudah, Anda akan dialihkan pada halaman Google Drive sebagai bukti bahwa file tersebut telah selesai diunggah dan siap untuk dikelola.

Melalui Manager Ponsel

Cara Menyimpan File di Google Drive

Jika sebelumnya telah dibahas cara menyimpan file di Google Drive melalui file manager. Berikut akan dibahas tentang unggah melalui manager ponsel.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni berkunjung ke bagian penyimpanan. Bagian penyimpanan dapat meliputi galeri foto, video, musik, dan sebagainya.

Misal Anda pilih di bagian manager ponsel video. Anda pilih serta blok video yang akan diunggah di Google Drive. Setelah itu klik bagikan dan simpan melalui Google Drive.

Setelah selesai, Anda akan diperkenankan untuk memilih akun yang akan digunakan dalam proses penyimpanan. Tunggu hingga proses berjalan selesai.

Cara menyimpan file di Google Drive melalui manager ponsel ini cukup mudah dan berhasil untuk dilakukan. Anda hanya perlu teliti untuk mengelola tiap penyimpanan di Google Drive.

Pastikan pengelolaan file dan media penyimpanan berjalan aman dan berjalan hingga selesai secara lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 5 =