√ Cara Menggunakan Komputer untuk Pemula dari Nol

3 min read

Cara Menggunakan Komputer

Di era serba digital seperti sekarang ini, komputer menjadi salah satu kebutuhan yang layak untuk dipenuhi. Pasalnya komputer menjadi salah satu produk yang menunjang aktivitas manusia dalam era serba digitalisasi. Berikut akan diulas pembahasan lengkap mengenai cara menggunakan komputer dengan baik dan benar.

Langkah Awal

Langkah pertama dalam belajar cara penggunaan komputer yakni dengan mengatur komputer terlebih dahulu. Jika Anda adalah pengguna baru pada sebuah komputer, atau memang baru melaksanakan transaksi pembelian. Maka Anda harus mengatur posisi dan menata dengan baik komputer yang dimiliki.

Dalam pengaturan ini, Anda perlu untuk menghubungkan beberapa elemen dasar dalam sebuah komputer. Meliputi keyboard, mouse, monitor, hingga ke sumber daya listrik. Setelah seluruh elemen terpasang dengan benar, selanjutnya Anda harus membuat akun pengguna (user account).

Cara Menggunakan Komputer

Akun ini sendiri berfungsi sebagai penjagaan file, dokumen, dan gambar yang akan anda unduh serta kelola di kemudian hari. Untuk pembuatan akun pengguna, disesuaikan dengan versi dari masing-masing windows komputer milik Anda. Selanjutnya, Anda perlu untuk mengenali desktop.

Untuk pengenalan desktop, merupakan sebuah alur kerja yang bekerja pada komputer tergantung dengan program tertentu. Anda dapat memulai pengenalan desktop melalui pilihan tombol Windows. Disana akan muncul beberapa tampilan seperti akun pengguna, sistem operasi, dan kontrol OSX.

Untuk penggunaan mouse dan keyboard, dapat Anda pelajari secara mendasar melalui interaksi dengan program kerja sistem operasi komputer Anda. Selanjutnya, pada pemasangan aplikasi biasanya Anda akan menerima paket lengkap dari program yang sudah terpasang di komputer.

Perintah Dasar Komputer

Jika pada pembahasan diatas telah diulas mengenai pengenalan awal, maka selanjutnya Anda perlu mempelajari perintah dasar komputer. Untuk langkah pertama, Anda dapat mempelajari melalui file dan tulisan yang ada dengan tombol CTRL+A. File atau tulisan tersebut mencakup dokumen yang tersedia di perangkat komputer Anda.

Yang kedua untuk tombol copy dan paste (salin dan tempelkan). Perintah dasar yang digunakan adalah CTRL+C untuk copy dan CTRL+V untuk paste. Selanjutnya adalah untuk menyimpan dan membuka file yang akan digunakan. Dalam menyimpan file, Anda cukup menekan perintah antara CTRL + S.

Sedangkan pada cara untuk menemukan dan mengurutkan file. Anda hanya perlu membuat folder baru, agar dapat menciptakan direktori yang minimalis di penyimpanan. Cara menggunakan komputer pada bagian perintah dasar adalah pelajaran penting yang umumnya sering digunakan dalam pengoperasian komputer.

Seperti ketika Anda akan membuat file baru untuk tugas kerja maupun sekolah. Tentu saja membutuhkan pengoperasian komputer dengan perintah dasar sebagai cara kerja awal yang tersedia.

Menghubungkan ke Internet

Menghubungkan komputer ke jaringan internet merupakan salah satu tujuan penggunaan yang ada. Yang pertama, Anda perlu mengatur hubungan internet. Anda hanya perlu memilih koneksi internet seperti apa yang dibutuhkan. Beberapa jenis koneksi internet mencakup koneksi data pribadi dan juga Wireless Fidelity (WiFi).

Yang kedua adalah dengan membuka web browser yang tersedia di perangkat komputer Anda. Penggunaan web browser dapat meliputi Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, dan sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat itu pula. Ketiga, Anda perlu memasang program antivirus.

Cara Menggunakan Komputer

Program Antivirus ini sebagai langkah umum dalam cara menggunakan komputer. Sebab, program antivirus berguna untuk perlindungan perangkat lunak pada komputer.

Jika program antivirus telah terunduh secara baik dan benar pada komputer Anda, langkah selanjutnya adalah melaksanakan selancar internet secara aman.

Pencarian ketika berselancar internet secara aman, meminimalisir sumber-sumber penyerangan data. Entah yang berasal dari virus, penipuan, aktivitas ilegal, maupun berbahaya.

Selanjutnya, jika Anda belum memiliki E-mail disarankan untuk dapat membuat serta mengoperasikan pada perangkat komputer Anda.

E-mail sendiri merupakan salah satu elemen yang penting dalam berselancar jejaring internet. E-mail memiliki beragam fungsi dan juga kegunaan yang sudah terkenal.

Yang terakhir adalah pengunduhan file. Pengunduhan file dapat dilaksanakan dengan mencoba mengunduh jenis file dari mulai gambar, program, musik, hingga data.

Meningkatkan Fungsi

Yang keempat pada cara menggunakan komputer yakni dengan peningkatan fungsi. Peningkatan fungsi meliputi seluruh kegiatan yang menjadi pelengkap dalam penggunaan pengoperasian komputer milik Anda. Pertama adalah pemasangan printer. Pemasangan printer ini opsional, jika Anda memang benar membutuhkannya.

Anda dapat memasang dengan merencanakan dan mengatur penggunaan printer baik untuk sisi kegiatan rumah, kantor, maupun sekolah.

Yang kedua yakni dengan mengatur jaringan rumah. Mengatur jaringan rumah dapat berarti membagikan interaksi koneksi internet yang tersedia. Atau dalam kata lain menghubungkan jaringan internet.

Anda dapat mengatur jaringan rumah menjadi sebuah kebutuhan pribadi atau umum. Mulai dari yang dapat diakses oleh diri sendiri, maupun publik, dan sebagainya. Selanjutnya dengan memasang webcam atau microphone pada komputer. Jika Anda berminat, Webcam dan Microphone biasanya digunakan dalam aktivitas jarak jauh.

Seperti sekarang ini yang serba digital dalam pandemi. Selanjutnya adalah menambah pengeras suara. Hal ini bersifat opsional, jika Anda memang membutuhkan perangkat keras berupa pengeras suara.

Dan yang terakhir adalah menghubungkan komputer ke TV. Dimana Anda dapat lebih leluasa dengan penggunaan yang ada.

Mengatasi Masalah Komputer

Langkah kelima serta terakhir yakni pada bagian mengatasi masalah komputer. Dalam mengatasi masalah komputer, Anda perlu untuk mengenal dan mempelajari terlebih dahulu dasar untuk mengatasi masalah.

Temukan beberapa elemen masalah yang mungkin berkaitan dengan inti masalah tersebut.

Cara Menggunakan Komputer

Yang kedua adalah mengenali virus. Umumnya masalah komputer dimulai dari virus yang menyerang. Itu sebabnya dari awal Anda diharuskan belajar untuk memasang program antivirus, sebagai pencegahan adanya kerusakan yang berarti. Jika sudah, Hapus beberapa program yang bermasalah.

Umumnya program yang bermasalah tersebut dimulai dengan beberapa elemen sampah yang tidak diperlukan. Pastikan Anda melakukan penghapusan program yang tidak diperlukan, hingga ke akar-akarnya.

Hal ini disebabkan karena masih banyak ditemukan sampah yang tidak berguna saat penghapusan program tersebut.

Jika memungkinkan, Anda dapat memasang kembali sistem operasi yang dibutuhkan. Sistem operasi yang dipasang kembali memang harus dipelajari dan diselidiki terlebih dahulu fungsinya.

Sebab, jika Anda asal dalam memasang kembali sistem operasi. Hal tersebut dapat memicu kerusakan perangkat lunak pada komputer Anda.

Pada pembersihan sampah, Anda dapat membersihkannya melalui perangkat keras atau hardware. Perangkat keras ini dibersihkan secara rutin melalui compressed air dan vacuum yang tersedia.

Dan langkah terakhir dalam mengatasi masalah komputer, yakni dengan mengganti atau meningkatkan perangkat keras.

Cara menggunakan komputer umumnya sudah cukup mudah untuk dipelajari. Anda hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan yang disediakan oleh Komputer.

Apabila Anda kesulitan dengan pembelajaran yang sudah diulas. Dapat pula menghubungi layanan yang menyediakan pembelajaran bagi pengguna awal komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 − 12 =