√ Jenis-Jenis dan Ukuran Kertas Sertifikat

1 min read

Jenis-Jenis dan Ukuran Kertas Sertifikat

Sertifikat merupakan kertas khusus sebagai tanda kepemilikan, bukti pencapaian atas sesuatu, keikutsertaan dalam event atau hal lain yang bersifat istimewa. Sertifikat biasanya dicetak dan dilegalkan oleh badan atau organisasi tertentu. Nah sebenarnya berapa sih ukuran kertas sertifikat yang standar? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Ukuran Kertas Sertifikat

Sebelum membahas ukuran kertas sertifikat, ada baiknya anda mengenali beberapa jenis kertas yang biasa dijadikan sebagai kertas sertifikat:

Kertas Art Carton

Kertas yang satu ini memiliki tekstur halus, gramatur yang cukup tebal, dan mengkilap sehingga cocok untuk sertifikat karena terlihat elegan.

Jenis-Jenis dan Ukuran Kertas Sertifikat

Namun kekurangan dari kertas ini adalah kurang cocok jika digunakan untuk sertifikat yang membutuhkan tanda tangan asli atau penulisan nama menggunakan bolpoin. Karena permukaannya licin, tinta bolpoin terkadang akan sulit kering.

Kertas BW Carton

Berkebalikan dengan kertas Art Carton, kertas BW Carton memiliki tekstur yang sedikit kasar, tidak mengkilap dan cenderung buram. Kertas ini memiliki beberapa warna yang bisa dipilih. Kertas ini cocok jika anda ingin membuat sertifikat dengan tulisan tangan dan tanda tangan manual di atasnya karena dapat menyerap tinta dengan baik.

Kertas Jasmine

Kertas jasmine mungkin sedikit asing di telinga anda. kertas ini memang merupakan kertas premium dengan tampilan yang elegan dan efek gliter yang unik. Kertas ini banyak digunakan untuk mencetak sertifikat penghargaan atau undangan mewah.

Nah untuk ukuran kertas sertifikat yang biasanya menjadi standar adalah sebagai berikut:

  1. Sertifikat Ukuran Folio (8,5 x 13 inci atau 21,59 x 33,02 cm)
  2. Sertifikat Ukuran Letter (8,5 x 11 inci atau 21,6 x 27,9 cm)
  3. Sertifikat Ukuran A4 (8,27 x 11,69 inci atau 21,0 x 29,7 cm)
  4. Sertifikat Ukuran A5 (5,83 x 8,27 inci atau 14,8 x 21,0 cm)

Tidak ada standar tertentu mengenai sertifikat tertentu harus menggunakan kertas tertentu. Penggunaannya tergantung pada kebutuhan masing-masing.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis dan ukuran kertas sertifikat. Semoga dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − 2 =