2 min read

Bagaimana Cara Mendapat Kartu Pra Kerja Online?

Cara mendapat kartu pra kerja online bisa dilakukan oleh semua orang, selagi mereka memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Sebab, hanya dengan mengandalkan perangkat seperti komputer dan smartphone dengan jaringan internet yang stabil saja, Anda sudah bisa mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan kartu pra kerja dengan mudah.

Namun, tentu saja setelah pendaftaran diri ini, masih ada beberapa tahapan lainnya yang akan menjadi penentu apakah Anda bisa mendapatkan kartu pra kerja atau tidak.

Apalagi, pendaftaran kartu pra kerja sendiri juga tidak selalu dibuka sepanjang waktu. Jika Anda tidak ingin tertinggal, maka kami sarankan untuk Anda selalu update dengan berita seputar pendaftaran kartu pra kerja ini.

Jika Anda ketinggalan waktu pendaftaran sebelumnya, Anda tidak perlu khawatir, karena biasanya pemerintah akan membuka pendaftarannya kembali, meski waktu tepatnya tidak bisa ditentukan.

Cara mendapat kartu pra kerja online dengan mudah

Sebelum kita masuk ke pembahasan seputar cara mendapat kartu pra kerja online, alangkah baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pemilik kartu pra kerja.

Calon pemilik kartu pra kerja wajib berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Jika Anda sudah memenuhi ketentuan atau persyaratan di atas, maka Anda bisa langsung mendaftarkan diri Anda melalui situs resminya, yaitu www.prakerja.go.id.

Sebelum Anda mendaftarkan diri, pastikan Anda sudah memiliki email yang masih aktif. Sebab, untuk mendaftar kartu pra kerja, Anda harus mencantumkan alamat email yang masih aktif. Maka dari itu, pastikan email Anda masih bisa digunakan dengan baik.

Sekarang, mari kita bahas mengenai cara mendaftar akun pra kerja dengan mudah. Berikut adalah cara lengkapnya:

  • Buka situs resmi pra kerja yang telah kami sebutkan di atas, dan pilih opsi “Buat Akun” atau “Register”.
  • Masukkan alamat email yang masih aktif, dan kata sandi yang sulit ditebak. Kemudian jangan lupa juga untuk mengisi kolom konfirmasi kata sandi dengan tepat.

Bagaimana Cara Mendapat Kartu Pra Kerja Online?

  • Klik tombol “Daftar”, dan selanjutnya Anda akan menerima email yang berupa link verifikasi email.
  • Klik link yang dikirimkan kepada Anda tersebut, maka Anda bisa langsung masuk ke halaman verifikasi tadi, dan pilih menu “Metode Verifikasi”.

Bagaimana Cara Mendapat Kartu Pra Kerja Online?

  • Masukkan kode verifikasi yang sesuai dengan yang telah dikirimkan kepada Anda, dan lengkapi data-data diri Anda.
  • Selesai, Anda telah berhasil mendaftarkan diri untuk menjadi calon pemilik kartu pra kerja.

Cara menghubungkan akun untuk mendapatkan insentif kartu pra kerja dengan mudah

Setelah mempelajari tahapan-tahapan di atas, Anda masih harus mempelajari beberapa hal lainnya lagi, dan salah satunya adalah terkait cara menghubungkan akun untuk mendapatkan insentif dari kartu pra kerja ini.

Insentif dari kartu pra kerja sendiri terbagi menjadi 2, yaitu insentif pasca penuntasan pelatihan pertama, dan juga insentif pasca pengisian survei evaluasi. Kedua insentif ini nantinya bisa dikirim ke rekening bank Anda, atau pun e-wallet seperti LinkAja, GOPAY, dan OVO.

Jadi, jika Anda masih belum memiliki kedua metode pembayaran ini, pastikan Anda membuatnya terlebih dahulu. Sebab, jika Anda tidak memiliki rekening bank atau pun e-wallet, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan kedua insentif yang menguntungkan tersebut.

Setelah memastikan Anda memiliki salah satu metode pembayaran di atas, sekarang Anda perlu menghubungkan akun untuk mendapatkan insentif-insentif tersebut, caranya adalah:

  • Masuk ke akun pra kerja Anda, sesuai dengan email dan kata sandi yang telah Anda daftarkan.
  • Jika Anda sudah berhasil masuk ke halaman utama akun Anda, pilih tombol “Hubungkan Sekarang”.
  • Pilih jenis akun yang sesuai dengan preferensi Anda. Pilihannya adalah BNI, OVO, GOPAY, dan LinkAja.

Bagaimana Cara Mendapat Kartu Pra Kerja Online?

  • Setelah memilih akun yang sesuai dengan preferensi Anda, Anda bisa menekan tombol “Connect”.
  • Maka, nanti Anda akan diminta untuk mengisi informasi-informasi tambahan terkait data diri Anda.
  • Semisal Anda memilih akun rekening bank, maka Anda akan diwajibkan untuk mengisi data rekening bank yang tepat.
  • Untuk Anda yang memilih opsi e-wallet, maka Anda akan diwajibkan untuk melakukan verifikasi, dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan ke nomor ponsel Anda yang telah terdaftar. Kode OTP ini akan Anda terima melalui SMS.

Bagaimana Cara Mendapat Kartu Pra Kerja Online?

  • Jika proses sebelumnya telah berhasil, maka akan muncul pesan yang berbunyi “Connected Account”.
  • Selesai.

Ada 1 informasi lagi yang wajib diketahui oleh orang-orang yang memilih opsi e-wallet, yaitu pastikan akun e-wallet Anda telah ditingkatkan menjadi premium. Jadi, bagi orang-orang yang belum meningkatkan akun e-wallet-nya menjadi premium, segera tingkatkan level-nya menjadi premium.

Sampai disini Anda bisa menyimpulkan bukan bahwa cara mendapat kartu pra kerja online terbilang mudah? Selagi Anda memiliki perangkat yang dapat mengakses internet dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, maka Anda bisa mendaftarkan diri untuk menjadi calon pemilik kartu pra kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven − 1 =