√ Ukuran Kertas Plano dan Penjelasannya

1 min read

Ukuran Kertas Plano dan Penjelasannya

Mungkin anda sedikit asing dengan kertas ‘Plano’. Kertas Plano adalah ukuran kertas sebenarnya, sebelum dipotong dan beredar di masyarakat. Lantas berapakah ukuran kertas Plano sebenarnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Penjelasan Kertas Plano

Seperti sudah disebutkan diatas, kertas plano bukanlah sebuah jenis kertas melainkan ukuran kertas yang masih original, belum dipotong menjadi kertas-kertas yang beredar di masyarakat. Kertas ini berukuran besar dan berasal dari pabriknya.

Biasanya kertas ini di produksi untuk memenuhi kebutuhan bidang percetakan yang terkadang membutuhkan kertas jenis tertentu dalam ukuran besar.

Ukuran Kertas Plano dan Penjelasannya

Untuk apa? Tentu saja selain untuk efisiensi dan pemenuhan kebutuhan, tujuannya adalah untuk lebih menghemat biaya produksi. Harga dari kertas plano biasanya lebih murah dibandingkan jenis ukuran biasa dengan total ukuran yang sama.

Berikut adalah ukuran standar kertas Plano secara Internasional:

  1. Kertas Plano 61 x 86 cm (Jenis kertas yang biasanya menggunakan ukuran kertas plano ini adalah Brief Card)
  2. Kertas Plano 65 x 100 cm (Jenis kertas yang biasanya menggunakan ukuran kertas plano ini adalah kertas HVS, Art Paper, NCR yang biasanya digunakan untuk produksi majalah, brosur, pamflet dan sebagainya)
  3. Kertas Plano 65 x 91 cm (Jenis kertas yang biasanya menggunakan ukuran kertas plano ini adalah kertas HVS dan Art Paper)
  4. Kertas Plano 79 x 109 cm (Jenis kertas yang biasanya menggunakan ukuran kertas plano ini adalah Art Paper, Fancy, HVS dan kertas yang biasa kita temui di pasaran)
  5. Kertas Plano 90 x 120 cm (Jenis kertas yang biasanya menggunakan ukuran kertas plano ini adalah kertas kising atau kertas coklat kopi, kertas samsong, kertas kraft dan masih banyak lagi. Ukuran ini biasanya digunakan untuk cover buku, nota dan kertas bungkus makanan)

Kertas plano disini sebenarnya adalah kertas yang mewakilkan hampir seluruh kertas yang beredar di pasaran, yang biasa anda temui. Karena plano sebenarnya bukanlah jenis kertas melainkan ukuran kertas.

Demikian penjelasan dan ukuran kertas plano. Semoga dengan penjelasan diatas dapat menambah wawasan anda mengenai kertas ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 + ten =