√ Cara Membuat Mind Map di Powerpoint

1 min read

Cara Membuat Mind Map di Powerpoint dengan Mudah

Saat ingin membuat presentasi di Powerpoint, tentu tidak akan lengkap jika tidak menggunakan mind map. Hanya saja, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara membuat mind map di Powerpoint. Padahal, caranya sangatlah mudah sekali. Simak selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Mind Map di Powerpoint

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan mind map atau yang lebih dikenal dengan peta konsep. Mind map sendiri adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kegiatan agar dapat berpikir ke segala arah. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menangkap pikiran dalam berbagai sudut.

Cara membuat mind map sendiri pada dasarnya sangat mudah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Powerpoint. Hanya terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan. Di bawah ini beberapa langkahnya yang bisa dilakukan:

  • Gunakan diagram SmartArt

Cara Membuat Mind Map di Powerpoint dengan Mudah

Apabila Ingin membuat peta pikiran dasar, maka Anda bisa menggunakan diagram SmartArt. Caranya yakni dengan memilih tap Sisipkan kemudian pilih menu SmartArt agar terbuka dialog SmartArt Graphics. Selanjutnya, pilih menu Cycle dan klik pada diagram Radial Cluster lalu tekan OK.

Setelah itu, tunggu sampai grafik SmartArt cluster radial pada slide. Nantinya cluster tersebut dapat digunakan untuk menunjukkan informasi yang relevan dengan tema. Anda juga dapat menambahkan sampai tujuh tingkat kedua sehingga dapat mengelilingi objek utama. 

Selanjutnya, Anda bisa melakukan kustomisasi tampilan peta konsep tersebut dengan cara memilih diagram. Gunakan juga fitur tap SmartArt Tools Design. Untuk memberikan gaya dan juga warna.

  • Gambar bentuk dan garis

Cara Membuat Mind Map di Powerpoint dengan Mudah

Agar bisa menghasilkan mind map yang jauh lebih rinci, maka Anda bisa menggambar bentuk dan menambahkan garis konektor. Caranya sangat mudah, yakni klik bentuk di galeri Bentuk pada beranda. Selanjutnya pilih menu Sisipkan dan klik Bentuk.

Pilih bentuk yang diinginkan selanjutnya klik pada bagian slide agar bentuk tersebut dapat digambar. Cara ini dapat dilakukan dengan lebih cepat yakni dengan menekan tombol Ctrl pada keyboard. Kemudian pada bentuk tersebut seret bagian mana yang ingin digunakan.

Gambarlah bentuk tersebut agar nantinya dapat digunakan untuk menghubungkan setiap mind map pada slide yang diperlukan. Lakukan juga pada slide lain jika dibutuhkan.

  • Tambahkan animasi

Cara Membuat Mind Map di Powerpoint dengan Mudah

Ada banyak alat animasi yang ada pada Powerpoint. Animasi tersebut dapat Anda gunakan melalui SmartArt. Caranya dengan memilih diagram lalu pilih tab Format dan klik Ungroup. Selanjutnya klik bentuk pertama yang diinginkan.

Pilih menu Animasi kemudian pilih animasi yang ingin digunakan. Selanjutnya pilih menu Animation Painter. Klik bentuk yang lainnya untuk bisa menghidupkan. Anda bisa mengulangi cara tersebut agar dapat menerapkan animasi ke semua bentuk.

Kemudian pilih menu Panel Animasi agar dapat mengakses pengaturan animasi lainnya. Salah satunya adalah untuk mengatur waktu pada animasi tersebut.

  • Ubah menjadi template

Cara Membuat Mind Map di Powerpoint dengan Mudah

Ada cara lain yang perlu Anda lakukan sebelum menambahkan teks pada mind map. Caranya yakni dengan menyimpannya sebagai template agar dapat digunakan kapan saja saat diperlukan. Pilih tap File kemudian pilih Save As. 

Selanjutnya pilih Jelajahi di bawah Simpan. Kemudian masukkan nama file yang ada pada kotak nama file. Setelah itu pilih Powerpoint Template (.potx) pada daftar simpan pilih menu Simpan.

Agar dapat memakai template lagi, Anda bisa memilih tap File, kemudian pilih menu New dan lanjutkan dengan klik My Templates. Lalu klik pada template mind map kemudian simpan dan terakhir tekan OK.

Itulah beberapa cara membuat mind map di Powerpoint yang bisa Anda lakukan. Kini presentasi Anda akan lebih menarik untuk disimak karena sudah dilengkapi dengan adanya mind map.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 3 =