Ifan Prasya Terampil dalam menyajikan konten unggulan yang renyah & gurih untuk mendapatkan peringkat yang baik di halaman pertama Google.

Cara Kompres PDF Online & Offline

Cara Kompres PDF Online Offline HP PC

Beragam cara kompres PDF jadi makin dicari semenjak banyak tugas yang harus diselesaikan saat kegiatan bekerja dan belajar dari rumah menjadi rutinitas baru.

Yap, demi menghemat kuota internet yang kita gunakan sehari-hari. Karena bukan hanya satu atau dua, tapi bahkan bisa belasan hingga puluhan.

Nah, dalam tulisan ini, kami telah merangkum cara kompres file PDF dengan praktis. Bisa online menggunakan situs web, aplikasi mobile, atau offline (aplikasi PC).

Mari kita mulai.

Kompres PDF Online Menggunakan Situs Compressor

Metode pertama menggunakan situs compressor yang cukup bisa diandalkan. Lebih praktis karena tanpa install aplikasi, cukup mengakses web, upload dan download file hasil kompresan.

1. ilovepdf

Situs pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF. Sangat mudah dan praktis.

Selain kompres PDF, situs ini juga punya berbagai macam fitur lainnya, yakni: menggabunkan dua file atau lebih, memisahkan file, menghapus halaman, mengekstrak halaman, mengatur file PDF.

Bahkan, juga dapat memperbaiki kualitas PDF. Konversi dari JPG ke PDF, Word ke PDF, Powerpoint ke PDF, Excel ke PDF, HTML ke PDF dan begitu pula sebaliknya.

Uniknya lagi, bisa menambahkan nomor halaman, watermark, memutar halaman, mengedit kata, membuka proteksi PDF dan menambah password.

Lengkap, ‘kan?

Baik, sekarang kita ke cara kompres-nya. Cukup mudah, seperti berikut ini.

Langkah 1 – Buka situs ilovepdf dengan menyalin URL ini: https://www.ilovepdf.com/id/mengompres-pdf

Langkah 2 – Klik tombol Pilih File PDF atau drag file PDF kamu dari komputer ke area tengah. Selain itu juga bisa upload dari Google Drive.

Langkah 3 – Setelah itu, silakan klik tombol Kompres PDF. Tunggu proses upload selesai.

Langkah 4 – Selesai. File akan otomatis terunduh. Situs tersebut akan memberi informasi berapa % ukuran yang telah dikurangi pada file tersebut.

2. Smallpdf

Situs kedua juga tidak kalah menarik. Selain bisa mengecilkan ukuran PDF, fitur lain yang juga ada di web ini mirip dengan ilovepdf.

Yakni, bisa mengkonversi file PDF menjadi file lain seperti Word, Excel, JPG, dan lainnya. Begitu juga sebaliknya. Selain itu, juga dapat mengedit file PDF, menomori halaman, memisahkan atau menggabungkan.

Tidak lupa juga ada fitur tanda tangan dan keamanan password. Rata-rata punya fitur yang sama.

Untuk caranya juga kurang lebih sama, Anda tinggal mengakses URL https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf dan upload file PDF. Tunggu sebentar, lalu file yang terkompres akan otomatis terunduh.

3. PDF2Go

Baik, situs ini juga sama bagusnya. Fiturnya juga hampir sama dengan kedua situs rekomendasi sebelumnya.

Namun, ada fitur lain yang menarik. Yakni, kamu bisa memilih kompresi dasar dan tinggi. Kalau dasar, ukuran file sedang dan kualitasnya tinggi. Kalau kompresi tinggi, ukuran file kecil namun kualitas sedang.

Bahkan, juga bisa memilih kualitas piksel, mulai dari 20 dpi hingga 300 dpi. Sejauh ini, PDF2Go paling direkomendasikan untuk kostumisasi ukuran.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengakses URL https://www.pdf2go.com/id/kompres-pdf dan upload. Pilih kualitas kompresi, lalu mulai. Tunggu sebentar dan file akan terunduh otomatis.

Baca Juga : Aplikasi Kunci Layar Unik

Kompres PDF Online Menggunakan Aplikasi HP

Kalau kegiatan kompres file lebih sering kamu lakukan di HP, maka bisa pilih opsi ini. Install sekali, pakainya berkali-kali. Tidak perlu membuka browser HP.

1. Kompres File PDF

Aplikasi ini dapat mengompres file PDF dengan cukup efektif. Fitur utama yang dimiliki cukup variatif. Kamu bisa mengatur kualitas warna gambar baik RGB, abu-abu, hingga monokrom.

Beberapa pilihan lain yang bisa kamu kostum antara lain Compress Streams, Unembed Unusual Fonts, Unembed Complex Fonts, Unembed Simple Fonts, Flatten (will remove layers).

Nama Detail
Nama App Kompres File PDF
Rating 4.7
Developer SmartApps38
Download PlayStore

2. Compress PDF – Kurangi Ukuran PDF

Aplikasi pengompres PDF berikutnya juga tak kalah menarik. App ini cukup simpel untuk mengurangi ukuran file sesuai keinginan. Ada juga opsi pengurangan dengan memperhatikan kualitas.

Opsi tersebut dibagi menjadi 3, yakni kompresi ekstrim, kompresi yang dirasankan, dan kompresi kurang. Kompresi ekstrim ukurannya sangat kecil, namun kualitasnya berkurang drastis. Begitu sebaliknya.

Nama Detail
Nama App Compress PDF – Kurangi Ukuran PDF
Rating 4.6
Developer Smart Utility Mobile Apps Studio
Download PlayStore

3. PDF Compressor – Compress PDF File Size

Terakhir namun bukan yang paling akhir, app ini juga bisa kamu jadikan alternatif. Fitur yang diberikan juga tidak pelit. Dengan app ini, kamu bisa mengompres file PDF dengan gratis total.

Tampilan app-nya memudahkan pengguna, bahkan untuk pemula sekalipun. Proses kompresi juga cepat dan tidak ribet. Selain itu, kamu juga bisa langsung membagikan file tersebut via sosial media, bluetooth, dan lainnya.

Nama Detail
Nama App PDF Compressor – Compress PDF File Size
Rating 4.2
Developer Phedro Quan
Download PlayStore

Kompres PDF Offine Menggunakan Aplikasi Laptop/PC

Kalau kamu lebih nyaman melakukan pekerjaan transfer file melalui perangkat laptop/PC, silakan pakai cara ini. Sewaktu-waktu bisa kamu gunakan, bahkan tanpa jaringan internet sekalipun.

1. IrfanView

Aplikasi ini cukup komplit fiturnya. Memanfaatkan GhostScript dan plugin tambahan, kamu bisa kompres file PDF dengan cepat dan praktis. Caranya tinggal buka aplikasi, pilih file, lalu Save As > Save As Type > Save > Save PDF.

Fitur tambahan yang bisa kamu manfaatkan antara lain Compression, Page Format, View Rotation, Security, Preview.

Link Download : Irfan View

2. ORPALIS PDF Reducer

Aplikasi satu ini efektif untuk mengurangi ukuran file PDF yang kamu punya. Fitur yang ada juga cukup komplit, sehingga bisa kostum sesuai yang kamu mau. Meski gratis, aplikasi ini mendapat fitur bulk compress lho. Jadi bisa lebih cepat.

Caranya cukup mudah. Tinggal buka aplikasi, klik Start Batch dan pilih file PDF yang ingin kamu kompres. Fitur lain yang juga bisa kamu manfaatkan antara lain: Content Removal, Output Format, Color Detection, Images, dan Options for Compressions.

Link Download : ORPALIS PDF Reducer

3. Free PDF Compressor

Aplikasi yang sangat ringan, cukup 288 kB. Bahkan untuk ukuran PC, seperti tidak berasa aplikasi. Tapi jangan salah, fiturnya juga “wah” dan cepat. Setelah download, kamu bisa langsung gunakan dengan cara menekan tombol Load.

Lalu cari file PDF-nya, klik Compression Algorithm (RunLength / Flate) dan Compression Level (None / Maximum / Fastest / Default). Klik Compress deh, selesai. Setelah itu tinggal pilih menu Save untuk menyimpan.

Link Download : Free PDF Compressor

Nah, itu dia tadi sederet cara kompres file PDF. Silakan pilih metode di atas sesuai kebutuhan kamu sekarang. Bisa online, bisa offline. Bisa dari browser, aplikasi HP, atau aplikasi PC / Desktop.

Ifan Prasya Terampil dalam menyajikan konten unggulan yang renyah & gurih untuk mendapatkan peringkat yang baik di halaman pertama Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published.