2 min read

Mudah dan Cepat, Ini Tata Cara Registrasi Kartu Smartfren 

Peraturan Menkominfo Nomor 14 tahun 2017 mewajibkan setiap pengguna kartu perdana untuk registrasi ulang kartunya.

Caranya cukup mudah yakni dengan mengirimkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor Kartu Keluarga (KK). Peraturan tersebut berlaku untuk semua pengguna operator di Indonesia, lantas bagaimana cara registrasi kartu Smartfren?

Bagaimana Cara Registrasi Kartu Smartfren Baru?

Berikut tata cara registrasi kartu Smartfren baru:

  • Pertama-tama, anda bisa mengirim pesan singkat alias SMS dengan format NIK#No.KK#
  • Kemudian kirimkan SMS format KK di atas ke nomor 4444

Mudah dan Cepat, Ini Tata Cara Registrasi Kartu Smartfren 

  • Lalu selanjutnya Anda tinggal menunggu pesan konfirmasi yang menyatakan jika Anda telah sukses melakukan registrasi kartu prabayar
  • Jika Anda mendapatkan SMS balasan yang bunyinya, “Maaf data NO.KK yang And masukkan salah”, maka cobalah kembali menegecek nomor KK karena kemungkinan besar Anda salah memasukkan nomor KK.

Cara Registrasi Ulang Kartu Smartfren

  • Seperti sebelumnya, Anda juga harus mengirim SMS dengan format ULANG#NIK#No.KK#
  • Kemudian kirim SMS format di atas ke nomor 4444
  • Lalu Anda tunggu pesan balasan berisi konfirmasi yang menyatakan jika Anda telah berhasil melakukan registrasi ulang kartu prabayar

Mudah dan Cepat, Ini Tata Cara Registrasi Kartu Smartfren 

  • Jika Anda mendapatkan pesan yang justru bertuliskan,”Maaf saat ini permintaan tidak dapat diproses.”, maka Anda bisa mencoba untuk mengulangi cara yang sama seperti di atas beberapa saat kemudian
  • Namun jika Anda malah mendapatkan pesan yang berbunyi, “Maaf data NO.KK yang Anda masukkan salah.”, maka Anda bisa mengecek kembali nomor KK yang sudah dimasukkan karena bisa jadi Anda sudah salah memasukkan nomor KK Anda.

Cara Registrasi Kartu Smartfren dengan Aplikasi

Selain dengan mengirimkan SMS, Anda juga bisa melakukan registrasi kartu Smartfren dengan menggunakan aplikasi MySmartfren. Berikut cara registrasi kartu Smartfren dengan aplikasi MySmartfren.

  • Pertama-tama Anda harus membuka aplikasi mySF atau jika Anda belum memilikinya di hp, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di App Store untuk pengguna iPhone atau Play Store untuk pengguna smartphone Android

 

Mudah dan Cepat, Ini Tata Cara Registrasi Kartu Smartfren 

  • Kemudian Anda bisa memilih menu registrasi
  • Lalu masukkan data diri Anda dengan benar dan jangan sampai salah
  • Selesai. Anda sudah berhasil melakukan registrasi kartu Smartfren Anda

Kunjungi Galeri atau Mitra Terdekat

Selain melalui SMS dan aplikasi MySmartfren, Anda juga bisa melakukan registrasi kartu Smartfren Anda dengan cara mengunjungi galeri atau mitra terdekat Smartfren yang ada di sekitar Anda. Petugas akan membantu Anda untuk melakukan registrasi kartu Smartfren milik Anda.

Registrasi Kartu Smartfren via Website

Berikut cara registrasi kartu Smartfren via web:

  • Pertama-tama, bukalah browser kemudian masuk ke https://mysf.id/reg 

Mudah dan Cepat, Ini Tata Cara Registrasi Kartu Smartfren 

  • Kemudian masukkan data diri dan identitas Anda dengan benar
  • Selesai. Registrasi telah selesai dilakukan

Bagaimana Cara Mengecek Status Registrasi Kartu Smartfren?

Anda bisa mengirim SMS ke nomor 4444. Anda bisa mengetik format SMS: CEK lalu kirim ke nomor 4444. 

Mengganti Kepemilikan Nomor Prabayar

Anda juga bisa melakukan penggantian kepemilikan Nomor Prabayar Anda sendiri alias self care. Caranya cukup mudah, Anda cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Kirimkan SMS ke nomor 4444 dengan format UNREG#Nomor HP# atau bisa juga melalui website mysf.id/unreg

Mudah dan Cepat, Ini Tata Cara Registrasi Kartu Smartfren 

  • Setelah anda selesai UNREG, maka Anda bisa meregistrasikan nomor baru Anda melalui SMS dengan cara mengetik NIK#Nomor KK#

Apa yang Dimaksud dengan Registrasi Kartu Prabayar?

Registrasi kartu prabayar adalah pendaftaran identitas diri yang harus dilakukan oleh calon pelanggan maupun pelanggan lama yang kartu prabayarnya belum divalidasi (“Pelanggan”) dengan memakai identitas kependudukan yang valid dan sudah tercatat di Direktorat Jenderal Kependudukan & Pencatatan Sipil Dalam Negeri Republik Indonesia (Ditjen Dukcapil). 

Selain untuk pelanggan prabayar, peraturan registrasi tersebut juga berlaku untuk para calon pelanggan pascabayar.

Manfaat Registrasi Kartu Prabayar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemerintah mewajibkan semua calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar dari berbagai provider untuk melakukan registrasi kartu prabayar milik mereka yang divalidasi dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) mengacu pada Peraturan Menkominfo No. 12/2016 dan beserta perubahannya.

Berikut manfaat registrasi kartu prabayar:

1. Perlindungan konsumen

Registrasi bertujuan agar konsumen terhindar dari penyalahgunaan data dan hal-hal lain yang akan merugikan konsumen itu sendiri

2. Kemudahan dalam penyediaan layanan

Registrasi kartu prabayar dilakukan juga bertujuan agar dapat memudahkan penyedia layanan untuk konsumen telepon seluler, misalnya digunakan untuk transaksi online dan lainnya.

Demikian penjelasan mengenai registrasi kartu prabayar, manfaat, dan tata cara registrasi kartu Smartfren. Ada banyak cara yang bisa Anda pilih untuk melakukan registrasi kartu prabayar termasuk Smartfren. Cara registrasi kartu Smartfren juga cukup mudah.

Ada baiknya Anda yang belum melakukan registrasi kartu prabayar agar segera melakukannya karena jika tidak, maka akan ada sanksi tahap awal yang bisa diterima pengguna. Sanksi tahap awal tersebut di antaranya tidak bisa melakukan panggilan keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eight − six =