√ Cara Cek Pulsa XL Mudah dan Lengkap 2021

5 min read

Cara Cek Pulsa XL Mudah dan Lengkap 2021

Cek pulsa XL sebenarnya merupakan hal yang mudah, namun tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui caranya. Terkadang cara yang biasa dilakukan untuk cek pulsa juga mengalami error, maka dari itu Anda harus mengetahui jalan pintasnya. Tidak hanya satu, ada banyak cara untuk mengecek pulsa XL.

XL menjadi provider dengan jaringan kuat, Anda bisa mengakses internet dengan lancar dimanapun. Selain itu harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, sehingga banyak masyarakat yang mempercayakan XL sebagai provider terbaik mereka. Anda bisa membeli paket kuota unlimited dengan jaringan kuat dan harga terjangkau.

Cara Cek Pulsa XL Terbaru

Anda tidak perlu bingung saat ingin melihat saldo pulsa di kartu XL, karena caranya sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, berikut uraian penjelasannya:

1. Cara Cek Pulsa XL Melalui Dial

Cara pertama cek pulsa kartu XL yaitu melalui Dial, atau dengan cara menekan nomor kode di ponsel Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu panggilan di ponsel Anda.

Cara Cek Pulsa XL Mudah dan Lengkap 2021

  • Tekan nomor *123# lalu panggil.
  • Tunggu beberapa saat, lalu akan muncul info saldo pulsa xl Anda serta masa aktif kartu.

Selain bisa digunakan untuk mengecek saldo pulsa, kode dial ini juga bisa digunakan untuk mengecek kuota internet, saldo poin, saldo kuota sms dan telepon, serta beberapa informasi lain mengenai kartu XL milik Anda.

2. Cek Pulsa Melalui SMS

Jika terjadi error saat cek pulsa melalui kode dial, tenang saja karena Anda masih bisa mengecek pulsa melalui SMS. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buat pesan baru di ponsel Anda.
  • Ketik KUOTA, lalu kirim ke nomor 868.

Cara Cek Pulsa XL Mudah dan Lengkap 2021

 

  • Tunggu beberapa saat sampai ada sms balasan dari tim operator. Anda akan mendapat informasi mengenai saldo pulsa dan kuota yang tersisa, serta masa aktifnya.

3. Cek Pulsa Melalui Aplikasi

Cek pulsa melalui aplikasi sepertinya menjadi cara termudah, karena Anda hanya tinggal membuka aplikasi dan pilih menu yang diinginkan. Jika belum tahu caranya, simak uraiannya di bawah ini:

  • Download aplikasi MyXL di Playstore atau Appstore.

Cara Cek Pulsa XL Mudah dan Lengkap 2021

  • Lakukan registrasi menggunakan akun facebook atau nomor XL Anda yang aktif, pilih salah satunya.
  • Jika berhasil, maka Anda akan langsung masuk ke beranda aplikasi.

Cara Cek Pulsa XL Mudah dan Lengkap 2021

  • Pada beranda akan langsung muncul beberapa informasi atau profil pribadi, termasuk sisa saldo pulsa yang Anda miliki.

Anda tidak perlu menekan tombol apapun lagi, saat membuka aplikasinya maka informasi saldo pulsa akan langsung terlihat. Ada banyak keuntungan jika Anda menginstall aplikasi MyXL, seperti mendapat promo-promo pembelian voucher pulsa dan kuota internet. 

Cara Cek Kuota XL dan Masa Aktifnya

Selain mengetahui cara cek pulsa XL, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara cek kuota kartu XL. Jika kuota sudah hampir habis, Anda harus segera mengisinya agar pulsa reguler tidak berkurang karena koneksi internet yang terus terhubung. Maka dari itu, rajin-rajinlah cek kuota internet Anda.

1. Cara Cek Kuota XL Melalui Dial

Sama seperti cara mengecek pulsa, Anda juga bisa cek kuota menggunakan nomor Dial ini. Cara ini memang menjadi langkah yang paling dasar untuk mengecek informasi mengenai kartu provider. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Telepon di ponsel Anda.
  • Masukkan kode *123# kemudian tekan Call.
  • Pilih opsi INFO.
  • Pilih opsi Info Kartu XL-ku.

Cara Cek Pulsa XL Mudah dan Lengkap 2021

 

  • Masukkan angka sesuai dengan opsi Cek Kuota.
  • Pilih paket internet XL mana yang ingin Anda cek kuotanya.
  • Tunggu hingga muncul informasi yang menampilkan sisa kuota serta masa berlaku paket internet Anda.

Pastikan Anda ingat paket kuota internet apa yang sebelumnya dibeli, apakah itu Xtra Combo Lite atau yang lainnya.

2. Cara Cek Kuota XL Melalui Aplikasi MyXL

Aplikasi MyXL akan mempermudah Anda untuk mencari berbagai informasi mengenai kartu provider. Semua transaksi pembelian juga bisa langsung dilakukan pada aplikasi, seperti pembelian pulsa dan paket internet. Anda juga bisa mengecek kuota dengan mudah melalui aplikasi ini, berikut cara-caranya:

  • Install aplikasi MyXL di smartphone Android atau IOS.

Cara Cek Pulsa XL Mudah dan Lengkap 2021

 

  • Pilih opsi bahasa Indonesia dan klik Lanjutkan
  • Pilih Masuk dengan Nomor XL untuk login.
  • Masukkan nomor XL Anda yang aktif, kemudian tekan Lanjutkan.

Cara Cek Pulsa XL Mudah dan Lengkap 2021

  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui sms ke nomor XL yang dimasukkan tadi, kemudian klik Lanjutkan.
  • Sisa kuota akan langsung muncul di halaman pertama aplikasi.
  • Ketuk tab sisa kuota untuk melihat detailnya.

Tidak hanya sisa kuota internet, pada halaman utama juga akan ditampilkan sisa kuota nelpon dan sms. Anda tidak perlu menekan tombol apapun lagi, hanya dengan satu klik saat membuka aplikasi, maka semua informasi dasar kartu provider XL Anda akan langsung terlihat.

3. Cek Kuota XL Melalui Website MyXL

Jika belum bisa menginstall aplikasi MyXL di smartphone, Anda bisa mengunjungi website MyXL melalui browser di ponsel. Website tersebut juga memiliki fitur yang sama, yaitu memberikan informasi mengenai kartu XL yang sedang Anda gunakan. Berikut langkah-langkah cek kuota di Website:

  • Kunjungi alamat web MyXL (my.xl.co.id) melalui browser ponsel atau PC.
  • Pilih opsi bahasa Indonesia dan klik Lanjutkan.
  • Pilih opsi Masuk dengan Nomor XL dan input nomor XL Anda yang aktif. Selanjutnya klik tombol Lanjutkan.

Cara Cek Pulsa XL Mudah dan Lengkap 2021

  • Operator akan mengirimkan kode nomor melalui SMS.
  • Masukan kode verifikasi pada kolom yang tersedia.
  • Pada halaman utama akan langsung menampilkan informasi sisa kuota kartu XL Anda.

Fitur pada Website XL ini sama persis dengan aplikasi MyXL, Anda bisa mengaksesnya kapanpun asalkan koneksi internetnya memadai. Berbagai transaksi juga bisa dilakukan pada website ini seperti transfer pulsa, info diskon, pembelian paket internet, dan mengakses berbagai informasi lain.

4. Cara Cek Sisa Kuota XL Melalui SMS

Cara terakhir untuk mengecek kuota yaitu melalui SMS, cara ini cukup mudah dan efektif. Pihak operator akan mengirimkan sms mengenai informasi kartu Anda, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Pesan di ponsel Anda.
  • Buat pesan dengan mengetik KUOTA, lalu kirim ke nomor 868.

Cara Cek Pulsa XL Mudah dan Lengkap 2021

  • Tunggu balasan dari pihak operator.
  • Informasi mengenai sisa kuota akan dikirim melalui sms balasan.

Sayangnya banyak yang gagal melakukan cek kuota lewat sms ini, seringkali mereka tidak memberikan pesan balasan. Anda bisa menggunakan metode lain untuk mengecek kuota, jika tidak ingin mengecek dengan koneksi internet, Anda bisa menggunakan cara cek kuota lewat kode dial.

Tips Hemat Kuota Internet XL Agar Selalu Awet

Kuota internet kini menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat, hampir semua kegiatan modern membutuhkan jaringan internet. Sedangkan kuota internet Anda selalu cepat habis dan semakin boros? Simak beberapa tips ini agar kuota internet XL Anda menjadi lebih hemat.

1. Batasi Penggunaan Mobile Data

Anda harus rajin mematikan data internet di smartphone saat ponsel sedang tidak digunakan. Langkah ini menjadi cara terampuh untuk menghemat kuota internet.

Jika penggunaan data sudah berlebihan, smartphone canggih biasanya akan memberikan notifikasi peringatan penggunaan data. Hal ini bisa membantu Anda untuk tetap berhemat dalam penggunaan data.

2. Beli Paket Sesuai Kebutuhan

Banyak yang berpikir bahwa kuota kecil akan lebih hemat, padahal justru sebaliknya. Kuota kecil biasanya akan cepat habis sebelum tempo waktunya, sehingga terpaksa Anda harus membeli kuota lagi. Sebaiknya hitung-hitung kebutuhan kuota internet Anda perbulan, lalu cari promo termurah.

3. Kurangi Akses Video di Internet

Melihat video-video di internet memang sangat menghibur saat waktu senggang, namun hal ini menjadi ancaman bagi kuota internet Anda. Jika ingin berhemat, sebaiknya kurangi menonton video dengan kuota data. Sebaiknya tunggulah saat ada koneksi wifi dan download video yang Anda ingin tonton.

4. Non-aktifkan Fitur Lokasi

Fitur lokasi memang penting untuk diaktifkan, biasanya diperlukan saat Anda berkendara atau saat memesan ojek online. Namun bukan berarti harus aktif 24 jam, jika sedang tidak diperlukan sebaiknya nonaktifkan saja. Fitur lokasi yang selalu aktif 24 jam biasanya akan memakan cukup banyak kuota internet.

5. Matikan Fitur Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis biasanya diperlukan untuk melakukan update aplikasi, Anda harus perhatikan apakah fitur ini aktif atau tidak. Karena jika selalu aktif, maka aplikasi akan otomatis terunduh menggunakan kuota data Anda. Jika tidak ingin kuota data tersita karena fitur ini, sebaiknya aktifkan saja fitur sinkronisasi saat terhubung dengan wifi.

Keuntungan Menggunakan Paket Internet XL

Setiap paket internet pasti memiliki keunggulannya tersendiri, tidak terkecuali bagi paket internet XL. Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan di bawah ini:

  • Banyak Pilihan Paket 

Jika mengakses dial code *123#, Anda bisa melihat berbagai tawaran pembelian paket seperti SMS, telepon, dan internet. Tidak jarang juga akan ada harga promo, sehingga Anda bisa mendapat harga yang lebih murah.

Ada banyak pilihan yang bervariasi, paket tersebut sudah dikategorikan sesuai jumlah serta masa aktifnya. Anda bisa memilih paket bulanan, mingguan, atau harian.

  • Menjangkau Seluruh Jaringan 

Jaringan 4G kini semakin populer dan berhasil menyandang predikat jaringan terbaik masa kini. Hanya saja belum semua orang bisa menikmati akses internet cepat yang ngebut ini. Biasanya karena ponsel atau kartu SIM yang belum mendukung, sehingga perlu upgrade terlebih dahulu.

Namun berbeda dengan XL, akses internet akan terus lancar apapun jaringannya. XL sudah menjadi provider yang menjangkau seluruh jaringan, sehingga dapat memberikan akses internet yang stabil kapanpun dan dimanapun.

  • Akses Internet yang Cepat 

Provider XL dengan jaringan 4G memiliki kecepatan akses internet yang luar biasa, yaitu maksimal 100 Mbps dengan adanya dukungan sinyal stabil dan kuat. Tidak hanya itu, XL juga sudah menjangkau jaringan 4.5G dengan kecepatan 210 Mbps dengan bandwith 15 MHz.

Dengan kecepatan luar biasa tersebut, siapapun tidak akan dibuat kesal karena buffering yang lama. Anda hanya perlu memastikan sinyal stabil dan kuota masih terpenuhi. 

Para pengguna XL semakin dimanjakan dengan berbagai layanan dan penawaran yang menarik. Terlebih cara cek pulsa XL dan kuota internet yang sangat mudah, bisa dengan satu klik saja melalui aplikasi MyXL.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7 + 14 =