Aplikasi Pembaca PDF Android Terbaik

aplikasi pembaca pdf

Kegunaan aplikasi pembaca PDF akhir-akhir ini meningkat pesat. Menyusul kegiatan transfer file secara online yang semakin sering dilakukan orang-orang di sekitar kita. Baik untuk kepentingan sekolah, tugas kuliah, hingga pekerjaan.

Sayangnya nih, tidak semua HP punya app default yang bisa untuk membaca file PDF. Karenanya, kita perlu meng-install app pembaca PDF terlebih dahulu. Tapi tenang saja, kami akan berikan rekomendasinya.

App yang bakal kami share terbukti telah digunakan oleh banyak orang. Review yang diberikan juga bagus-bagus, lebih dari bintang 4. Sehingga cukup terjamin untuk kamu pakai sehari-hari.

Penasaran apa saja app-nya? Yuk, kita mulai.

7 Aplikasi Pembaca PDF untuk Pengguna Android (Gratis)

1. Pembaca PDF Sederhana

Pembaca PDF Sederhana

Seperti namanya, app ini cukup sederhana. Bisa diakses dengan sangat cepat, ringan, dan clean. Cocok buatmu yang menginginkan tampilan minimalis, lugas, dan langsung to-the-point.

Fitur yang ada di app ini antara lain, bisa mencari file dengan keyword yang kamu ketikkan, untuk memperbesar maupun mengecilkan tampilan cukup dengan mengetuk layar 2x, sampai mengetik nomor untuk menuju ke halaman langsung.

Scrolling di app ini juga terasa sangat smooth. Baik secara vertikal maupun horizontal. Ada juga mode malam yang bisa digunakan untuk meredupkan tampilan. Untuk berganti halaman juga bisa dengan menggeser ke kiri.

Nama Detail
Nama App Pembaca PDF Sederhana
Rating 4.4
Developer Rizwan Chaudhary
Download PlayStore

2. Google Penampil PDF

Google Penampil PDF

App yang sudah diinstall lebih dari 100 juta pengguna dengan 300 ribu review bintang 4. Cukup ringan dijalankan. App ini didesain langsung oleh tim Google LLC. Sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Dengan app ini, pengguna bisa melihat dokumen dengan jelas. Mencetaknya menggunakan printer bluetooth. Menelusuri kata tertentu dengan cepat. Hingga meng-copy teks dengan sangat mudah.

Nama Detail
Nama App Google Penampil PDF
Rating 4.2
Developer Google LLC
Download PlayStore

3. PDF Reader – Just 1 MB, Viewer, Light Weight

PDF Reader

Aplikasi pembaca PDF berikutnya ialah PDF Reader yang hanya berukuran 1.9 MB. App ini telah diinstall lebih dari 500.000 pengguna. Dikembangkan oleh Skydot Apps dan telah mendapat review bintang 4.

Dengan ukuran yang ringan, tentu app ini sangat cepat diakses. Tampilan UI-nya juga sangat sederhana dengan navigasi yang cukup memudahkan pengguna. Kamu bisa browse semua file PDF yang ada di HP kamu menggunakan app ini.

Bisa juga untuk menambah password pada dokumen tertentu. Selain itu, kamu juga dapat mengubah nama, menghapus, berbagi, dan fitur esensial lainnya dengan simpel.

Nama Detail
Nama App PDF Reader – Just 1 MB, Viewer, Light Weight
Rating 4.0
Developer Skydot Apps
Download PlayStore

4. Pembaca & Penampil PDF

Pembaca & Penampil PDF

App yang kurang lebih sama dengan beberapa lainnya. Digunakan untuk membuka file PDF, membaca, me-scroll untuk navigasi, mencari kata-kata tertentu, me-rename file, berbagi ke beragam media lain.

Semua file PDF juga bisa diakses dari satu aplikasi, jadi cukup mudah untuk mencari mana yang ingin dibaca. App ini terbilang cukup aktif untuk mengembangkan setiap update.

Terlebih dengan adanya 1 juta installan dengan rating bintang 4 dari 5 ribu penggunanya. Ada pula beberapa fitur premium yang bisa kamu beli di app ini.

Nama Detail
Nama App Pembaca & Penampil PDF
Rating 4.2
Developer Android Tools (ru)
Download PlayStore

5. Adobe Acrobat Reader: PDF Viewer, Editor & Creator

Adobe Acrobat Reader

Siapa nih yang familiar dengan nama app satu ini? Yaps, Adobe Acrobat Reader. Sering kita jumpai di perangkat Desktop. Banyak fitur yang bisa kita pakai, namun sayangnya, fitur-fitur menarik hanya untuk pengguna yang berbayar.

Fitur gratis yang bisa kamu pakai ialah membuka file dan membuat komentar di file tersebut. Hal-hal mendasar seperti app-app yang lain juga sudah termasuk. Seperti mencari kata tertentu, rename, berbagi, scrolling smooth, dll.

Untuk fitur berbayar, kamu bisa membuat PDF langsung di app ini. Bisa juga meng-edit file yang sudah ada. Bisa print juga. Koneksikan otomatis dengan Google Drive supaya lebih mudah untuk mengelola.

Nama Detail
Nama App Adobe Acrobat Reader: PDF Viewer, Editor & Creator
Rating 4.6
Developer Adobe
Download PlayStore

6. Penampil PDF – Pembaca PDF, Baca File PDF

Penampil PDF

Aplikasi pembaca PDF berikutnya, bernama penampil PDF. Sudah diinstall lebih dari 10 juta pengguna dan berhasil mendapat review bintang 4 dari 70 ribu pengguna. Terbukti cukup diminati dan memudahkan kita.

Fiturnya juga sangat menarik. Membuka file PDF dengan hitung detik, bahkan mereka mengklaim hanya butuh waktu 1 detik (untuk file berukuran kecil). App ini bisa dipakai untuk membaca file PDF, XPS, eBook, Comic, bahkan DjVu.

Selain itu, kalau kamu ingin tampilan layar yang agak redup dan fokus saat membaca, kamu bisa aktifkan mode gelap (dark mode) lho. Mode yang akhir-akhir ini juga cukup populer di sosial media, chat, bahkan situs web.

Nama Detail
Nama App Penampil PDF – Pembaca PDF, Baca file PDF
Rating 4.4
Developer Tapi LLC
Download PlayStore

7. WPS Office – PDF, Word, Excel, Novel, Buku Gratis

WPS Office

Kamu juga mungkin sudah familiar dengan aplikasi pembaca PDF satu ini. WPS Office. App serba bisa yang tak hanya PDF, tapi juga Word, PowerPoint, hingga Excel yang bisa diakses dalam satu app saja. Cukup praktis.

App ini juga sudah banyak pengguna yang puas dengan kinerjanya. Terbukti dengan hampir 2 juta review bintang 4 dan 100 installan di seluruh dunia. Baru-baru ini, WPS Office juga mengeluarkan fitur mode gelap untuk kebutuhan pengguna saat membaca file PDF.

App yang cukup memudahkan kita untuk mengkonversi PDF ke Word. Bahkan juga bisa membuat tanda tangan PDF. Tak hanya itu, app ini juga bisa menggabungkan ataupun memisahkan 2 file PDF yang berbeda. Menarik, bukan?

Baca Juga: Cara Mengubah File PDF ke Word

Nama Detail
Nama App WPS Office – PDF, Word, Excel, Novel, Buku Gratis
Rating 4.2
Developer Kingsoft Office Software Corporation Limited
Download PlayStore

Penutup

Nah, itu dia tadi beberapa aplikasi pembaca PDF yang siap membantu kamu menyimak, mengedit, mengelola, hingga mengirim file PDF dengan praktis dan sederhana. Tanpa harus mengorbankan banyak space memori di HP.

App yang cukup beragam, bisa kamu pilih sesuai selera. Ada yang ringan, ada pula yang menonjolkan tampilan clean, kaya fitur, bahkan ada pula satu app dengan banyak kegunaan.

Terpenting ialah, selalu memastikan file ditempatkan di lokasi yang mudah dicari. Supaya nanti kalau ingin dipindahkan ke Desktop, kita bisa dengan mudah mengaksesnya kembali.

Itu saja ya. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat dan bisa memberi referensi paling akurat untukmu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.